Sabtu, 16 Agustus 2014

*SYARAT MENERIMA DAN CARA MEMINTA BAPTISAN ROH KUDUS*


*SYARAT MENERIMA BAPTISAN ROH KUDUS ADALAH PERCAYA DAN MENGASIHI YESUS SERTA MENGASIHI SESAMA*

- Barangsiapa --percaya-- kepada-Ku, seperti yang dikatakan oleh Kitab Suci: Dari dalam --hatinya akan --mengalir --aliran-aliran air hidup." - Yang dimaksudkan-Nya ialah --Roh (Kudus) yang akan --diterima oleh mereka yang --percaya kepada-Nya; sebab --Roh (Kudus) itu belum datang, karena Yesus belum --dimuliakan. (Yohanes 7:38-39)

- Percayalah kepada-Ku, bahwa Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku; atau setidak-tidaknya, --percayalah karena pekerjaan-pekerjaan itu sendiri. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa --percaya-- kepada-Ku, ia akan --melakukan juga --pekerjaan-pekerjaan yang Aku lakukan, bahkan pekerjaan-pekerjaan yang --lebih besar dari pada itu. Sebab Aku pergi kepada Bapa; dan apa juga yang kamu --minta dalam nama-Ku, Aku akan --melakukannya, --supaya Bapa --dipermuliakan di dalam Anak. Jika kamu --meminta sesuatu kepada-Ku dalam nama-Ku, Aku akan --melakukannya."

- Jikalau kamu --mengasihi-- Aku, kamu akan --menuruti segala --perintah-Ku. AKU akan --minta kepada BAPA, dan IA akan --memberikan kepadamu seorang --Penolong yang lain (Roh Kudus), supaya Ia (Roh Kudus) --menyertai kamu --selama-lamanya, yaitu Roh Kebenaran. - Dunia tidak dapat --menerima Dia, sebab dunia tidak --melihat Dia dan tidak --mengenal Dia. Tetapi kamu --mengenal Dia, sebab Ia --menyertai kamu dan akan --diam di dalam kamu. (Yohanes 14:11-17)

- Inilah perintah-Ku, yaitu supaya kamu --saling mengasihi--, seperti Aku telah mengasihi kamu.  Tidak ada kasih yang lebih besar dari pada kasih seorang yang memberikan nyawanya untuk sahabat-sahabatnya.  Kamu adalah sahabat-Ku, jikalau kamu berbuat apa yang Kuperintahkan kepadamu. Aku tidak menyebut kamu lagi hamba, sebab hamba tidak tahu, apa yang diperbuat oleh tuannya, tetapi Aku menyebut kamu --sahabat, karena Aku telah --memberitahukan kepada kamu ---segala sesuatu yang telah Kudengar dari Bapa-Ku.

- Bukan kamu yang --memilih Aku, tetapi Akulah yang --memilih kamu. Dan Aku telah --menetapkan kamu, supaya kamu pergi dan menghasilkan buah dan buahmu itu tetap, supaya apa yang kamu --minta kepada Bapa dalam nama-Ku, --diberikan-Nya kepadamu. - Inilah perintah-Ku kepadamu: Kasihilah seorang akan yang lain." (Yohanes 15:12-17)

*CARA MEMINTA BAPTISAN ROH KUDUS ADALAH SEBAGAIMANA PERKATAAN YESUS YAITU: MINTALAH - CARILAH - KETOKLAH*

- Lalu kata-Nya kepada mereka: "Jika seorang di antara kamu pada tengah malam pergi ke rumah seorang sahabatnya dan berkata kepadanya: Saudara, pinjamkanlah kepadaku tiga roti, sebab seorang sahabatku yang sedang berada dalam perjalanan singgah ke rumahku dan aku tidak mempunyai apa-apa untuk dihidangkan kepadanya;  masakan ia yang di dalam rumah itu akan menjawab: Jangan mengganggu aku, pintu sudah tertutup dan aku serta anak-anakku sudah tidur; aku tidak dapat bangun dan memberikannya kepada saudara.

- Aku berkata kepadamu: Sekalipun ia --tidak mau bangun dan memberikannya kepadanya karena orang itu adalah sahabatnya, namun karena --sikapnya yang tidak malu itu, ia akan --bangun juga dan memberikan kepadanya apa yang diperlukannya.

- Oleh karena itu Aku berkata kepadamu: --Mintalah, maka akan diberikan kepadamu; --Carilah, maka kamu akan mendapat; --Ketoklah, maka pintu akan dibukakan bagimu. Karena setiap orang yang meminta, menerima dan setiap orang yang mencari, mendapat dan setiap orang yang mengetok, baginya pintu dibukakan. Bapa manakah di antara kamu, jika anaknya minta ikan dari padanya, akan memberikan ular kepada anaknya itu ganti ikan? Atau, jika ia minta telur, akan memberikan kepadanya kalajengking?

Jadi jika kamu yang jahat tahu memberi --pemberian yang baik kepada anak-anakmu, apalagi Bapamu yang di sorga! Ia akan --memberikan --Roh Kudus kepada mereka yang-- meminta kepada-Nya." (Lukas 11:5-13)

*ORANG PERCAYA DAN MENGASIHI YESUS SERTA MENGASIHI SESAMA AKAN MENERIMA ROH KUDUS MELALUI BAPTISAN ROH KUDUS*

- Pada suatu hari ketika Ia (Yesus) makan bersama-sama dengan mereka, Ia melarang mereka meninggalkan Yerusalem, dan menyuruh mereka tinggal di situ menantikan --janji Bapa, yang--demikian kata-Nya--"telah kamu dengar dari pada-Ku. -Sebab Yohanes --membaptis dengan --Air, tetapi tidak lama lagi kamu akan --dibaptis dengan --Roh Kudus."  (Kisah Para Rasul 1:5)

- Ketika tiba hari Pentakosta, semua orang percaya berkumpul di satu tempat.  Tiba-tiba --turunlah dari langit suatu bunyi seperti --tiupan angin keras yang memenuhi seluruh rumah, di mana mereka duduk; dan tampaklah kepada mereka --lidah-lidah seperti nyala api yang --bertebaran dan --hinggap pada mereka masing-masing. Maka --penuhlah mereka dengan Roh Kudus, lalu mereka mulai --berkata-kata dalam bahasa-bahasa lain, seperti yang diberikan oleh Roh itu kepada mereka untuk --mengatakannya. (Kisah Para Rasul 2:1-4)

- Setibanya di situ kedua rasul itu berdoa, supaya orang-orang Samaria itu --beroleh Roh Kudus. - Sebab Roh Kudus --belum turun-- di atas seorangpun di antara mereka, karena mereka --hanya dibaptis dalam --nama Tuhan Yesus. Kemudian keduanya menumpangkan tangan di atas mereka, lalu mereka menerima Roh Kudus. (Kis 8:15-17)

- Dan semua --orang percaya-- dari golongan bersunat yang menyertai Petrus, tercengang-cengang, karena melihat, bahwa --karunia ROH KUDUS dicurahkan ke atas --Bangsa-Bangsa Lain juga. - Sebab mereka --mendengar orang-orang itu berkata-kata dalam --Bahasa Roh dan memuliakan ALLAH. (Kis 10:45-46)

- Maka teringatlah aku akan perkataan TUHAN: - Yohanes membaptis dengan AIR, tetapi kamu akan dibaptis dengan ROH KUDUS. - Jadi jika ALLAH memberikan karunia-NYA kepada mereka sama seperti kepada kita pada waktu kita mulai --percaya kepada YESUS KRISTUS, bagaimanakah mungkin aku mencegah DIA?"(Kis 11:16-17)

*ROH KUDUS AKAN MENGAJARKAN DAN MENGINGATKAN PERKATAAN YESUS/ FIRMAN KRISTUS/ INJIL YESUS KEPADA ORANG PERCAYA YANG TELAH MENERIMA ROH KUDUS*

- Semuanya itu Kukatakan kepadamu, selagi Aku berada bersama-sama dengan kamu; tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan --diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan --mengajarkan-- segala sesuatu kepadamu dan akan --mengingatkan-- kamu akan semua yang telah --Kukatakan kepadamu.

- Damai sejahtera Kutinggalkan bagimu. Damai sejahtera-Ku Kuberikan kepadamu, dan --apa yang Kuberikan --tidak seperti yang diberikan oleh --dunia kepadamu. Janganlah gelisah dan gentar hatimu. (Yohanes 14:25-27)

*ROH KUDUS AKAN MEMIMPIN ORANG PERCAYA KE DALAM SELURUH KEBENARAN DAN MEMBERITAKAN HAL-HAL YANG AKAN DATANG KEPADA ORANG PERCAYA YANG TELAH MENERIMA ROH KUDUS*

- Tetapi apabila Ia (Roh Kudus) datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan --memimpin kamu ke dalam --seluruh --kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang --didengar-Nya itulah yang akan --dikatakan-Nya dan Ia akan --memberitakan kepadamu --hal-hal yang akan datang.

- Ia akan memuliakan Aku, sebab Ia akan --memberitakan kepadamu apa yang diterimanya dari pada-Ku.Segala sesuatu yang Bapa punya, adalah Aku punya; sebab itu Aku berkata: Ia akan --memberitakan kepadamu apa yang --diterimanya dari pada-Ku." (Yohanes 16:13-15)

*ORANG PERCAYA YANG TELAH MENERIMA ROH KUDUS AKAN MENJADI SAKSI YESUS DAN MEMBERITAKAN INJIL KERAJAAN ALLAH DIMANAPUN BERADA*

- Jikalau Penghibur (Roh Kudus) yang akan --Kuutus dari Bapa datang, yaitu Roh Kebenaran yang --keluar dari Bapa, Ia akan --bersaksi tentang Aku. Tetapi kamu juga harus --bersaksi, karena kamu dari semula bersama-sama dengan Aku."(Yohanes 15:26-27)

- Tetapi kamu akan menerima --kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi --saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi. -Sesudah Ia mengatakan demikian, terangkatlah Ia disaksikan oleh mereka, dan awan menutup-Nya dari pandangan mereka. (Kisah Para Rasul 1: 8-9)

*ORANG PERCAYA YANG TELAH MENERIMA ROH KUDUS - MEMILIKI KUASA ROH KUDUS  UNTUK MENEGUHKAN FIRMAN KRISTUS/ INJIL YESUS DALAM MEMBERITAKAN INJIL KERAJAAN ALLAH*

- Tanda-tanda ini akan --menyertai orang-orang yang --percaya--: mereka akan --mengusir setan-setan demi nama-Ku, mereka akan --berbicara dalam ---bahasa-bahasa yang baru bagi mereka (bahasa roh/ lidah), mereka akan --memegang ular ), dan sekalipun mereka --minum racun maut, mereka tidak akan mendapat celaka; mereka akan --meletakkan tangannya atas orang sakit, dan orang itu akan sembuh."

- Sesudah Tuhan Yesus berbicara demikian kepada mereka, terangkatlah Ia ke sorga, lalu duduk di sebelah kanan Allah. Merekapun pergilah --memberitakan --Injil ke segala penjuru, dan Tuhan turut bekerja dan --meneguhkan firman itu dengan --tanda-tanda yang menyertainya. (Markus 16:17-20)

- Yesus mendekati mereka dan berkata: "Kepada-Ku telah diberikan segala --kuasa di sorga dan di bumi. -Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa --murid-Ku dan --baptislah mereka dalam --nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus,  dan --ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah --Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku --menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman." (Matius 28:18-20)

*ROH KUDUS ADALAH SEBAGAI  METERAI DAN JAMINAN BAGI ORANG PERCAYA UNTUK MEMPEROLEH KEHIDUPAN KEKAL*

- Di dalam Dia kamu juga--karena kamu telah mendengar --Firman kebenaran, yaitu --INJIL keselamatanmu--di dalam Dia kamu juga, ketika kamu percaya, --dimeteraikan dengan --Roh Kudus, yang dijanjikan-Nya itu. -  Dan Roh Kudus itu adalah --jaminan bagian kita sampai kita memperoleh seluruhnya, yaitu penebusan yang menjadikan kita milik Allah, untuk memuji kemuliaan-Nya. (Efesus 1:13-14)

- Sebab Dia yang telah meneguhkan kami bersama-sama dengan kamu di dalam Kristus, adalah Allah yang telah mengurapi, --memeteraikan-- tanda milik-Nya atas kita dan yang --memberikan --Roh Kudus di dalam hati kita sebagai --jaminan dari semua yang telah disediakan untuk kita. (2 Korintus 1:21-22)

Dan --pengharapan tidak mengecewakan, karena --kasih Allah telah dicurahkan di dalam --hati kita oleh --Roh Kudus yang telah --dikaruniakan kepada kita. (Roma 5:5)

- Aku berdoa supaya Ia, menurut kekayaan kemuliaan-Nya, --menguatkan dan --meneguhkan kamu oleh --Roh-Nya (Roh Kudus)-- di dalam batinmu, sehingga oleh --imanmu-- Kristus --diam di dalam hatimu dan kamu --berakar serta --berdasar di dalam kasih.

- Aku berdoa, supaya kamu bersama-sama dengan --segala orang kudus dapat --memahami, betapa --lebarnya dan --panjangnya dan --tingginya dan --dalamnya --kasih Kristus, dan dapat --mengenal kasih itu, sekalipun ia --melampaui segala --pengetahuan.

- Aku berdoa, supaya kamu --dipenuhi di dalam seluruh --kepenuhan Allah. - Bagi Dialah, yang dapat melakukan --jauh lebih banyak dari pada yang kita --doakan atau --pikirkan, seperti yang ternyata dari --kuasa yang bekerja di dalam kita, bagi Dialah kemuliaan di dalam jemaat dan di dalam Kristus Yesus turun-temurun sampai selama-lamanya. Amin. (Efesus 3:16-21)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar