Selasa, 02 September 2014

*MENYANGKAL DIRI - MEMIKUL SALIB - MENGIKUT YESUS*




1. SYARAT MENGIKUT YESUS ADALAH HARUS MENYANGKAL DIRI DAN MEMIKUL SALIB DAN MENGIKUT YESUS - SEBAB SELURUH PERINTAH DAN PERKATAAN YESUS (FIRMAN KRISTUS/ INJIL YESUS) ADALAH PERBUATAN-PERBUATAN UNTUK MENYANGKAL DIRI DAN MEMIKUL SALIB DAN MENGIKUT YESUS - PERBUATAN-PERBUATAN ITU TIDAK DAPAT DILAKUKAN OLEH ORANG KRISTEN DUNIAWI (MANUSIA DAGING) - MELAINKAN HANYA OLEH ORANG KRISTEN YANG HIDUP DALAM ROH:

Kata-Nya kepada mereka semua: "Setiap orang yang mau --Mengikut Aku, ia harus --Menyangkal Dirinya, --Memikul Salibnya setiap hari dan --Mengikut Aku. Karena --barangsiapa mau menyelamatkan nyawanya, ia akan --kehilangan nyawanya; tetapi --barangsiapa kehilangan nyawanya karena Aku, ia akan --menyelamatkannya. --Apa gunanya seorang memperoleh --seluruh dunia--, tetapi ia membinasakan atau merugikan dirinya sendiri?

Sebab --barangsiapa malu --karena Aku dan --karena perkataan-Ku, --Anak Manusia juga --akan malu karena orang itu, apabila Ia datang kelak dalam kemuliaan-Nya dan dalam kemuliaan Bapa dan malaikat-malaikat kudus. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya di antara orang yang hadir di sini ada yang tidak akan mati sebelum mereka melihat --Kerajaan Allah." (Lukas 9:23-27)

Lalu Yesus berkata kepada murid-murid-Nya: "Setiap orang yang mau --Mengikut Aku, ia harus --Menyangkal Dirinya, --Memikul Salibnya dan --Mengikut Aku. --Karena barangsiapa mau --menyelamatkan nyawanya, ia akan --kehilangan nyawanya; tetapi --barangsiapa --kehilangan nyawanya karena Aku, ia akan --memperolehnya. --Apa gunanya seorang ---memperoleh seluruh dunia (Harta Kekayaan)-- tetapi kehilangan nyawanya? Dan apakah yang dapat diberikannya sebagai ganti nyawanya? 

Sebab Anak Manusia akan --datang dalam --kemuliaan Bapa-Nya diiringi malaikat-malaikat-Nya; pada waktu itu Ia akan --Membalas setiap orang menurut --Perbuatannya--. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya di antara orang yang hadir di sini ada yang tidak akan mati sebelum mereka melihat --Anak Manusia datang sebagai --Raja dalam --Kerajaan-Nya (Kerajaan Allah)." (Matius 16:24-28)

Jangan kamu menyangka, bahwa Aku datang untuk --Membawa --damai di atas bumi; --Aku datang --Bukan untuk membawa Damai-- melainkan --Pedang (Pertentangan antara Manusia Roh dan Manusia Daging). Sebab Aku datang untuk --Memisahkan-- orang dari ayahnya, anak perempuan dari ibunya, menantu perempuan dari ibu mertuanya, dan musuh orang ialah orang-orang seisi rumahnya (Memisahkan Manusia Roh dengan Manusia Daging). 

Barangsiapa --Mengasihi bapa atau ibunya --lebih dari pada-Ku, --ia Tidak Layak bagi-Ku; dan barangsiapa --Mengasihi anaknya laki-laki atau perempuan --lebih dari pada-Ku, --ia Tidak Layak bagi-Ku. Barangsiapa --Tidak Memikul Salibnya dan Mengikut Aku, --ia Tidak Layak bagi-Ku. (Matius 10:34-38)

2. ORANG KRISTEN DUNIAWI (MANUSIA DAGING) TIDAK MUNGKIN BISA MENYANGKAL DIRI DAN MEMIKUL SALIB DAN MENGIKUT YESUS - KARENA HAL ITU BERTENTANGAN DENGAN KEHENDAK/ TABIAT MANUSIA - TETAPI PERBUATAN-PERBUATAN ITU HANYA DAPAT DILAKUKAN OLEH MANUSIA ROH YANG TELAH DI LAHIRKAN KEMBALI DARI AIR DAN ROH OLEH KEHENDAK ALLAH - BUKAN ORANG YANG DILAHIRKAN DARI DAGING OLEH KEHENDAK MANUSIA:

Apa yang dilahirkan dari --Daging (kehendak manusia/ dari orang tua), adalah Daging, dan apa yang dilahirkan dari ROH (kehendak Allah oleh Roh Allah), adalah roh. Janganlah engkau heran, karena Aku berkata kepadamu: Kamu harus --dilahirkan kembali. (Yohanes 3:6-7)

Sebab mereka yang --Hidup menurut Daging--, memikirkan hal-hal yang dari daging--; mereka yang --Hidup menurut Roh--, memikirkan hal-hal yang dari Roh--. Karena --keinginan daging adalah maut--, tetapi --keinginan Roh adalah hidup dan damai sejahtera--. Sebab --keinginan daging adalah perseteruan terhadap Allah--, karena ia tidak takluk kepada hukum Allah; hal ini memang tidak mungkin baginya. Mereka yang --Hidup dalam daging, tidak mungkin berkenan kepada Allah--. Tetapi jika Kristus ada di dalam kamu, maka tubuh memang mati karena dosa,  tetapi --Roh adalah Kehidupan oleh karena Kebenaran (Firman Kristus/ Injil Yesus). (Roma 8:5-10)

Sebab --Pemberitaan Tentang Salib-- memang adalah --Kebodohan bagi mereka yang akan Binasa--, tetapi --bagi kita yang Diselamatkan --Pemberitaan itu adalah --Kekuatan Allah. Karena ada tertulis: "Aku akan membinasakan hikmat orang-orang berhikmat dan kearifan orang-orang bijak akan Kulenyapkan." Di manakah --orang yang berhikmat? Di manakah --ahli Taurat? Di manakah --pembantah dari dunia ini? --Bukankah Allah telah membuat hikmat dunia ini menjadi --kebodohan? Oleh karena dunia, dalam hikmat Allah, tidak mengenal Allah oleh hikmatnya, maka --Allah berkenan --menyelamatkan mereka yang --Percaya oleh --Kebodohan --Pemberitaan Injil. (1 Korintus 1:18-21)

2.1. SYARAT HARUS MENYANGKAL DIRI ADALAH PERBUATAN-PERBUATAN YANG MENGABAIKAN KEPENTINGAN DIRI SENDIRI  DAN TIDAK MENGASIHI DIRI SENDIRI - PERBUATAN-PERBUATAN ITU HANYA DAPAT DILAKUKAN OLEH ORANG KRISTEN YANG TELAH HIDUP DI DALAM ROH - SEDANGKAN ORANG KRISTEN DUNIAWI (MANUSIA DAGING) TIDAK AKAN DAPAT MELAKUKANNYA KARENA HAL ITU BERTENTANGAN DENGAN DAGINGNYA (KEHENDAK/ TABIAT MANUSIA):

Sebab aku --telah mati oleh Hukum Taurat untuk Hukum Taurat, supaya --aku hidup untuk Allah. Aku telah --disalibkan dengan Kristus; --namun aku hidup, tetapi --Bukan lagi aku sendiri yang hidup, melainkan --Kristus yang hidup di dalam aku. Dan --Hidupku yang kuhidupi sekarang di dalam daging, adalah --Hidup oleh iman dalam Anak Allah yang telah mengasihi aku-- dan --menyerahkan diri-Nya untuk aku--. Aku tidak menolak --kasih karunia Allah. --Sebab sekiranya ada --kebenaran oleh Hukum Taurat, maka --sia-sialah --kematian Kristus. (Galatia 2:19-21)

Atau tidak tahukah kamu, bahwa --Tubuhmu adalah --Bait Roh Kudus-- yang diam di dalam kamu, --Roh Kudus yang kamu peroleh dari Allah, --dan bahwa --Kamu bukan milik kamu sendiri? Sebab kamu --telah dibeli-- dan --harganya telah lunas dibayar: Karena itu muliakanlah Allah dengan tubuhmu! (1 Korintus 6:19-20)

Barangsiapa --mempertahankan nyawanya (hidupnya), ia akan --kehilangan nyawanya, dan --barangsiapa --Kehilangan nyawanya-- karena Aku, ia akan --Memperolehnya. (Matius 10:39)

Dan mereka (Manusia Roh) mengalahkan dia (Naga Besar/ Ular Tua/ Iblis/ Satan) oleh darah Anak Domba, dan oleh --perkataan kesaksian mereka (Firman Kristus/ Injil Yesus). Karena mereka --Tidak Mengasihi nyawa/ hidup-- mereka sampai ke dalam maut. (Wahyu 12:11)

Maksudku ialah: --Hiduplah oleh Roh--, maka --kamu tidak akan menuruti --keinginan daging (tabiat / kehendak manusia). Sebab keinginan daging --berlawanan dengan keinginan Roh dan keinginan Roh --berlawanan dengan keinginan daging--karena keduanya bertentangan--sehingga kamu setiap kali --tidak melakukan apa yang kamu kehendaki. Akan tetapi jikalau kamu memberi dirimu --dipimpin oleh Roh, maka --kamu tidak hidup di bawah --Hukum Taurat--. (Galatia 5:16-18)

Mereka yang --Hidup dalam Daging--, tidak mungkin berkenan kepada Allah. Tetapi --kamu tidak hidup dalam daging, melainkan --dalam Roh, jika memang --Roh Allah (Roh Kudus) diam di dalam kamu--. Tetapi jika orang --Tidak memiliki Roh Kristus (Roh Kudus), --ia bukan milik Kristus--(Roma 8:8-9)

2.2.  SYARAT HARUS MEMIKUL SALIB ADALAH KERELAAN DAN KEIKHLASAN UNTUK MEMIKUL SEGALA PENDERITAAN SEPERTI YANG DIALAMI YESUS YAITU PENDERITAAN  -DIBENCI - DIHINA - DIANIAYA - DITINDAS - DIFITNAH KARENA NAMA YESUS DAN KARENA FIRMAN KRISTUS/ INJIL YESUS - PERBUATAN-PERBUATAN ITU TIDAK MUNGKIN DAPAT DAILAKUKAN DAN DITERIMA OLEH ORANG KRISTEN DUNIAWI (MANUSIA DAGING) KARENA HAL ITU ADALAH KEBODOHAN BAGINYA :

Dan inilah Tandanya, bahwa kita --mengenal Allah--, yaitu jikalau kita --menuruti --Perintah-Perintah-Nya. (Perintah Yesus/ Firman Kristus/ Injil Yesus). --Barangsiapa berkata: Aku mengenal Dia (Yesus), --tetapi ia tidak menuruti Perintah-Nya, ia adalah seorang --Pendusta dan di dalamnya-- Tidak Ada Kebenaran--. --Tetapi barangsiapa --menuruti Firman-Nya (Firman Kristus/ Injil Yesus), di dalam orang itu sungguh sudah --sempurna kasih Allah--; dengan itulah kita ketahui, bahwa kita ada di dalam Dia (Yesus). --Barangsiapa mengatakan, bahwa --ia ada di dalam Dia (Yesus), --ia wajib hidup --sama seperti Kristus telah hidup--. (1 Yohanes 2:3-6)

Memang --setiap orang yang mau --Hidup beribadah di dalam Kristus Yesus-- akan -Menderita Aniaya--, sedangkan --orang jahat dan --penipu akan --bertambah jahat, --mereka menyesatkan dan disesatkan. Tetapi hendaklah engkau --tetap berpegang pada --Kebenaran (Firman Kristus/ Injil Yesus)-- yang telah engkau terima dan engkau yakini--, dengan selalu mengingat orang yang telah mengajarkannya kepadamu. (2 Timotius 3:12-14)

Kami wajib selalu mengucap syukur kepada Allah karena kamu, saudara-saudara. Dan memang patutlah demikian, karena --Imanmu makin bertambah-- dan --Kasihmu seorang akan yang lain makin kuat di antara kamu--, sehingga dalam --jemaat-jemaat Allah-- kami sendiri bermegah tentang kamu karena --Ketabahanmu dan --Imanmu dalam segala --Penganiayaan dan --Penindasan yang-- kamu Derita: --suatu bukti tentang adilnya penghakiman Allah--, --yang menyatakan bahwa --kamu layak menjadi --Warga Kerajaan Allah--, --kamu yang sekarang --Menderita karena --Kerajaan itu--. (2 Tesalonika 1:3-5)

2.3. SYARAT HARUS MENGIKUT YESUS ADALAH: PERBUATAN-PERBUATAN YANG MENGIKUTI CARA HIDUP YESUS YANG SANGAT SEDERHANA DAN MENGALAMI BANYAK PENDERITAAN SELAMA ADA DI DALAM DUNIA - PERBUATAN ITU TIDAK MUNGKIN BISA DILAKUKAN OLEH ORANG KRISTEN DUNIAWI YANG HIDUP DALAM DAGING - YAITU YANG MASIH MENGINGINKAN DAN MENGAGUMI HARTA KEKAYAAN (MAMON) :

Sebab untuk itulah-- kamu dipanggil, karena --Kristuspun telah --Menderita untuk kamu dan telah meninggalkan --Teladan bagimu, supaya --kamu Mengikuti Jejak-Nya--. --Ia (Yesus) --tidak berbuat dosa, dan --tipu tidak ada dalam mulut-Nya. --Ketika Ia dicaci maki, Ia --tidak membalas dengan mencaci maki; ketika Ia menderita, Ia tidak mengancam, tetapi Ia menyerahkannya kepada Dia, yang menghakimi dengan adil. --Ia sendiri telah --memikul dosa kita di dalam tubuh-Nya di kayu salib, supaya kita, yang telah mati terhadap dosa, hidup untuk kebenaran. Oleh bilur-bilur-Nya kamu telah sembuh. Sebab --dahulu kamu sesat seperti domba, tetapi sekarang --kamu telah kembali kepada gembala dan pemelihara jiwamu. (1 Petrus 2:18-25)

Jadi, karena Kristus telah --menderita penderitaan badani, kamupun harus juga --mempersenjatai dirimu dengan --pikiran yang demikian, --karena barangsiapa telah --menderita penderitaan badani, ia telah berhenti berbuat dosa--, supaya waktu yang sisa jangan kamu pergunakan menurut --keinginan manusia, tetapi menurut --kehendak Allah. (1 Petrus 4:-2)

Sebab adalah --kasih karunia, jika seorang karena --sadar akan kehendak Allah-- menanggung --penderitaan yang --tidak harus ia tanggung. Sebab dapatkah disebut --pujian, jika kamu --menderita pukulan karena --kamu berbuat dosa? Tetapi jika --kamu berbuat baik dan karena itu --kamu harus menderita, maka itu adalah --Kasih Karunia pada Allah--. Sebab untuk itulah kamu --dipanggil, karena --Kristuspun telah --menderita untuk kamu dan telah meninggalkan --teladan bagimu, supaya kamu --mengikuti jejak-Nya--. (1 Petrus 2:19-21)

Tetapi apa yang dahulu merupakan --keuntungan bagiku, sekarang --kuanggap rugi karena Kristus--. Malahan segala sesuatu --kuanggap rugi, karena --pengenalan akan Kristus Yesus, Tuhanku, lebih mulia dari pada semuanya. Oleh karena Dialah aku telah --melepaskan semuanya itu dan --menganggapnya sampah--, supaya aku --memperoleh Kristus, dan berada dalam Dia --bukan dengan kebenaranku sendiri karena mentaati Hukum Taurat, melainkan dengan --Kebenaran karena kepercayaan kepada Kristus, yaitu --Kebenaran yang Allah anugerahkan berdasarkan kepercayaan (Firman Kristus/ Injil Yesus). (Filipi 3:7-9)

3. SELURUH PERBUATAN-PERBUATAN YANG MENURUTI PERINTAH DAN PERKATAAN YESUS (FIRMAN KRISTUS/ INJIL YESUS) ADALAH PERBUATAN-PERBUATAN UNTUK MENYANGKAL DIRI DAN MEMIKUL SALIB SERTA UNTUK MENGIKUT YESUS - YAITU AGAR SUPAYA SETIAP ORANG YANG PERCAYA KEPADA YESUS  MENJADI SEMPURNA SAMA SEPERTI BAPA DI SORGA ADALAH SEMPURNA:

Tetapi kepada kamu, yang mendengarkan Aku, Aku (Yesus) berkata:
--Kasihilah musuhmu, --berbuatlah baik kepada orang yang --membenci kamu;
--Mintalah berkat bagi orang yang --mengutuk kamu; --berdoalah bagi orang yang --mencaci.
--Barangsiapa --menampar pipimu yang satu, --berikanlah juga kepadanya pipimu yang lain.
--Dan barangsiapa yang --mengambil jubahmu, --biarkan juga ia mengambil bajumu.
--Berilah kepada --setiap orang yang --meminta kepadamu;
--Dan janganlah --meminta kembali kepada orang yang --mengambil kepunyaanmu.
--Dan sebagaimana kamu --kehendaki supaya orang perbuat kepadamu, --perbuatlah juga demikian kepada mereka.
-- Dan jikalau kamu mengasihi orang yang-- mengasihi kamu, --apakah jasamu? Karena orang-orang berdosapun mengasihi juga orang-orang yang mengasihi mereka.
--Sebab jikalau kamu --berbuat baik --kepada orang yang berbuat baik kepada kamu, --apakah jasamu? Orang-orang berdosapun berbuat demikian.
--Dan jikalau kamu --meminjamkan sesuatu kepada orang, karena kamu --berharap akan menerima sesuatu dari padanya, --apakah jasamu? Orang-orang berdosapun meminjamkan kepada orang-orang berdosa, supaya mereka menerima kembali sama banyak.
--Tetapi kamu, --kasihilah musuhmu dan --berbuatlah baik kepada mereka.
--Dan --pinjamkan dengan --tidak mengharapkan balasan, maka upahmu akan besar dan kamu akan menjadi anak-anak Allah Yang Mahatinggi, sebab Ia baik terhadap orang-orang yang tidak tahu berterima kasih dan terhadap orang-orang jahat.
--Hendaklah kamu --murah hati, --sama seperti Bapamu adalah murah hati. (Lukas 6:27-36)
--Segeralah --berdamai dengan lawanmu selama engkau bersama-sama dengan dia di tengah jalan, supaya lawanmu itu jangan menyerahkan engkau kepada hakim dan hakim itu menyerahkan engkau kepada pembantunya dan engkau dilemparkan ke dalam penjara. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya engkau tidak akan keluar dari sana, sebelum engkau membayar hutangmu sampai lunas.
Kamu telah mendengar pula yang difirmankan kepada nenek moyang kita:
--Jangan --bersumpah palsu, melainkan --peganglah sumpahmu di depan Tuhan.

Tetapi Aku berkata kepadamu:

--Janganlah sekali-kali bersumpah, baik demi langit, karena langit adalah takhta Allah, maupun demi bumi, karena bumi adalah tumpuan kaki-Nya, ataupun demi Yerusalem, karena Yerusalem adalah kota Raja Besar; janganlah juga engkau bersumpah demi kepalamu, karena engkau tidak berkuasa memutihkan atau menghitamkan sehelai rambutpun.
--Jika ya, --hendaklah kamu katakan: ya, --jika tidak, --hendaklah kamu katakan: tidak. Apa yang lebih dari pada itu berasal dari si Jahat/ Iblis.
Kamu telah mendengar firman: Mata ganti mata dan gigi ganti gigi. Tetapi Aku berkata kepadamu:
--Janganlah kamu --melawan orang yang --berbuat jahat kepadamu, melainkan siapapun yang --menampar pipi kananmu, ---berilah juga kepadanya pipi kirimu.
--Dan kepada orang yang hendak --mengadukan engkau karena --mengingini bajumu, --serahkanlah juga jubahmu.
--Dan siapapun yang --memaksa engkau berjalan --sejauh satu mil, --berjalanlah bersama dia --sejauh dua mil.
-- Berilah kepada orang yang meminta kepadamu dan janganlah menolak orang yang mau meminjam dari padamu.
Kamu telah mendengar firman:
Kasihilah sesamamu manusia dan --bencilah musuhmu.
--Tetapi Aku berkata kepadamu: --Kasihilah musuhmu dan --berdoalah bagi mereka yang --menganiaya kamu. Karena dengan demikianlah kamu menjadi anak-anak Bapamu yang di sorga, yang menerbitkan matahari bagi orang yang jahat dan orang yang baik dan menurunkan hujan bagi orang yang benar dan orang yang tidak benar.
--Apabila kamu mengasihi orang yang mengasihi kamu, --apakah upahmu? Bukankah pemungut cukai juga berbuat demikian?
--Dan apabila kamu --hanya memberi salam kepada saudara-saudaramu saja, --apakah lebihnya dari pada perbuatan orang lain? Bukankah orang yang tidak mengenal Allahpun berbuat demikian? Karena itu haruslah kamu sempurna, sama seperti Bapamu yang di sorga adalah sempurna." (Matius 5:25-48)

4. PERINTAH DAN PERKATAAN YESUS (FIRMAN KRISTUS/ INJIL YESUS) HANYA DAPAT DILAKUKAN OLEH ORANG KRISTEN YANG MENGASIHI YESUS - KARENA BAPA DI SORGA AKAN MEMBERIKAN ROH KUDUS KEPADA ORANG YANG MENGASIHI YESUS YAITU YANG MENURUTI PERINTAH YESUS - DAN BAPA DI SORGA AKAN MEMBERIKAN ROH KUDUS MELALUI BAPTISAN ROH KUDUS YANG DIKERJAKAN OLEH TUHAN YESUS SENDIRI:

Jikalau kamu --mengasihi Aku, kamu akan --menuruti segala --perintah-Ku. Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia (Bapa)  akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain (Roh Kudus), supaya Ia (Roh Kudus) --menyertai kamu selama-lamanya, yaitu Roh Kebenaran. Dunia (Manusia Duniawi) tidak dapat menerima Dia (Roh Kudus), sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu --mengenal Dia (Roh Kudus), sebab Ia --menyertai kamu dan akan --diam di dalam kamu. Aku tidak akan meninggalkan kamu sebagai yatim piatu. Aku datang kembali kepadamu. (Yohanes 14:15-18)

Yesus berkata: "Sebab Yohanes --Membaptis dengan Air--, tetapi tidak lama lagi kamu akan --Dibaptis dengan Roh Kudus"--. (Kisah Para Rasul 1:5)

5. ROH KUDUS AKAN MENGAJARKAN DAN MENGINGATKAN ORANG PERCAYA AKAN FIRMAN KRISTUS/ INJIL YESUS - DAN ROH KUDUS YANG AKAN MEMIMPIN DAN MENUNTUN DAN MENOLONG ORANG PERCAYA UNTUK DAPAT MELAKUKAN PERINTAH DAN PERKATAAN YESUS:

Tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan --diutus oleh Bapa dalam --nama-Ku, --Dialah yang akan --mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan --mengingatkan kamu akan semua yang telah --Kukatakan kepadamu (Firman Kristus/ Injil Yesus) . --Damai sejahtera Kutinggalkan bagimu. --Damai sejahtera-Ku Kuberikan kepadamu, dan --Apa yang Kuberikan tidak seperti yang diberikan oleh --Dunia kepadamu (Mamon). --Janganlah gelisah dan gentar hatimu.  (Yohanes 14:26-27)

Tetapi apabila Ia (Roh Kudus) datang (kepadamu), yaitu Roh Kebenaran, Ia akan --memimpin/ menuntun kamu ke dalam seluruh --Kebenaran (Firman Kristus/ Injil Yesus); sebab Ia  (Roh Kudus) tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang --didengar-Nya itulah yang akan --dikatakan-Nya dan Ia akan --memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang. (Yohanes 16:13)

Semuanya itu Kukatakan kepadamu, supaya kamu beroleh --Damai Sejahtera dalam Aku--. Dalam dunia kamu --menderita penganiayaan--, --tetapi kuatkanlah hatimu, --Aku telah mengalahkan dunia. (Yohanes 16:33)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar