Sabtu, 16 Agustus 2014

*PERKATAAN YESUS ADALAH ROH DAN HIDUP*

*ROH YANG MEMBERI HIDUP - DAGING TIDAK BERGUNA*

- Sesudah mendengar semuanya itu banyak dari murid-murid YESUS yang berkata: "Perkataan ini keras, siapakah yang sanggup mendengarkannya?" - YESUS yang di dalam hati-NYA tahu, bahwa murid-murid-NYA bersungut-sungut tentang hal itu, berkata kepada mereka: "Adakah perkataan itu menggoncangkan imanmu? Dan bagaimanakah, jikalau kamu melihat Anak Manusia naik ke tempat di mana Ia sebelumnya berada?


- ROH-lah yang memberi Hidup, daging (kekuatan manusia) sama sekali tidak berguna. Perkataan-perkataan yang KU-katakan kepadamu adalah Roh dan Hidup. Tetapi di antaramu ada yang tidak percaya." Sebab YESUS tahu dari semula, siapa yang tidak percaya dan siapa yang akan menyerahkan DIA . 


- Lalu IA berkata: "Sebab itu telah KU-katakan kepadamu: Tidak ada seorangpun dapat datang kepada-KU, kalau BAPA tidak mengaruniakannya kepadanya."  Mulai dari waktu itu banyak murid-murid-NYA mengundurkan diri dan tidak lagi mengikut DIA. 


- Maka kata YESUS kepada kedua belas murid-NYA: "Apakah kamu tidak mau pergi juga?"  - Jawab Simon Petrus kepada-Nya: "TUHAN, kepada siapakah kami akan pergi? Perkataan-MU adalah perkataan Hidup Yang Kekal; dan kami telah percaya dan tahu, bahwa ENGKAU adalah Yang Kudus dari ALLAH." 


- Jawab YESUS kepada mereka: "Bukankah AKU sendiri yang telah memilih kamu yang dua belas ini? Namun seorang di antaramu adalah Iblis." Yang dimaksudkan-NYA ialah Yudas, anak Simon Iskariot; sebab dialah yang akan menyerahkan YESUS, dia seorang di antara kedua belas murid itu. (Yohanes 6:60-71)


*BARANGSIAPA MENABUR DALAM ROH AKAN MENUAI HIDUP YANG KEKAL - BARANG SIAPA MENABUR DALAM DAGING AKAN MENUAI KEBINASAAN*


- Jangan sesat! ALLAH tidak membiarkan diri-NYA dipermainkan. Karena apa yang ditabur orang, itu juga yang akan dituainya. Sebab barangsiapa menabur dalam dagingnya (tabiat manusia) , ia akan menuai kebinasaan dari dagingnya, tetapi barangsiapa menabur dalam ROH, ia akan menuai hidup yang kekal dari ROH itu. 


- Janganlah kita jemu-jemu berbuat baik, karena apabila sudah datang waktunya, kita akan menuai, jika kita tidak menjadi lemah.  Karena itu, selama masih ada kesempatan bagi kita, marilah kita berbuat baik kepada semua orang, tetapi terutama kepada kawan-kawan kita seiman. 


- Lihatlah, bagaimana besarnya huruf-huruf yang kutulis kepadamu dengan tanganku sendiri. Mereka yang secara lahiriah suka menonjolkan diri, merekalah yang berusaha memaksa kamu untuk bersunat, hanya dengan maksud, supaya mereka tidak dianiaya karena salib KRISTUS. Sebab mereka yang menyunatkan dirinyapun, tidak memelihara hukum Taurat. Tetapi mereka menghendaki, supaya kamu menyunatkan diri, agar mereka dapat bermegah atas keadaanmu yang lahiriah. 


- Tetapi aku sekali-kali tidak mau bermegah, selain dalam salib TUHAN kita YESUS KRISTUS, sebab olehnya dunia telah disalibkan bagiku dan aku bagi dunia. Sebab bersunat atau tidak bersunat tidak ada artinya, tetapi menjadi ciptaan baru, itulah yang ada artinya. Dan semua orang, yang memberi dirinya dipimpin oleh patokan ini, turunlah kiranya damai sejahtera dan rahmat atas mereka dan atas Israel milik ALLAH. 


- Selanjutnya janganlah ada orang yang menyusahkan aku, karena pada tubuhku ada tanda-tanda milik YESUS.  Kasih karunia TUHAN kita YESUS KRISTUS  menyertai roh kamu, saudara-saudara! Amin. (Galatia 6:7-18)


*BARANGSIAPA HIDUP MENURUT ROH AKAN MEMPEROLEH HIDUP DAN DAMAI SEJAHTERA - TETAPI HIDUP DALAM DAGING TIDAK BERKENAN KEPADA ALLAH DAN AKAN JATUH KE DALAM MAUT*

- Demikianlah sekarang tidak ada penghukuman bagi mereka yang ada di dalam KRISTUS YESUS. -ROH, yang memberi Hidup telah memerdekakan kamu dalam KRISTUS dari hukum dosa dan hukum maut. Sebab apa yang tidak mungkin dilakukan hukum Taurat karena tak berdaya oleh daging, telah dilakukan oleh ALLAH. Dengan jalan mengutus Anak-NYA sendiri dalam daging, yang serupa dengan daging yang dikuasai dosa karena dosa, Ia telah menjatuhkan hukuman atas dosa di dalam daging, supaya tuntutan hukum Taurat digenapi di dalam kita, yang tidak hidup menurut daging, tetapi menurut ROH.
- Sebab mereka yang hidup menurut daging, memikirkan hal-hal yang dari daging; mereka yang --hidup menurut ROH, memikirkan hal-hal yang dari ROH. Karena keinginan daging adalah maut, tetapi keinginan ROH adalah hidup dan damai sejahtera. -Sebab keinginan daging adalah perseteruan terhadap ALLAH, karena ia tidak takluk kepada hukum ALLLAH; hal ini memang tidak mungkin baginya. -Mereka yang hidup dalam daging, tidak mungkin berkenan kepada Allah.

*BARANGSIAPA MEMILIKI ROH KUDUS ADALAH ANAK ALLAH - TETAPI BARANGSIAPA TIDAK MEMILIKI ROH KUDUS BUKAN MILIK YESUS KRISTUS - *
-Tetapi kamu tidak hidup dalam daging, melainkan dalam ROH, jika memang ROH ALLAH diam di dalam kamu. Tetapi jika orang tidak memiliki ROH KRISTUS (ROH KUDUS), ia bukan milik KRISTUS. -Tetapi jika Kristus ada di dalam kamu, maka tubuh memang mati karena dosa, tetapi roh adalah kehidupan oleh karena kebenaran.
- Dan jika ROH DIA (Roh Kudus), yang telah membangkitkan YESUS dari antara orang mati, diam di dalam kamu, maka Ia, yang telah --membangkitkan KRISTUS YESUS dari antara orang mati, akan --menghidupkan juga tubuhmu yang fana itu oleh ROH-NYA, yang diam di dalam kamu. 
-Jadi, saudara-saudara, kita adalah orang berhutang, tetapi bukan kepada daging, supaya hidup menurut daging. Sebab, jika kamu hidup menurut daging, kamu akan mati; tetapi jika oleh ROH kamu mematikan perbuatan-perbuatan tubuhmu, kamu akan hidup. -Semua orang, yang dipimpin ROH ALLAH, adalah anak ALLAH.
- Sebab kamu tidak menerima roh perbudakan yang membuat kamu menjadi takut lagi, tetapi kamu telah menerima Roh yang menjadikan kamu anak ALLAH. Oleh Roh itu kita berseru: "Ya ABBA, Ya BAPA!" -ROH itu bersaksi bersama-sama dengan roh kita, bahwa kita adalah anak-anak ALLAH.
- Dan jika kita adalah anak, maka kita juga adalah ahli waris, maksudnya orang-orang yang berhak menerima janji-janji ALLAH, yang akan menerimanya bersama-sama dengan KRISTUS, yaitu jika kita --menderita bersama-sama dengan Dia,  supaya kita juga dipermuliakan bersama-sama dengan Dia. -(Roma 8:1-17)

*ORANG PERCAYA YESUS AKAN MENDENGAR PERKATAAN YESUS DARI ROH KUDUS DAN YANG AKAN MEMIMPIN ORANG PERCAYA KE DALAM SELURUH KEBENARAN*

- Tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh BAPA dalam nama-KU, - DIA-lah yang akan --mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan --mengingatkan kamu akan semua yang telah KU-katakan kepadamu. (Yohanes 14:26)


- Tetapi apabila Ia (Roh Kudus) datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan -memimpin kamu ke dalam seluruh --Kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya itulah yang akan --dikatakan-Nya dan Ia akan --memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang. (Yohanes 16:13)


*IMAN TIMBUL DARI PENDENGARAN AKAN PERKATAAN YESUS OLEH ROH KUDUS*


- Tetapi tidak semua orang telah menerima kabar baik itu. Yesaya sendiri berkata: "TUHAN, siapakah yang percaya kepada pemberitaan kami?"


- Jadi, iman timbul dari pendengaran, dan pendengaran oleh firman KRISTUS. (Perkataan YESUS).


 - Tetapi aku bertanya: Adakah mereka tidak mendengarnya? Memang mereka telah mendengarnya: "Suara mereka sampai ke seluruh dunia, dan perkataan mereka sampai ke ujung bumi."  


- Tetapi aku bertanya: Adakah Israel menanggapnya? Pertama-tama Musa berkata: "AKU menjadikan kamu cemburu terhadap orang-orang yang bukan umat dan membangkitkan amarahmu terhadap bangsa yang bebal."



- Dan dengan berani Yesaya mengatakan: "Aku telah berkenan ditemukan mereka yang tidak mencari AKU, -AKU telah menampakkan diri kepada mereka yang tidak menanyakan AKU." Tetapi tentang Israel ia berkata: "Sepanjang hari AKU telah mengulurkan tangan-KU kepada bangsa yang tidak taat dan yang membantah." (Roma 10:16-21)











Tidak ada komentar:

Posting Komentar