Sabtu, 30 Agustus 2014

SIAPAKAH YANG MISKIN YANG BERBAHAGIA DAN YANG KAYA YANG CELAKA ?





I. SIAPAKAH YANG MISKIN YANG BERBAHAGIA DAN YANG EMPUNYA KERAJAAN ALLAH ?

1. ORANG YANG MISKIN YANG BERBAHAGIA ITU ADALAH ORANG YANG LAPAR DAN HAUS AKAN KEBENARAN (FIRMAN KRISTUS/ INJIL YESUS) - TETAPI MEREKA BERDUKACITA DAN MENANGIS DI DUNIA KARENA HIDUP DI DALAM KERAJAAN ALLAH - MEREKA DIBENCI DAN DIKUCILKAN DAN DICELA DAN YANG NAMANYA DITOLAK SEBAGAI SESUATU YANG JAHAT KARENA IMANNYA KEPADA YESUS DAN KARENA FIRMAN KRISTUS - TETAPI PADA AKHIR HIDUPNYA MEREKA AKAN BERSUKACITA DAN BERGEMBIRA KARENA AKAN  MENERIMA UPAH YANG BESAR DI SORGA - SEBAB MEREKA AKAN DIBANGKITKAN PADA KEBANGKITAN PERTAMA (PENGANGKATAN/ KEBANGKITAN ORANG BENAR) - DAN MEREKA AKAN MEMERINTAH SEBAGAI RAJA BERSAMA-SAMA DENGAN YESUS DI DALAM KERAJAAN SERIBU TAHUN:

Lalu YESUS memandang murid-murid-NYA dan berkata:
--Berbahagialah, hai kamu yang --Miskin, karena kamulah yang --empunya --Kerajaan Allah--.
--Berbahagialah, hai kamu yang sekarang ini --Lapar--, karena kamu akan dipuaskan.
--Berbahagialah, hai kamu yang sekarang ini --Menangis, karena kamu akan tertawa.
--Berbahagialah kamu, jika karena Anak Manusia orang --Membenci kamu--, dan jika mereka --Mengucilkan kamu--, dan --Mencela kamu-- serta --Menolak namamu-- sebagai sesuatu yang jahat.
-- Bersukacitalah pada waktu itu dan bergembiralah, sebab sesungguhnya, Upahmu besar di Sorga; karena secara demikian juga nenek moyang mereka telah memperlakukan para nabi. (Lukas 6:20-23)

Maka YESUS-pun mulai berbicara dan mengajar mereka, kata-NYA:
--Berbahagialah orang yang --Miskin di hadapan Allah, karena merekalah yang empunya --Kerajaan Sorga--.
--Berbahagialah orang yang --Berdukacita, karena mereka akan dihibur.
--Berbahagialah orang yang --Lemah Lembut, karena mereka akan memiliki bumi.(Kerajaan Seribu Tahun)
--Berbahagialah orang yang --Lapar dan Haus akan --Kebenaran (Firman Kristus/ Injil Yesus), karena mereka akan dipuaskan.
--Berbahagialah orang yang --Murah Hatinya, karena mereka akan beroleh kemurahan.
--Berbahagialah orang yang --Suci Hatinya, karena mereka akan melihat Allah.
--Berbahagialah orang yang membawa --Damai, karena mereka akan disebut anak-anak Allah.
--Berbahagialah orang yang --Dianiaya oleh sebab --Kebenaran (Firman Kristus/ Injil Yesus), karena merekalah yang empunya --Kerajaan Sorga.
--Berbahagialah kamu, jika karena Aku kamu --Dicela dan --Dianiaya dan kepadamu difitnahkan segala yang jahat.
--Bersukacita dan bergembiralah, karena --Upahmu besar di Sorga, sebab demikian juga telah dianiaya nabi-nabi yang sebelum kamu. (Matius 5:2-12)

Lalu aku melihat --Takhta-Takhta dan orang-orang yang duduk di atasnya; kepada --mereka diserahkan kuasa untuk --menghakimi. Aku juga melihat ---jiwa-jiwa mereka, yang telah dipenggal kepalanya karena --kesaksian tentang Yesus dan karena --firman Allah; yang --tidak menyembah binatang itu dan patungnya dan yang --tidak juga menerima tandanya pada dahi dan tangan mereka; dan --mereka hidup kembali dan memerintah sebagai --Raja bersama-sama dengan Kristus untuk --masa seribu tahun (Kerajaan Seribu Tahun). --Tetapi orang-orang mati yang lain --tidak bangkit --sebelum berakhir --masa yang seribu tahun itu (tetapi masuk ke dalam Penghakiman). --Inilah Kebangkitan Pertama--.

Berbahagia dan --Kuduslah ia, yang mendapat bagian dalam --Kebangkitan Pertama itu. Kematian yang kedua (Neraka) tidak berkuasa lagi atas mereka, tetapi mereka akan menjadi  --imam-imam Allah dan Kristus, dan --mereka akan --memerintah sebagai Raja bersama-sama dengan Dia (Yesus), seribu tahun lamanya. (Kerajaan Seribu Tahun) - (Wahyu 20:4-6)

2. ORANG YANG MISKIN YANG BERBAHAGIA ITU ADALAH ORANG YANG TELAH BANYAK MENANGGUNG PENDERITAAN DAN PENGANIAYAAN DI DUNIA KARENA MEREKA HIDUP SEBAGAI WARGA KERAJAAN ALLAH - DAN KARENA MENURUTI PERINTAH DAN PERKATAAN YESUS (FIRMAN KRISTUS/ INJIL YESUS) :

Jikalau dunia --membenci kamu (Warga Kerajaan Allah), ingatlah bahwa ia telah lebih dahulu membenci Aku dari pada kamu. --Sekiranya kamu dari dunia, tentulah --dunia mengasihi kamu sebagai miliknya. Tetapi karena --kamu bukan dari dunia, melainkan --Aku telah memilih kamu dari dunia, --sebab itulah dunia membenci kamu. Ingatlah apa yang telah Kukatakan kepadamu: Seorang hamba tidaklah lebih tinggi dari pada tuannya. Jikalau mereka telah menganiaya Aku, mereka juga akan menganiaya kamu; jikalau mereka telah menuruti firman-Ku, mereka juga akan menuruti perkataanmu. Tetapi semuanya itu akan mereka lakukan terhadap kamu karena nama-Ku, sebab mereka tidak mengenal Dia, yang telah mengutus Aku. Sekiranya Aku tidak datang dan tidak berkata-kata kepada mereka, mereka tentu tidak berdosa. Tetapi sekarang mereka tidak mempunyai dalih bagi dosa mereka! Barangsiapa membenci Aku, ia membenci juga Bapa-Ku. (Yohanes 15:18-23)

Semuanya ini Kukatakan kepadamu, supaya --kamu jangan kecewa dan menolak Aku. --Kamu (Warga Kerajaan Allah) akan dikucilkan, bahkan akan datang saatnya bahwa --setiap orang yang --membunuh kamu akan --menyangka bahwa ia berbuat bakti bagi Allah. Mereka akan berbuat demikian, karena mereka tidak mengenal baik Bapa maupun Aku. (Yohanes 16:1-3)

Hai kamu, hamba-hamba, tunduklah dengan penuh ketakutan kepada tuanmu, bukan saja kepada yang baik dan peramah, tetapi juga kepada yang bengis. Sebab adalah --kasih karunia, --jika seorang karena sadar akan --kehendak Allah (Firman Kristus/ Injil Yesus)   menanggung penderitaan yang tidak harus ia tanggung. --Sebab dapatkah disebut pujian, jika kamu --menderita pukulan karena kamu berbuat dosa? --Tetapi jika --kamu berbuat baik dan karena itu --kamu harus menderita, maka itu adalah --kasih karunia pada Allah--.

Sebab untuk itulah-- kamu dipanggil, karena --Kristuspun telah menderita untuk kamu dan telah meninggalkan --teladan bagimu, supaya --kamu mengikuti jejak-Nya--. --Ia (Yesus) tidak berbuat dosa, dan tipu tidak ada dalam mulut-Nya. --Ketika Ia dicaci maki, Ia tidak membalas dengan mencaci maki; ketika Ia menderita, Ia tidak mengancam, tetapi Ia menyerahkannya kepada Dia, yang menghakimi dengan adil.   --Ia sendiri telah memikul dosa kita di dalam tubuh-Nya di kayu salib, supaya kita, yang telah mati terhadap dosa, hidup untuk kebenaran. Oleh bilur-bilur-Nya kamu telah sembuh. Sebab --dahulu kamu sesat seperti domba, tetapi sekarang --kamu telah kembali kepada gembala dan pemelihara jiwamu.  (1 Petrus 2:18-25)

3.  SETIAP WARGA KERAJAAN ALLAH AKAN MENGALAMI PENDERITAAN BADANI SELAMA DI DUNIA - DAN SETIAP ORANG YANG MENDERITA PENDERITAAN BADANI TELAH BERHENTI BERBUAT DOSA - TETAPI ORANG ITU HARUS MENYERAHKAH JIWANYA/ HIDUPNYA HANYA KEPADA ALLAH DENGAN SELALU BERBUAT BAIK DALAM KEBENARAN:

Jadi, karena Kristus telah --menderita penderitaan badani, --kamupun harus juga mempersenjatai dirimu dengan --pikiran yang demikian, --karena barangsiapa telah menderita penderitaan badani, ia telah --berhenti berbuat dosa--, supaya waktu yang sisa jangan kamu pergunakan menurut keinginan manusia, tetapi menurut kehendak Allah. (1 Petrus 4:1-2)

Saudara-saudara yang kekasih, janganlah kamu heran akan nyala api siksaan yang datang kepadamu sebagai ujian, seolah-olah ada sesuatu yang luar biasa terjadi atas kamu. Sebaliknya, --bersukacitalah, sesuai dengan --bagian yang kamu dapat --dalam penderitaan Kristus--, supaya --kamu juga boleh bergembira dan bersukacita pada waktu Ia menyatakan kemuliaan-Nya--. --Berbahagialah kamu, jika --kamu dinista karena nama Kristus--, --sebab Roh kemuliaan, yaitu Roh Allah ada padamu--.

Janganlah ada di antara kamu yang harus menderita sebagai --pembunuh atau --pencuri atau --penjahat, atau --pengacau. Tetapi, --jika ia menderita sebagai orang Kristen--maka --janganlah ia malu, melainkan --hendaklah ia memuliakan Allah dalam nama Kristus itu. Karena sekarang telah tiba saatnya --penghakiman dimulai, dan --pada rumah Allah sendiri yang harus pertama-tama dihakimi. Dan jika --penghakiman itu dimulai pada kita, bagaimanakah kesudahannya dengan mereka yang tidak percaya pada Injil Allah? Dan --jika orang benar hampir-hampir tidak diselamatkan, --apakah yang akan terjadi dengan orang fasik dan orang berdosa?  Karena itu baiklah juga --mereka yang harus menderita karena kehendak Allah, --menyerahkan jiwanya, dengan --selalu berbuat baik, kepada Pencipta yang setia. (1 Petrus 4:12-19)

4. PENDERITAAN YANG DIALAMI SETIAP WARGA KERAJAAN ALLAH TIDAK DAPAT DIBANDINGKAN DENGAN KEMULIAAN YANG AKAN DTERIMANYA SESUAI JANJI ALLAH - SEBAB SEMUA ORANG YANG TERPANGGIL SESUAI RENCANA ALLAH - MEREKA ITU JUGA YANG DIPILIH-NYA DARI SEMULA DAN TELAH DITENTUKAN-NYA DARI SEMULA - YAITU MEREKA YANG DIPANGGIL-NYA - DAN DIBENARKAN-NYA - DAN DIMULIAKAN-NYA:

Sebab aku yakin, bahwa --penderitaan zaman sekarang ini --tidak dapat dibandingkan dengan --kemuliaan yang akan dinyatakan kepada kita. Sebab dengan sangat rindu seluruh makhluk menantikan saat anak-anak Allah dinyatakan. Karena seluruh makhluk telah ditaklukkan kepada kesia-siaan, bukan oleh kehendaknya sendiri, tetapi oleh kehendak Dia, yang telah menaklukkannya, tetapi dalam pengharapan, karena makhluk itu sendiri juga akan dimerdekakan dari perbudakan kebinasaan dan masuk ke dalam kemerdekaan kemuliaan anak-anak Allah. Sebab kita tahu, bahwa sampai sekarang segala makhluk sama-sama mengeluh dan sama-sama merasa sakit bersalin. Dan bukan hanya mereka saja, tetapi kita yang telah menerima karunia sulung Roh, kita juga --mengeluh dalam hati kita sambil menantikan --pengangkatan sebagai anak, yaitu pembebasan tubuh kita. Sebab kita diselamatkan dalam pengharapan. --Tetapi pengharapan yang dilihat, --bukan pengharapan lagi; sebab bagaimana orang masih mengharapkan apa yang dilihatnya? Tetapi jika kita mengharapkan apa yang tidak kita lihat, kita menantikannya dengan tekun.

Demikian juga --Roh membantu kita dalam kelemahan kita; sebab --kita tidak tahu, bagaimana sebenarnya --harus berdoa; tetapi --Roh sendiri berdoa untuk kita kepada Allah --dengan keluhan-keluhan yang tidak terucapkan. Dan Allah yang --menyelidiki hati nurani, --mengetahui maksud Roh itu, yaitu bahwa Ia (Roh kudus), sesuai dengan kehendak Allah, --berdoa untuk orang-orang kudus. Kita tahu sekarang, bahwa --Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan --kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah. Sebab semua orang yang --dipilih-Nya dari semula, mereka juga --ditentukan-Nya dari semula untuk menjadi serupa dengan gambaran Anak-Nya, supaya Ia, Anak-Nya itu, menjadi yang sulung di antara banyak saudara. Dan mereka yang --ditentukan-Nya dari semula, mereka itu juga --dipanggil-Nya. Dan mereka yang --dipanggil-Nya, mereka itu juga --dibenarkan-Nya. Dan mereka yang --dibenarkan-Nya, mereka itu juga --dimuliakan-Nya. (Roma 8:18-30)

5.  TIDAK ADA YANG DAPAT MEMISAHKAN WARGA KERAJAAN ALLAH  DENGAN KASIH ALLAH DI DALAM YESUS KRISTUS - APAKAH ITU PENINDASAN ATAU KESESAKAN ATAU PENGANIYAAN ATAU KELAPARAN ATAU KETELANJANGAN ATAU BAHAYA ATAU PEDANG - KARENA DALAM IMAN MEREKA ADA PENGHARAPAN AKAN MENERIMA KEMULIAAN ALLAH - DAN KASIH ALLAH TELAH DICURAHKAN DI DALAM HATI MEREKA OLEH ROH KUDUS YANG TELAH DIKARUNIAKAN KEPADA MEREKA:

Sebab itu apakah yang akan kita katakan tentang semuanya itu? Jika Allah di pihak kita, siapakah yang akan melawan kita? Ia, yang tidak menyayangkan Anak-Nya sendiri, tetapi yang menyerahkan-Nya bagi kita semua, bagaimanakah mungkin Ia tidak mengaruniakan segala sesuatu kepada kita bersama-sama dengan Dia? --Siapakah yang akan menggugat orang-orang pilihan Allah? Allah, yang membenarkan mereka? --Siapakah yang akan menghukum mereka?  Kristus Yesus, yang telah mati? --Bahkan lebih lagi: yang telah bangkit, yang juga duduk di sebelah kanan Allah, yang malah menjadi Pembela bagi kita? --Siapakah yang akan memisahkan kita dari --kasih Kristus? --Penindasan atau --kesesakan atau --penganiayaan, atau --kelaparan atau --ketelanjangan, atau --bahaya, atau --pedang? Seperti ada tertulis: "Oleh karena Engkau kami ada dalam bahaya maut sepanjang hari, kami telah dianggap sebagai domba-domba sembelihan." Tetapi dalam semuanya itu --kita lebih dari pada orang-orang yang menang, oleh Dia yang telah mengasihi kita.

Sebab aku yakin, bahwa baik maut, maupun hidup, baik malaikat-malaikat, maupun pemerintah-pemerintah, baik yang ada sekarang, maupun yang akan datang,  atau kuasa-kuasa, baik yang di atas, maupun yang di bawah, ataupun sesuatu makhluk lain, tidak akan dapat --memisahkan kita dari kasih Allah, yang ada dalam Kristus Yesus, Tuhan kita.  (Roma 8:31-39)

Sebab itu, kita yang --dibenarkan karena iman, --kita hidup dalam --damai sejahtera dengan Allah oleh karena Tuhan kita, Yesus Kristus. --Oleh Dia kita juga --beroleh jalan masuk --oleh iman kepada --kasih karunia ini. Di dalam --kasih karunia ini --kita berdiri dan --kita bermegah dalam --pengharapan akan menerima --kemuliaan Allah. Dan bukan hanya itu saja. Kita malah --bermegah juga dalam --kesengsaraan kita, karena kita tahu, bahwa --kesengsaraan itu menimbulkan --ketekunan, dan --ketekunan menimbulkan --tahan uji dan --tahan uji menimbulkan --pengharapan. Dan --pengharapan tidak mengecewakan, karena --kasih Allah telah --dicurahkan --di dalam --hati kita oleh Roh Kudus-- yang telah --dikaruniakan kepada kita.  (Roma 5:1-5)

6. SETIAP ORANG YANG MAU BERIBADAH DI DALAM KRISTUS YESUS DAN HIDUP DI DALAM KERAJAAN ALLAH DENGAN MENURUTI PERINTAH DAN PERKATAAN YESUS (FIRMAN KRISTUS) AKAN MENGALAMI PENDERITAAN OLEH PENINDASAN DAN PENGANIAYAAN - TETAPI ALLAH AKAN MEMBALASKAN PENINDASAN KEPADA MEREKA YANG MENINDAS DENGAN MENJALANI HUKUMAN KEBINASAAN SELAMA-LAMANYA:

Memang --setiap orang yang mau hidup --beribadah di dalam Kristus Yesus-- akan -menderita aniaya--, sedangkan --orang jahat dan --penipu akan --bertambah jahat, --mereka menyesatkan dan disesatkan. Tetapi hendaklah engkau --tetap berpegang pada kebenaran (Firman Kristus/ Injil Yesus)--yang telah engkau terima dan engkau yakini--, dengan selalu mengingat orang yang telah mengajarkannya kepadamu. Ingatlah juga bahwa dari kecil engkau sudah --mengenal Kitab Suci yang dapat memberi hikmat kepadamu-- dan --menuntun engkau kepada --keselamatan oleh iman kepada Kristus Yesus--. --Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang --bermanfaat untuk mengajar--, --untuk menyatakan kesalahan--, --untuk memperbaiki kelakuan-- dan --untuk mendidik orang dalam kebenaran--. Dengan demikian --tiap-tiap manusia kepunyaan Allah --diperlengkapi untuk --setiap perbuatan baik. (2 Timotius 3:12-17)

Kami wajib selalu mengucap syukur kepada Allah karena kamu, saudara-saudara. Dan memang patutlah demikian, karena --imanmu makin bertambah-- dan --kasihmu seorang akan yang lain makin kuat di antara kamu--, sehingga dalam --jemaat-jemaat Allah-- kami sendiri bermegah tentang kamu karena --ketabahanmu dan --imanmu dalam segala --penganiayaan dan --penindasan yang kamu derita: --suatu bukti tentang adilnya penghakiman Allah--, --yang menyatakan bahwa kamu layak menjadi --Warga Kerajaan Allah--, --kamu yang sekarang menderita karena --Kerajaan itu--.

Sebab memang adil bagi Allah untuk --membalaskan penindasan kepada --mereka yang menindas kamu (Warga Kerajaan Dunia)-- dan --untuk memberikan kelegaan kepada kamu yang ditindas--, dan juga kepada kami, pada waktu Tuhan Yesus dari dalam sorga menyatakan diri-Nya bersama-sama dengan malaikat-malaikat-Nya, dalam kuasa-Nya, di dalam api yang bernyala-nyala, dan --mengadakan pembalasan terhadap mereka yang --Tidak mau mengenal Allah-- dan --Tidak mentaati Injil Yesus/ Firman Kristus--, Tuhan kita. --Mereka ini akan menjalani --hukuman kebinasaan selama-lamanya--, dijauhkan dari hadirat Tuhan dan dari kemuliaan kekuatan-Nya, apabila Ia datang pada hari itu untuk dimuliakan di antara orang-orang kudus-Nya dan untuk dikagumi oleh semua orang yang percaya, sebab kesaksian yang kami bawa kepadamu telah kamu percayai.

Karena itu kami senantiasa berdoa juga untuk kamu, supaya Allah kita menganggap kamu --layak bagi panggilan-Nya dan --dengan kekuatan-Nya --menyempurnakan kehendakmu untuk berbuat baik-- dan --menyempurnakan segala pekerjaan imanmu--, sehingga nama Yesus, Tuhan kita, dimuliakan di dalam kamu dan kamu di dalam Dia, menurut kasih karunia Allah kita dan Tuhan Yesus Kristus. (2 Tesalonika 1:3-12)


II. SIAPAKAH YANG KAYA YANG CELAKA DAN YANG DALAM KEKAYAANNYA TELAH MEMPEROLEH PENGHIBURAN ?

1. ORANG YANG KAYA YANG CELAKA ITU ADALAH ORANG PERCAYA YESUS TETAPI MEREKA HIDUP DI DALAM KERAJAAN DUNIA - YAITU MEREKA YANG TELAH KENYANG DENGAN HARTA KEKAYAANNYA DAN MEREKA YANG TERTAWA BERGEMBIRA KARENA DIPUJI  OLEH SEMUA ORANG - TETAPI PADA AKHIR HIDUPNYA MEREKA ITU AKAN BERDUKACITA DAN MENANGIS - KARENA MEREKA AKAN  MASUK KE DALAM PENGHAKIMAN DAN AKAN MENJALANI HUKUMAN KEBINASAAN DI DALAM NERAKA SELAMA-LAMANYA:

--Tetapi --Celakalah kamu, hai kamu yang --Kaya,  karena dalam --kekayaanmu kamu telah memperoleh penghiburanmu.
--Celakalah kamu, yang sekarang ini --Kenyang--, karena kamu akan lapar.
--Celakalah kamu, yang sekarang ini --Tertawa, karena kamu akan berdukacita dan menangis.
-- Celakalah kamu, jika semua orang --Memuji kamu; karena secara demikian juga nenek moyang mereka telah memperlakukan nabi-nabi palsu." (Lukas 6:24-26)

Apabila Anak Manusia datang dalam kemuliaan-Nya dan semua malaikat bersama-sama dengan Dia, maka Ia akan bersemayam di atas Takhta kemuliaan-Nya. Lalu --semua bangsa akan dikumpulkan di hadapan-Nya dan Ia akan memisahkan mereka seorang dari pada seorang, sama seperti gembala memisahkan domba dari kambing, dan Ia akan menempatkan domba-domba (Orang Benar) di sebelah kanan-Nya dan kambing-kambing (Orang Jahat) di sebelah kiri-Nya. (Matius 26:31-33)
Dan mereka ini (Orang Jahat) akan masuk ke tempat --siksaan yang kekal (Neraka), tetapi Orang Benar ke dalam hidup yang kekal. (Matius 25:46)

Lalu aku melihat suatu Takhta Putih yang besar dan Dia (Yesus), yang duduk di atasnya. Dari hadapan-Nya lenyaplah bumi dan langit dan tidak ditemukan lagi tempatnya. Dan aku melihat orang-orang mati, besar dan kecil, berdiri di depan takhta itu. Lalu dibuka semua kitab. Dan dibuka juga sebuah kitab lain, yaitu kitab kehidupan. Dan orang-orang mati dihakimi menurut perbuatan mereka, berdasarkan apa yang ada tertulis di dalam kitab-kitab itu. Maka laut menyerahkan orang-orang mati yang ada di dalamnya, dan maut dan kerajaan maut menyerahkan orang-orang mati yang ada di dalamnya, dan mereka dihakimi masing-masing menurut perbuatannya. Lalu --maut dan --kerajaan maut itu dilemparkanlah ke dalam --lautan api. --Itulah kematian yang kedua: lautan api (Neraka). Dan setiap orang yang --tidak ditemukan --namanya tertulis di dalam --Kitab Kehidupan itu, ia dilemparkan ke dalam lautan api itu. (Wahyu 20:11-15)

2. ORANG YANG KAYA YANG CELAKA ITU ADALAH ORANG PERCAYA YESUS TETAPI MEREKA HIDUP DI DALAM KERAJAAN DUNIA - MEREKA TIDAK MENURUTI PERINTAH DAN PERKATAAN YESUS (FIRMAN KRISTUS/ INJUL YESUS) - YAITU MEREKA YANG TIDAK MENYANGKAL DIRINYA (TIDAK HIDUP DALAM ROH)  DAN TIDAK MEMIKUL SALIBNYA (TIDAK MENURUTI FIRMAN KRISTUS) SERTA TIDAK MENGIKUT YESUS (TIDAK HIDUP SAMA SEPERTI YESUS KETIKA YESUS ADA DI DUNIA):

Kata-Nya kepada mereka semua: "Setiap orang yang mau --mengikut Aku, ia harus --menyangkal dirinya, --memikul salibnya setiap hari dan --mengikut Aku. Karena --barangsiapa mau menyelamatkan nyawanya, ia akan --kehilangan nyawanya; tetapi --barangsiapa kehilangan nyawanya karena Aku, ia akan --menyelamatkannya. --Apa gunanya seorang memperoleh --seluruh dunia--, tetapi ia membinasakan atau merugikan dirinya sendiri?

Sebab --barangsiapa malu --karena Aku dan --karena perkataan-Ku, --Anak Manusia juga --akan malu karena orang itu, apabila Ia datang kelak dalam kemuliaan-Nya dan dalam kemuliaan Bapa dan malaikat-malaikat kudus. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya di antara orang yang hadir di sini ada yang tidak akan mati sebelum mereka melihat --Kerajaan Allah." (Lukas 9:23-27)

Lalu Yesus berkata kepada murid-murid-Nya: "Setiap orang yang mau --mengikut Aku, ia harus --menyangkal dirinya, --memikul salibnya dan --mengikut Aku. --Karena barangsiapa mau menyelamatkan nyawanya, ia akan kehilangan nyawanya; tetapi --barangsiapa kehilangan nyawanya karena Aku, ia akan memperolehnya. --Apa gunanya seorang ---memperoleh seluruh dunia (Harta Kekayaan)-- tetapi kehilangan nyawanya? Dan apakah yang dapat diberikannya sebagai ganti nyawanya?

Sebab Anak Manusia akan datang dalam kemuliaan Bapa-Nya diiringi malaikat-malaikat-Nya; pada waktu itu Ia akan --membalas setiap orang menurut --perbuatannya. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya di antara orang yang hadir di sini ada yang tidak akan mati sebelum mereka melihat --Anak Manusia datang sebagai --Raja dalam --Kerajaan-Nya (Kerajaan Allah)." (Matius 16:24-28)

3. ORANG YANG  KAYA YANG CELAKA ITU ADALAH ORANG YANG BODOH KARENA MEREKA SUDAH MENDENGAR PERINTAH YESUS TETAPI MEREKA TIDAK MELAKUKANNYA - MEREKA HIDUP DALAM KETAMAKAN DENGAN MENGUMPULKAN HARTA BERLIMPAH-LIMPAH - SERTA MEMPERCAYAKAN HIDUPNYA KEPADA HARTANYA ITU:

Tetapi setiap orang yang --mendengar perkataan-Ku ini-- dan --tidak melakukannya--, ia sama dengan --orang yang bodoh--, yang mendirikan rumahnya di atas pasir. Kemudian turunlah hujan dan datanglah banjir, lalu angin melanda rumah itu, sehingga rubuhlah rumah itu dan hebatlah kerusakannya." (Matius 7:26-27)

Kata-Nya lagi kepada mereka: "Berjaga-jagalah dan waspadalah terhadap segala --ketamakan, sebab walaupun seorang --berlimpah-limpah hartanya, --hidupnya tidaklah tergantung dari pada --kekayaannya itu." Kemudian Ia mengatakan kepada mereka suatu perumpamaan, kata-Nya: "Ada seorang kaya, tanahnya berlimpah-limpah hasilnya. Ia bertanya dalam hatinya: Apakah yang harus aku perbuat, sebab aku tidak mempunyai tempat di mana aku dapat menyimpan hasil tanahku. Lalu katanya: Inilah yang akan aku perbuat; aku akan merombak lumbung-lumbungku dan aku akan mendirikan yang lebih besar dan aku akan menyimpan di dalamnya segala gandum dan barang-barangku. Sesudah itu aku akan berkata kepada jiwaku: Jiwaku, ada padamu banyak barang, tertimbun untuk bertahun-tahun lamanya; beristirahatlah, makanlah, minumlah dan bersenang-senanglah!

Tetapi --Firman Allah kepadanya: --Hai engkau orang bodoh--, --pada malam ini juga --jiwamu akan diambil dari padamu, dan apa yang telah kausediakan, untuk siapakah itu nanti? Demikianlah jadinya dengan --orang yang mengumpulkan harta-- bagi dirinya sendiri, jikalau ia tidak kaya di hadapan Allah. (Lukas 12:15-21)

4. ORANG YANG KAYA YANG CELAKA ITU ADALAH ORANG PERCAYA YESUS TETAPI MEREKA LEBIH MENGASIHI DUNIA DAN YANG ADA DI DALAMNYA YAITU HARTA KEKAYAAN (MAMON) DARI PADA MENGASIHI ALLAH - KARENA YESUS MEMBENCI MANUSIA YANG MENGAGUMI MAMON:

Seorang hamba --tidak dapat mengabdi kepada --Dua Tuan--. Karena jika demikian ia akan membenci yang seorang dan mengasihi yang lain, atau ia akan setia kepada yang seorang dan tidak mengindahkan yang lain. --Kamu tidak dapat mengabdi kepada Allah dan kepada Mamon (Uang/ Harta/ Kekayaan Duniawi)--.

Semuanya itu didengar oleh --orang-orang Farisi--, --hamba-hamba uang itu--, dan mereka mencemoohkan Dia. Lalu Ia berkata kepada mereka: "Kamu membenarkan diri di hadapan orang, tetapi --Allah mengetahui hatimu. --Sebab apa yang --dikagumi manusia (Mamon), --dibenci oleh Allah. --Hukum Taurat dan Kitab Para Nabi--berlaku sampai kepada zaman Yohanes--; dan sejak waktu itu --Kerajaan Allah-- diberitakan dan setiap orang menggagahinya berebut memasukinya. (Gereja-Gereja memaksakan dirinya disebut sebagai Kerajaan Allah) - (Lukas 16:13-16)

Demikian pulalah --Tiap-tiap orang di antara kamu, yang tidak melepaskan dirinya dari --Segala Miliknya--, --Tidak dapat menjadi murid-Ku/ pengikut-Ku. Garam memang baik, tetapi jika garam juga menjadi tawar, dengan apakah ia diasinkan? Tidak ada lagi gunanya baik untuk ladang maupun untuk pupuk, dan orang membuangnya saja. Siapa mempunyai telinga untuk mendengar, hendaklah ia mendengar!" (Lukas 14:33-35)

Janganlah kamu --mengasihi dunia-- dan --apa yang ada di dalamnya-- (Mamon/ Uang/ Harta/ Kekayaan Dunia). Jikalau orang --mengasihi dunia--, maka kasih akan Bapa tidak ada di dalam orang itu. --Sebab semua yang ada di dalam dunia (Mamon)--, yaitu --Keinginan Daging dan --Keinginan Mata serta --Keangkuhan Hidup (Mamon), bukanlah berasal dari Bapa, melainkan dari Dunia (Kerajaan Dunia/ Iblis). --Dan dunia ini sedang lenyap dengan keinginannya (Binasa)--, tetapi --orang yang melakukan --kehendak Allah (Firman Kristus/ Injil Yesus) tetap hidup selama-lamanya--. (1 Yohanes 2 :15-17)

5. ORANG YANG KAYA YANG CELAKA ITU ADALAH ORANG PERCAYA YESUS TETAPI MEREKA TIDAK SETIA DAN MENDUA HATI - KARENA MEREKA LEBIH MEMILIH BERSAHABAT DENGAN DUNIA DARI PADA BERSAHABAT DENGAN ALLAH - SEBAB ITU MENJADIKAN DIRI MEREKA SEBAGAI MUSUH ALLAH:

Hai kamu, --orang-orang yang tidak setia!-- Tidakkah kamu tahu, bahwa --persahabatan dengan dunia (Mamon)-- adalah --permusuhan dengan Allah?-- Jadi barangsiapa hendak menjadi --sahabat dunia ini, ia menjadikan dirinya musuh Allah--. Janganlah kamu menyangka, bahwa Kitab Suci tanpa alasan berkata: "Roh yang ditempatkan Allah di dalam diri kita, diingini-Nya dengan cemburu!" Tetapi --kasih karunia, yang dianugerahkan-Nya kepada kita, lebih besar dari pada itu. Karena itu Ia katakan: "Allah menentang orang yang congkak, tetapi mengasihani orang yang rendah hati.

Mendekatlah kepada Allah, dan Ia akan mendekat kepadamu.--. --Tahirkanlah tanganmu, hai kamu orang-orang berdosa! dan --sucikanlah hatimu, hai kamu yang --mendua hati ! Sadarilah kemalanganmu, berdukacita dan merataplah; hendaklah tertawamu kamu ganti dengan ratap dan sukacitamu dengan dukacita.  Rendahkanlah dirimu di hadapan Tuhan, dan Ia akan meninggikan kamu.

Saudara-saudaraku, janganlah kamu saling --memfitnah! Barangsiapa --memfitnah saudaranya atau --menghakiminya, ia --mencela hukum dan --menghakiminya; dan jika --engkau menghakimi Hukum, maka engkau bukanlah penurut hukum, tetapi Hakimnya. Hanya ada satu Pembuat Hukum dan Hakim, yaitu --Dia yang berkuasa --menyelamatkan dan --membinasakan. Tetapi siapakah engkau, sehingga engkau mau menghakimi sesamamu manusia?  (Yakobus 4:4-12)

6. ORANG YANG KAYA TIDAK BISA MASUK KE DALAM KERAJAAN ALLAH KARENA MENYIMPAN HARTA DI BUMI - KECUALI ORANG ITU MAU MENYIMPAN HARTA DI SORGA DENGAN MENGASIHI SESAMA DAN MEMBERIKAN SEDEKAH KEPADA ORANG MISKIN - KARENA DIMANA HARTAMU BERADA DISITU JUGA HATIMU BERADA: 

Kata orang muda itu kepada-Nya: "Semuanya itu telah kuturuti, apa lagi yang masih kurang?"
Kata Yesus kepadanya: "Jikalau engkau hendak sempurna, --pergilah, juallah segala milikmu dan --berikanlah itu kepada --orang-orang miskin, maka engkau akan beroleh --harta di sorga, kemudian datanglah ke mari dan ikutlah Aku." Ketika orang muda itu mendengar perkataan itu, pergilah ia dengan sedih, sebab banyak hartanya.

Yesus berkata kepada murid-murid-Nya: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya --sukar sekali bagi --seorang kaya-- untuk masuk ke dalam --Kerajaan Sorga--. --Sekali lagi Aku berkata kepadamu, --lebih mudah seekor unta masuk melalui lobang jarum --dari pada seorang kaya masuk ke dalam --Kerajaan Allah--." (Matius 19:20-24)

Dan Aku berkata kepadamu: --Ikatlah persahabatan (Mengasihi Sesama) dengan mempergunakan --Mamon yang tidak jujur (Uang/ Harta Kekayaan), supaya jika Mamon itu tidak dapat menolong lagi, kamu diterima di dalam --kemah abadi (Kehidupan Kekal)--. (Lukas 16:9)

Janganlah kamu mengumpulkan --harta di bumi; di bumi ngengat dan karat merusakkannya dan pencuri membongkar serta mencurinya Tetapi kumpulkanlah bagimu --harta di sorga; di sorga ngengat dan karat tidak merusakkannya dan pencuri tidak membongkar serta mencurinya. Karena --di mana hartamu berada, di situ juga hatimu berada--. --Mata adalah pelita tubuh. Jika --matamu baik, teranglah seluruh tubuhmu; jika --matamu jahat, gelaplah seluruh tubuhmu. Jadi jika --terang yang ada padamu gelap, betapa --gelapnya kegelapan itu. (Matius 6:19-23)

6. ORANG YANG KAYA YANG CELAKA ITU AKAN MENGALAMI SENGSARA SEPERTI PERKATAAN YESUS YAITU TENTANG SEORANG KAYA YANG PADA AKHIR HIDUPNYA MENDERITA SENGSARA DI ALAM MAUT (HADES) - KARENA TIDAK MELAKUKAN PERINTAH HUKUM TAURAT - SEDANGKAN ORANG MISKIN YANG SELALU MENGEMIS KEPADA ORANG KAYA ITU SETELAH KEMATIANNYA DIBAWA OLEH MALAIKAT-MALAIKAT KE PANGKUAN ABRAHAM (FIRDAUS):

Ada --seorang Kaya-- yang selalu berpakaian jubah ungu dan kain halus, dan setiap hari ia bersukaria dalam kemewahan.  Dan ada --seorang Pengemis-- bernama Lazarus, badannya penuh dengan borok, berbaring dekat pintu rumah orang kaya itu, dan ingin menghilangkan laparnya dengan apa yang jatuh dari meja orang kaya itu. Malahan anjing-anjing datang dan menjilat boroknya.

Kemudian matilah --orang Miskin-- itu, lalu dibawa oleh malaikat-malaikat --ke Pangkuan Abraham.  --Orang Kaya-- itu juga mati, lalu dikubur. Dan sementara ia --menderita sengsara di --Alam Maut-- ia memandang ke atas, dan dari jauh dilihatnya Abraham, dan Lazarus duduk di pangkuannya.

Lalu ia berseru, katanya: Bapa Abraham, kasihanilah aku. Suruhlah Lazarus, supaya ia --mencelupkan ujung jarinya ke dalam air dan --menyejukkan lidahku, sebab --aku sangat kesakitan dalam nyala api ini.

Tetapi Abraham berkata: Anak, ingatlah, bahwa --engkau telah menerima segala yang baik sewaktu hidupmu, sedangkan-- Lazarus segala yang buruk. Sekarang --ia mendapat hiburan dan-- engkau sangat menderita. Selain dari pada itu --di antara kami dan engkau --terbentang jurang yang tak terseberangi, supaya --mereka yang mau pergi dari sini kepadamu ataupun --mereka yang mau datang dari situ kepada kami --tidak dapat menyeberang.

Kata orang itu: Kalau demikian, aku minta kepadamu, bapa, supaya engkau menyuruh dia ke rumah ayahku, sebab masih ada lima orang saudaraku, supaya ia memperingati mereka dengan sungguh-sungguh, agar mereka --jangan masuk kelak ke dalam --tempat penderitaan ini (Alam Maut/ Hades).

Tetapi kata Abraham: Ada pada mereka --kesaksian Musa dan Para Nabi; baiklah mereka mendengarkan kesaksian itu. (Pada saat itu masih berlaku Hukum Taurat dan Kitab Para Nabi karena Yesus belum disalibkan)

Jawab orang itu: Tidak, bapa Abraham, tetapi jika ada seorang yang datang dari antara orang mati kepada mereka, mereka akan bertobat.

Kata Abraham kepadanya: Jika mereka tidak mendengarkan kesaksian Musa dan Para Nabi, mereka tidak juga akan mau diyakinkan, sekalipun oleh seorang yang bangkit dari antara orang mati." (Lukas 16:19-31)

7.  ORANG YANG KAYA YANG CELAKA SEPERTI PERKATAAN YESUS TERSEBUT ADALAH ORANG YANG PERCAYA KEPADA ALLAH - KARENA ORANG ITU MEMANGGIL ABARAHAM SEBAGAI BAPA -  TETAPI ORANG ITU TIDAK MENGASIHI SESAMANYA SEBAGAIMANA PERINTAH HUKUM TAURAT:

Ketika orang-orang Farisi mendengar, bahwa Yesus telah membuat orang-orang Saduki itu bungkam, berkumpullah mereka, dan seorang dari mereka, seorang ahli Taurat, bertanya untuk mencobai Dia: --Guru, hukum manakah yang terutama dalam Hukum Taurat?

Jawab Yesus kepadanya: "Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu. Itulah --hukum yang terutama dan yang pertama. Dan --hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri. Pada kedua hukum inilah tergantung seluruh Hukum Taurat dan Kitab Para Nabi." (Matius 22:34-40)

Peringatkanlah kepada --orang-orang kaya-- di dunia ini agar mereka jangan --tinggi hati dan --jangan berharap pada sesuatu yang tak tentu --seperti kekayaan--, --melainkan pada Allah yang dalam kekayaan-Nya memberikan kepada kita segala sesuatu untuk dinikmati.

Peringatkanlah agar mereka itu --berbuat baik, menjadi --kaya dalam kebajikan--, --suka memberi dan --membagi dan dengan demikian --mengumpulkan suatu harta sebagai --dasar yang baik bagi dirinya --di waktu yang akan datang untuk mencapai --hidup yang sebenarnya (Hidup Yang Kekal).

Hai Timotius, peliharalah apa yang telah dipercayakan kepadamu. --Hindarilah omongan yang --kosong dan yang --tidak suci dan --pertentangan-pertentangan yang --berasal dari apa yang disebut --pengetahuan-- karena ada beberapa orang yang --mengajarkannya dan dengan demikian telah --menyimpang dari iman--. --Kasih karunia menyertai kamu! (1 Timotius 6:17-21)

8. PERINTAH DAN PERKATAAN YESUS (FIRMAN KRISTUS/ INJIL YESUS) JAUH LEBIH BERAT DARI PADA PERINTAH HUKUM TAURAT - DAN SETIAP ORANG YANG MENURUTI DAN MELAKUKAN PERINTAH DAN PERKATAAN YESUS TIDAK AKAN DAPAT MENJADI KAYA - TETAPI ORANG ITU AKAN MENJADI SEMPURNA SAMA SEPERTI BAPA DI SORGA ADALAH SEMPURNA:

Tetapi kepada kamu, yang mendengarkan Aku, Aku (Yesus) berkata:

--Kasihilah musuhmu, --berbuatlah baik kepada orang yang --membenci kamu;

--Mintalah berkat bagi orang yang --mengutuk kamu; --berdoalah bagi orang yang --mencaci.

--Barangsiapa --menampar pipimu yang satu, --berikanlah juga kepadanya pipimu yang lain.

--Dan barangsiapa yang --mengambil jubahmu, --biarkan juga ia mengambil bajumu.

--Berilah kepada --setiap orang yang --meminta kepadamu;

--Dan janganlah --meminta kembali kepada orang yang --mengambil kepunyaanmu.

--Dan sebagaimana kamu --kehendaki supaya orang perbuat kepadamu, --perbuatlah juga demikian kepada mereka.

-- Dan jikalau kamu mengasihi orang yang-- mengasihi kamu, --apakah jasamu? Karena orang-orang berdosapun mengasihi juga orang-orang yang mengasihi mereka.

--Sebab jikalau kamu b--erbuat baik --kepada orang yang berbuat baik kepada kamu, --apakah jasamu? Orang-orang berdosapun berbuat demikian.

--Dan jikalau kamu --meminjamkan sesuatu kepada orang, karena kamu --berharap akan menerima sesuatu dari padanya, --apakah jasamu? Orang-orang berdosapun meminjamkan kepada orang-orang berdosa, supaya mereka menerima kembali sama banyak.

--Tetapi kamu, --kasihilah musuhmu dan --berbuatlah baik kepada mereka.

--Dan --pinjamkan dengan --tidak mengharapkan balasan, maka upahmu akan besar dan kamu akan menjadi anak-anak Allah Yang Mahatinggi, sebab Ia baik terhadap orang-orang yang tidak tahu berterima kasih dan terhadap orang-orang jahat.

--Hendaklah kamu --murah hati, --sama seperti Bapamu adalah murah hati. (Lukas 6:27-36)

--Segeralah --berdamai dengan lawanmu selama engkau bersama-sama dengan dia di tengah jalan, supaya lawanmu itu jangan menyerahkan engkau kepada hakim dan hakim itu menyerahkan engkau kepada pembantunya dan engkau dilemparkan ke dalam penjara. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya engkau tidak akan keluar dari sana, sebelum engkau membayar hutangmu sampai lunas.

Kamu telah mendengar pula yang difirmankan kepada nenek moyang kita:
--Jangan --bersumpah palsu, melainkan --peganglah sumpahmu di depan Tuhan.

Tetapi Aku berkata kepadamu:
--Janganlah sekali-kali bersumpah, baik demi langit, karena langit adalah takhta Allah, maupun demi bumi, karena bumi adalah tumpuan kaki-Nya, ataupun demi Yerusalem, karena Yerusalem adalah kota Raja Besar; janganlah juga engkau bersumpah demi kepalamu, karena engkau tidak berkuasa memutihkan atau menghitamkan sehelai rambutpun.

--Jika ya, --hendaklah kamu katakan: ya, --jika tidak, --hendaklah kamu katakan: tidak. Apa yang lebih dari pada itu berasal dari si Jahat/ Iblis.

Kamu telah mendengar firman: Mata ganti mata dan gigi ganti gigi. Tetapi Aku berkata kepadamu:
--Janganlah kamu --melawan orang yang --berbuat jahat kepadamu, melainkan siapapun yang --menampar pipi kananmu, ---berilah juga kepadanya pipi kirimu.

--Dan kepada orang yang hendak --mengadukan engkau karena --mengingini bajumu, --serahkanlah juga jubahmu.

--Dan siapapun yang --memaksa engkau berjalan --sejauh satu mil, --berjalanlah bersama dia --sejauh dua mil.

-- Berilah kepada orang yang meminta kepadamu dan janganlah menolak orang yang mau meminjam dari padamu.

Kamu telah mendengar firman:
Kasihilah sesamamu manusia dan --bencilah musuhmu.
--Tetapi Aku berkata kepadamu: --Kasihilah musuhmu dan --berdoalah bagi mereka yang --menganiaya kamu.

Karena dengan demikianlah kamu menjadi anak-anak Bapamu yang di sorga, yang menerbitkan matahari bagi orang yang jahat dan orang yang baik dan menurunkan hujan bagi orang yang benar dan orang yang tidak benar.

--Apabila kamu mengasihi orang yang mengasihi kamu, --apakah upahmu? Bukankah pemungut cukai juga berbuat demikian?

-- Dan apabila kamu --hanya memberi salam kepada saudara-saudaramu saja, --apakah lebihnya dari pada perbuatan orang lain? Bukankah orang yang tidak mengenal Allahpun berbuat demikian? Karena itu haruslah kamu sempurna, sama seperti Bapamu yang di sorga adalah sempurna." (Matius 5:25-48)

Jika Injil (Perintah dan Perkataan Yesus) yang kami beritakan masih tertutup juga, maka ia tertutup untuk mereka, yang akan binasa (Warga Kerajaan Dunia), yaitu orang-orang yang tidak percaya, --yang pikirannya telah dibutakan oleh --Ilah zaman ini (Iblis)-- , sehingga mereka tidak melihat --Cahaya Injil tentang --kemuliaan Kristus, yang adalah Gambaran ALLAH. (2 Korintus 4:3-4)

9. SETIAP ORANG PERCAYA YESUS TETAPI MEREKA INGIN KAYA AKAN JATUH KE DALAM PENCOBAAN - KE DALAM JERAT DAN BERBAGAI NAFSU YANG HAMPA DAN MENCELAKAKAN - YANG MENENGGELAMPAKAN MANUSIA KE DALAM KERUNTUHAN DAN KEBINASAAN:

Tetapi mereka yang --ingin kaya-- terjatuh --ke dalam pencobaan, --ke dalam jerat dan --ke dalam berbagai-bagai nafsu --yang hampa dan --yang mencelakakan, --yang menenggelamkan manusia --ke dalam --keruntuhan dan --kebinasaan.

--Karena --akar segala kejahatan ialah --cinta uang--. Sebab oleh --memburu uanglah-- beberapa orang --telah menyimpang dari iman-- dan --menyiksa dirinya dengan --berbagai-bagai duka.

Tetapi engkau hai --manusia Allah (Warga Kerajaan Allah), --jauhilah semuanya itu, --kejarlah keadilan, --ibadah, --kesetiaan, --kasih, --kesabaran dan --kelembutan. --Bertandinglah dalam --pertandingan iman yang benar-- dan --rebutlah hidup yang kekal--. Untuk itulah engkau telah --dipanggil dan telah engkau ikrarkan ikrar yang benar di depan banyak saksi. Di hadapan Allah yang --memberikan hidup kepada segala sesuatu-- dan di hadapan Kristus Yesus yang telah mengikrarkan ikrar yang benar itu juga di muka Pontius Pilatus, kuserukan kepadamu:

Turutilah Perintah ini (Firman Kristus/ Injil Yesus), dengan --tidak bercacat dan --tidak bercela, hingga pada saat --Tuhan kita Yesus Kristus-- menyatakan diri-Nya, yaitu saat yang akan ditentukan oleh --Penguasa yang satu-satunya dan yang penuh bahagia, --Raja di atas segala raja dan --Tuan di atas segala tuan. (1 Timotius 6:9-15)

10. BARANGSIAPA PERCAYA YESUS TETAPI TIDAK MENURUTI FIRMAN-NYA ORANG ITU ADALAH PENDUSTA DAN BAPANYA ADALAH IBLIS YAITU BAPA SEGALA DUSTA - KARENA BARANGSIAPA MENGATAKAN BAHWA DIA ADA DI DALAM YESUS - DIA WAJIB HIDUP SAMA SEPERTI KRISTUS TELAH HIDUP:

Kata YESUS kepada mereka: "Jikalau Allah adalah Bapamu, kamu akan --mengasihi Aku, sebab Aku keluar dan datang dari Allah. Dan Aku datang bukan atas kehendak-Ku sendiri, melainkan Dialah yang mengutus Aku.

Apakah sebabnya kamu --tidak mengerti Bahasa-KU? --Sebab kamu --tidak dapat menangkap Firman-KU (Firman Kristus/ Injil Yesus). --Iblislah yang menjadi bapamu-- dan kamu ingin melakukan --keinginan-keinginan bapamu (perbuatan daging). --Ia adalah pembunuh manusia sejak semula dan tidak hidup dalam kebenaran--, sebab di dalam dia tidak ada kebenaran. --Apabila ia berkata dusta, ia berkata atas kehendaknya sendiri, sebab ia adalah pendusta dan bapa segala dusta. Tetapi karena Aku mengatakan kebenaran kepadamu, kamu tidak percaya kepada-Ku. Siapakah di antaramu yang membuktikan bahwa Aku berbuat dosa? Apabila Aku mengatakan kebenaran, mengapakah kamu tidak percaya kepada-Ku? --Barangsiapa berasal dari Allah, ia mendengarkan --Firman Allah--; --itulah sebabnya kamu tidak mendengarkannya, --karena kamu tidak berasal dari Allah." (Yohanes 8:42-47)

Dan inilah tandanya, bahwa kita --mengenal Allah--, yaitu jikalau kita --menuruti --Perintah-Perintah-Nya. (Perintah Yesus/ Firman Kristus/ Injil Yesus). --Barangsiapa berkata: Aku mengenal Dia (Yesus), --tetapi ia tidak menuruti Perintah-Nya, ia adalah seorang --pendusta dan di dalamnya-- tidak ada kebenaran--. --Tetapi barangsiapa --menuruti Firman-Nya (Firman Kristus/ Injil Yesus), di dalam orang itu sungguh sudah --sempurna kasih Allah; dengan itulah kita ketahui, bahwa kita ada di dalam Dia (Yesus). --Barangsiapa mengatakan, bahwa ia ada di dalam Dia (Yesus), ia wajib hidup sama seperti Kristus telah hidup--. (1 Yohanes 2:3-6)

Jikalau kamu --tinggal di dalam Aku dan --Firman-Ku (Firman Kristus/ Injil Yesus) tinggal di dalam kamu, --mintalah apa saja yang kamu kehendaki, dan --kamu akan menerimanya--. Dalam hal inilah Bapa-Ku dipermuliakan, yaitu jika kamu berbuah banyak (Buah Roh) dan dengan demikian kamu adalah murid-murid-Ku. (Yohanes 15:7-8)

Maksudku ialah: --hiduplah oleh Roh--, maka --kamu tidak akan menuruti --keinginan daging (tabiat manusia). Sebab keinginan daging --berlawanan dengan keinginan Roh dan keinginan Roh --berlawanan dengan keinginan daging--karena keduanya bertentangan--sehingga kamu setiap kali tidak melakukan apa yang kamu kehendaki. Akan tetapi jikalau kamu memberi dirimu --dipimpin oleh Roh, maka --kamu tidak hidup di bawah hukum Taurat--. (Galatia 5:16-18)

Tetapi --Buah Roh-- ialah: --kasih, --sukacita, --damai sejahtera, --kesabaran, --kemurahan, --kebaikan, --kesetiaan, --kelemahlembutan, --penguasaan diri. Tidak ada hukum yang menentang hal-hal itu. --Barangsiapa menjadi --milik Kristus Yesus, ia telah menyalibkan daging dengan segala hawa nafsu dan keinginannya--. Jikalau kita --hidup oleh Roh, baiklah hidup kita juga --dipimpin oleh Roh, dan --janganlah kita gila hormat, --janganlah kita --saling menantang dan --saling mendengki. (Galatia 5:22-26)

Sebab --Kerajaan Allah-- bukanlah soal -makanan dan -minuman, tetapi soal --kebenaran, --damai sejahtera dan --sukacita oleh Roh Kudus. (Roma 14:17)

Karena itu --rendahkanlah dirimu di bawah tangan Tuhan yang kuat--, --supaya kamu ditinggikan-Nya pada waktunya--. --Serahkanlah segala --kekuatiranmu kepada-Nya, sebab Ia yang --memelihara kamu--. (1 Petrus 5:6-7)

Allah-ku akan --memenuhi segala keperluanmu-- menurut --kekayaan dan --kemuliaan-Nya dalam Kristus Yesus. Dimuliakanlah Allah dan Bapa kita selama-lamanya! Amin. (Filipi 4:19-20)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar