Sabtu, 23 Agustus 2014

*RASUL DAN NABI TUHAN TIDAK AKAN PERNAH SALAH DAN GAGAL DALAM BERNUBUAT*


1. *RASUL DAN NABI TUHAN DENGAN KUASA ROH KUDUS TIDAK AKAN PERNAH SALAH DAN GAGAL DALAM BERNUBUAT - KARENA ROH KUDUS YANG AKAN MEMBERITAKAN KEPADANYA HAL-HAL YANG AKAN DATANG*


Tetapi apabila Ia (Roh Kudus) datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan --memimpin kamu ke dalam --seluruh kebenaran--; sebab Ia (Roh Kudus) --tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang --didengar-Nya itulah yang akan --dikatakan-Nya dan Ia (Roh Kudus) akan --memberitakan-- kepadamu --hal-hal yang --akan datang.

Ia (Roh Kudus) akan --memuliakan Aku (Yesus), sebab Ia akan --memberitakan-- kepadamu apa yang --diterimanya dari pada-Ku.


Segala sesuatu yang BAPA punya, adalah Aku punya; sebab itu Aku berkata: Ia (Roh Kudus) akan --memberitakan-- kepadamu apa yang --diterimanya dari pada-Ku." (Yohanes 16: 13-15)

2. *ALLAH MENETAPKAN BEBERAPA ORANG DALAM JEMAAT SEBAGAI RASUL-NABI-PENGAJAR - DAN ALLAH MEMBERIKAN KARUNIA-KARUNIA ROH KEPADA MEREKA - UNTUK MEMPERLENGKAPI PEKERJAAN BAGI PELAYANAN DAN PEMBANGUNAN TUBUH KRISTUS*


Kamu semua adalah --tubuh Kristus-- dan kamu masing-masing adalah anggotanya. Dan --Allah telah menetapkan beberapa orang dalam Jemaat: --pertama sebagai Rasul--, --kedua sebagai Nabi--, --ketiga sebagai pengajar--. Selanjutnya mereka yang --mendapat karunia untuk --mengadakan mujizat, untuk --menyembuhkan, untuk --melayani, untuk --memimpin, dan untuk --berkata-kata dalam bahasa roh. Adakah mereka semua --rasul, atau --nabi, atau --pengajar? Adakah mereka semua mendapat karunia untuk mengadakan mujizat, atau untuk menyembuhkan, atau untuk berkata-kata dalam bahasa roh, atau untuk menafsirkan bahasa roh? Jadi berusahalah untuk memperoleh --karunia-karunia yang paling utama--. Dan aku menunjukkan kepadamu --jalan yang lebih utama lagi. (1 Korintus 12:27-31)


Ia (Yesus) yang --telah turun, Ia juga yang --telah naik --jauh lebih tinggi dari pada --semua langit, untuk --memenuhkan segala sesuatu. Dan Ialah (Yesus) yang memberikan baik-- rasul-rasul maupun --nabi-nabi, baik --pemberita-pemberita Injil maupun --gembala-gembala dan --pengajar-pengajar, untuk memperlengkapi --orang-orang kudus-- bagi pekerjaan pelayanan, bagi pembangunan tubuh Kristus, sampai kita semua telah mencapai --kesatuan iman dan pengetahuan yang benar-- tentang Anak Allah, --kedewasaan penuh--, dan --tingkat pertumbuhan yang sesuai dengan kepenuhan Kristus--, sehingga kita bukan lagi anak-anak, yang --diombang-ambingkan oleh --rupa-rupa angin pengajaran, oleh --permainan palsu manusia dalam kelicikan mereka yang menyesatkan--, tetapi dengan-- teguh berpegang kepada kebenaran-- di dalam kasih kita bertumbuh di dalam segala hal ke arah Dia, --Kristus, yang adalah Kepala--. Dari pada-Nyalah seluruh tubuh, --yang rapih tersusun dan diikat menjadi satu oleh pelayanan semua bagiannya, sesuai dengan kadar pekerjaan tiap-tiap anggota--menerima pertumbuhannya dan membangun dirinya dalam kasih. (Efesus 4:10-16)

3. *JANGANLAH PADAMKAN ROH DAN JANGANLAH ANGGAP RENDAH NUBUAT-NUBUAT - UJILAH SEGALA SESUATU DAN PENGANGLAH YANG BAIK - KEJARLAH KASIH ITU DAN USAHAKANLAH DIRIMU MEMPEROLEH KARUNIA-KARUNIA ROH - TERUTAMA KARUNIA UNTUK BERNUBUAT*


--Janganlah padamkan Roh, dan --janganlah anggap rendah --nubuat-nubuat--. --Ujilah segala sesuatu dan --peganglah yang baik. --Jauhkanlah dirimu dari segala jenis kejahatan. --Semoga Allah damai sejahtera --menguduskan kamu seluruhnya dan semoga --roh, --jiwa dan --tubuhmu terpelihara --sempurna dengan --tak bercacat pada kedatangan Yesus Kristus, Tuhan kita. (1 Tesalonika 5:19-23)


--Kejarlah kasih itu dan --usahakanlah dirimu memperoleh --karunia-karunia Roh--, terutama --karunia untuk bernubuat--. Siapa yang berkata-kata dengan bahasa roh, tidak berkata-kata kepada manusia, tetapi kepada Allah. Sebab tidak ada seorangpun yang mengerti bahasanya; oleh Roh ia mengucapkan hal-hal yang rahasia.


Tetapi siapa yang --bernubuat, ia berkata-kata kepada manusia, ia --membangun, --menasihati dan --menghibur. Siapa yang berkata-kata dengan bahasa roh, ia membangun dirinya sendiri, tetapi siapa yang bernubuat, ia membangun Jemaat. Aku suka, supaya kamu semua berkata-kata dengan bahasa roh, tetapi lebih dari pada itu, supaya kamu bernubuat.
Sebab orang yang --bernubuat lebih berharga dari pada orang yang berkata-kata dengan bahasa roh, --kecuali kalau orang itu juga --menafsirkannya, sehingga Jemaat dapat dibangun. Jadi, saudara-saudara, jika aku datang kepadamu dan berkata-kata dengan bahasa roh, apakah gunanya itu bagimu, jika aku tidak menyampaikan kepadamu --penyataan Allah atau --pengetahuan atau --nubuat atau --pengajaran? (1 Korintus 14:1-6)

4. *ROH KUDUS ADALAH KEPENUHAN ALLAH DALAM YESUS KRISTUS YANG MELAMPAUI SEGALA PENGETAHUAN - YANG DAPAT MELAKUKAN JAUH LEBIH BANYAK DARI PADA YANG KITA DOAKAN ATAU PIKIRKAN - SEPERTI YANG TERNYATA DARI KUASA YANG BEKERJA DI DALAM KITA*


Itulah sebabnya aku sujud kepada Bapa, yang dari pada-Nya semua turunan yang di dalam sorga dan di atas bumi menerima nama-Nya..


Aku berdoa supaya Ia, menurut kekayaan kemuliaan-Nya, menguatkan dan meneguhkan kamu --oleh Roh-Nya (Roh Kudus)-- di dalam batinmu, sehingga --oleh imanmu Kristus diam di dalam hatimu-- dan kamu --berakar serta --berdasar di dalam --kasih.


Aku berdoa, supaya kamu bersama-sama dengan segala orang kudus dapat memahami, betapa --lebarnya dan --panjangnya dan --tingginya dan --dalamnya --kasih Kristus, dan dapat mengenal --kasih itu, sekalipun ia --melampaui segala pengetahuan--.


Aku berdoa, supaya kamu --dipenuhi di dalam seluruh --kepenuhan Allah--. Bagi Dialah, yang dapat melakukan --jauh lebih banyak dari pada yang kita --doakan atau --pikirkan, seperti yang ternyata dari --kuasa yang bekerja di dalam kita, bagi Dialah kemuliaan di dalam jemaat dan di dalam Kristus Yesus turun-temurun sampai selama-lamanya. Amin. (Efesus 3:14-21)

5. *JANGANLAH PERCAYA AKAN SETIAP ROH TETAPI UJILAH ROH-ROH ITU - DAN ROH YANG ADA PADAMU LEBIH BESAR DARI PADA ROH YANG ADA DI DALAM DUNIA - NABI-NABI PALSU BERBICARA TENTANG HAL-HAL DUNIAWI DAN DUNIA MENDENGARKAN MEREKA*


Saudara-saudaraku yang kekasih, --janganlah percaya akan setiap roh--, tetapi --ujilah roh-roh itu--, apakah mereka berasal dari Allah; sebab banyak --nabi-nabi palsu-- yang telah muncul dan pergi ke seluruh dunia. Demikianlah kita --mengenal Roh Allah: setiap roh yang mengaku, bahwa Yesus Kristus telah datang sebagai manusia, berasal dari Allah (menuruti Perintah Yesus), dan --setiap roh, yang tidak mengaku Yesus, tidak berasal dari Allah. --Roh itu adalah --roh antikristus dan tentang dia telah kamu dengar, bahwa ia akan datang dan sekarang ini ia sudah ada di dalam dunia.


Kamu berasal dari Allah, anak-anakku, dan kamu telah --mengalahkan --nabi-nabi palsu-- itu; sebab --Roh yang ada di dalam kamu, --lebih besar dari pada roh yang ada di dalam dunia. Mereka (nabi-nabi palsu) berasal dari dunia; sebab itu mereka --berbicara tentang --hal-hal duniawi-- dan --dunia mendengarkan mereka. Kami berasal dari Allah: barangsiapa --mengenal Allah--, ia mendengarkan kami; barangsiapa tidak berasal dari Allah, ia tidak mendengarkan kami. Itulah tandanya Roh kebenaran dan roh yang menyesatkan. (1 Yohanes 4:1-6)


Dan inilah --tandanya, bahwa kita --mengenal Allah--, yaitu jikalau kita --menuruti perintah-perintah-Nya (Perintah Yesus). Barangsiapa berkata: Aku mengenal Dia, tetapi ia --tidak menuruti perintah-Nya, ia adalah --seorang pendusta-- dan di dalamnya --tidak ada kebenaran--. Tetapi barangsiapa --menuruti firman-Nya (Firman Kristus)--, di dalam orang itu sungguh sudah --sempurna kasih Allah--; dengan itulah kita ketahui, bahwa kita ada di dalam Dia. Barangsiapa mengatakan, bahwa ---ia ada di dalam Dia (Yesus)--, ia --wajib hidup sama seperti Kristus telah hidup--. (1 Yohanes 2:1-6)

6. *BUKAN SETIAP ORANG YANG BERSERU YESUS TUHAN DAN YANG MENGADAKAN MUJIZAT AKAN MASUK KE DALAM KERAJAAN SORGA - MELAINKAN HANYA ORANG YANG MELAKUKAN KEHENDAK BAPA DI SORGA YAITU YANG MELAKUKAN PERINTAH DAN PERKATAAN YESUS/ FIRMAN KRISTUS*


Sebab segala --Firman yang Engkau sampaikan kepada-Ku --telah Kusampaikan kepada mereka dan mereka telah --menerimanya. Mereka tahu benar-benar, bahwa Aku datang dari pada-Mu, dan mereka --percaya, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku. --Aku berdoa untuk mereka. --Bukan untuk dunia Aku berdoa--, tetapi untuk mereka, yang telah Engkau berikan kepada-Ku, sebab mereka adalah milik-Mu dan segala milik-Ku adalah milik-Mu dan milik-Mu adalah milik-Ku, dan Aku telah dipermuliakan di dalam mereka. (Yohanes 17:8-10))


Bukan setiap orang yang --berseru kepada-Ku: --Tuhan, Tuhan! akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga, melainkan dia yang melakukan --kehendak Bapa-Ku yang di sorga.
Pada hari terakhir banyak orang akan --berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan, bukankah kami --bernubuat demi nama-Mu, dan --mengusir setan demi nama-Mu, dan --mengadakan banyak --mujizat demi nama-Mu juga? Pada waktu itulah Aku akan berterus terang kepada mereka dan berkata: --Aku tidak pernah mengenal kamu! --Enyahlah dari pada-Ku, kamu sekalian --pembuat kejahatan!" (Matius 7:21-23)

7. *WASPADALAH TELAH BANGKIT BANYAK ANTIKRISTUS KE SELURUH DUNIA - MEMANG MEREKA BERASAL DARI ANTARA KITA TETAPI MEREKA TIDAK SUNGGUH-SUNGGUH TERMASUK PADA KITA - SETIAP ORANG YANG BERBUAT KEBENARAN (FIRMAN KRISTUS) LAHIR DARI PADA ALLAH*


Anak-anakku, waktu ini adalah waktu yang terakhir, dan seperti yang telah kamu dengar, --seorang antikristus-- akan datang, sekarang --telah bangkit banyak antikristus--. Itulah tandanya, bahwa waktu ini benar-benar adalah waktu yang terakhir. Memang --mereka berasal dari antara kita--, --tetapi --mereka tidak sungguh-sungguh termasuk pada kita--; sebab jika mereka sungguh-sungguh termasuk pada kita, niscaya mereka tetap bersama-sama dengan kita. Tetapi hal itu terjadi, supaya menjadi nyata, bahwa --tidak semua mereka sungguh-sungguh termasuk pada kita--. Tetapi kamu telah beroleh --pengurapan dari Yang Kudus--, dan dengan demikian kamu semua mengetahuinya. Aku menulis kepadamu, bukan karena kamu tidak mengetahui kebenaran, tetapi justru karena kamu mengetahuinya dan karena kamu juga mengetahui, bahwa --tidak ada dusta yang berasal dari kebenaran--.


Siapakah --pendusta itu? Bukankah dia yang menyangkal bahwa --Yesus adalah Kristus? Dia itu adalah antikristus, yaitu --dia yang menyangkal baik Bapa maupun Anak--. Sebab barangsiapa menyangkal Anak, ia juga tidak memiliki Bapa. Barangsiapa mengaku Anak, ia juga memiliki Bapa. Dan kamu, --apa yang telah kamu dengar dari mulanya, itu --harus tetap tinggal di dalam kamu. Jika apa yang telah kamu --dengar dari mulanya itu --tetap tinggal di dalam kamu, maka kamu akan --tetap tinggal di dalam Anak dan di dalam Bapa.


Dan inilah janji yang telah dijanjikan-Nya sendiri kepada kita, yaitu hidup yang kekal. Semua itu kutulis kepadamu, yaitu mengenai orang-orang yang berusaha menyesatkan kamu. Sebab di dalam diri kamu tetap ada pengurapan yang telah kamu terima dari pada-Nya. Karena itu tidak perlu kamu diajar oleh orang lain. Tetapi sebagaimana pengurapan-Nya mengajar kamu tentang segala sesuatu--dan pengajaran-Nya itu benar, tidak dusta--dan sebagaimana Ia dahulu telah mengajar kamu, demikianlah hendaknya kamu tetap tinggal di dalam Dia.
Maka sekarang, anak-anakku, tinggallah di dalam Kristus, supaya apabila Ia menyatakan diri-Nya, kita beroleh --keberanian percaya dan --tidak usah malu terhadap Dia pada hari kedatangan-Nya. Jikalau kamu tahu, bahwa Ia adalah benar, kamu harus tahu juga, bahwa --setiap orang, yang berbuat --kebenaran, lahir dari pada-Nya. (1 Yohanes 2:18-29)


Apakah sebabnya kamu tidak --mengerti bahasa-Ku? Sebab kamu --tidak dapat menangkap firman-Ku. --Iblislah yang menjadi bapamu-- dan kamu ingin melakukan --keinginan-keinginan bapamu. Ia (iblis) adalah --pembunuh manusia sejak semula dan tidak hidup dalam kebenaran, sebab di dalam dia tidak ada kebenaran. --Apabila ia berkata dusta, ia berkata atas kehendaknya sendiri, sebab ia adalah --pendusta-- dan --bapa segala dusta--.
Tetapi karena Aku mengatakan kebenaran kepadamu, kamu tidak percaya kepada-Ku. Siapakah di antaramu yang membuktikan bahwa Aku berbuat dosa? Apabila Aku mengatakan kebenaran, mengapakah kamu tidak percaya kepada-Ku? --Barangsiapa berasal dari Allah, ia mendengarkan firman Allah--; --itulah sebabnya kamu --tidak mendengarkannya, karena kamu --tidak berasal dari Allah." (Yohanes 8:43-47)


8. *WASPADALAH TELAH BANYAK MUNCUL PENYESAT DAN PERGI KE SELURUH DUNIA - MEREKA TIDAK TINGGAL DI DALAM AJARAN KRISTUS TETAPI MELANGKAH KELUAR DARI FIRMAN KRISTUS - MEREKA MENGIKUTI ROH-ROH PENYESAT DAN AJARAN SETAN-SETAN (DUNIAWI)*


Dan inilah kasih itu, yaitu bahwa kita harus hidup menurut perintah-Nya. Dan inilah perintah itu, yaitu bahwa kamu harus hidup di dalam kasih, sebagaimana telah kamu dengar dari mulanya. Sebab banyak penyesat telah muncul dan pergi ke seluruh dunia, yang tidak mengaku, bahwa Yesus Kristus telah datang sebagai manusia. Itu adalah si penyesat dan antikristus. 


Waspadalah, supaya kamu jangan kehilangan apa yang telah kami kerjakan itu, tetapi supaya kamu mendapat upahmu sepenuhnya. Setiap orang yang tidak tinggal di dalam ajaran Kristus, tetapi yang melangkah keluar dari situ, tidak memiliki Allah. Barangsiapa tinggal di dalam ajaran itu, ia memiliki Bapa maupun Anak. Jikalau seorang datang kepadamu dan ia tidak membawa ajaran ini, janganlah kamu menerima dia di dalam rumahmu dan janganlah memberi salam kepadanya. Sebab barangsiapa memberi salam kepadanya, ia mendapat bagian dalam perbuatannya yang jahat. (2 Yohanes 1:6-11)


Tetapi Roh dengan tegas mengatakan bahwa di waktu-waktu kemudian, ada orang yang akan murtad lalu mengikuti --roh-roh penyesat dan --ajaran setan-setan, oleh --tipu daya pendusta-pendusta yang --hati nuraninya memakai cap mereka. (1 Timotius 4:1-2)


Tetapi barangsiapa --menyesatkan salah satu dari --anak-anak kecil ini yang percaya kepada-Ku, lebih baik baginya jika sebuah batu kilangan diikatkan pada lehernya lalu ia ditenggelamkan ke dalam laut.  --Celakalah dunia dengan segala --penyesatannya: memang --penyesatan harus ada, tetapi --celakalah orang yang mengadakannya. 


Jika tanganmu atau kakimu --menyesatkan engkau, penggallah dan buanglah itu, karena lebih baik bagimu masuk ke dalam hidup dengan tangan kudung atau timpang dari pada dengan utuh kedua tangan dan kedua kakimu dicampakkan ke dalam api kekal. Dan jika matamu --menyesatkan engkau, cungkillah dan buanglah itu, karena lebih baik bagimu masuk ke dalam hidup dengan bermata satu dari pada dicampakkan ke dalam api neraka dengan bermata dua.  Ingatlah, jangan menganggap rendah seorang dari anak-anak kecil ini. Karena Aku berkata kepadamu: Ada malaikat mereka di sorga yang selalu memandang wajah Bapa-Ku yang di sorga. (Matius 18:7-10)


9. *WASPADALAH TERHADAP RASUL-RASUL PALSU YANG MENYAMAR SEBAGAI RASUL-RASUL KRISTUS - HAL ITU TIDAK USAH MENGHERANKAN SEBAB IBLISPUN MENYAMAR SEBAGAI MALAIKAT TERANG  - RASUL-RASUL PALSU ITU MERAMPOK DAN MENGHISAP SERTA MEMPERHAMBAKAN JEMAAT - SEDANGKAN RASUL-RASUL KRISTUS MELAYANI DENGAN CUMA-CUMA SERTA MENGALAMI BANYAK PENDERITAAN DAN KESENGSARAAN*


Apakah aku berbuat salah, jika aku merendahkan diri untuk meninggikan kamu, karena aku --memberitakan Injil Allah kepada kamu dengan cuma-cuma? Jemaat-jemaat lain telah kurampok dengan menerima tunjangan dari mereka, supaya aku dapat melayani kamu! Dan ketika aku dalam kekurangan di tengah-tengah kamu, aku tidak menyusahkan seorangpun, sebab apa yang kurang padaku, dicukupkan oleh saudara-saudara yang datang dari Makedonia. Dalam segala hal aku menjaga diriku, supaya jangan menjadi beban bagi kamu, dan aku akan tetap berbuat demikian. Demi kebenaran Kristus di dalam diriku, aku tegaskan, bahwa kemegahanku itu tidak akan dirintangi oleh siapapun di daerah-daerah Akhaya.Mengapa tidak? Apakah karena aku tidak mengasihi kamu? Allah mengetahuinya. 


Tetapi apa yang kulakukan, akan tetap kulakukan untuk mencegah mereka yang mencari kesempatan guna menyatakan, bahwa mereka sama dengan kami dalam hal yang dapat dimegahkan.--Sebab orang-orang itu adalah rasul-rasul palsu--, --pekerja-pekerja curang--, yang menyamar sebagai --rasul-rasul Kristus--.  Hal itu tidak usah mengherankan, --sebab Iblispun menyamar sebagai malaikat Terang--. Jadi bukanlah suatu hal yang ganjil, jika pelayan-pelayannya menyamar sebagai pelayan-pelayan kebenaran. Kesudahan mereka akan setimpal dengan perbuatan mereka. Kuulangi lagi: jangan hendaknya ada orang yang menganggap aku bodoh. 


Dan jika kamu juga menganggap demikian, terimalah aku sebagai orang bodoh supaya akupun boleh bermegah sedikit. Apa yang aku katakan, aku mengatakannya bukan sebagai seorang yang berkata menurut firman Tuhan, melainkan sebagai seorang bodoh yang berkeyakinan, bahwa ia boleh bermegah. Karena banyak orang yang bermegah secara duniawi, aku mau bermegah juga.Sebab kamu suka sabar terhadap orang bodoh, karena kamu begitu bijaksana: karena kamu sabar, jika orang memperhambakan kamu, jika orang menghisap kamu, jika orang menguasai kamu, jika orang berlaku angkuh terhadap kamu, jika orang menampar kamu. Dengan sangat malu aku harus mengakui, bahwa dalam hal semacam itu kami terlalu lemah. Tetapi jika orang-orang lain berani membanggakan sesuatu, maka akupun--aku berkata dalam kebodohan--berani juga! Apakah mereka orang Ibrani? Aku juga orang Ibrani! Apakah mereka orang Israel? Aku juga orang Israel. Apakah mereka keturunan Abraham? Aku juga keturunan Abraham! Apakah mereka pelayan Kristus? --aku berkata seperti orang gila--aku lebih lagi! 


 Aku lebih banyak berjerih lelah; lebih sering di dalam penjara; didera di luar batas; kerap kali dalam bahaya maut. Lima kali aku disesah orang Yahudi, setiap kali empat puluh kurang satu pukulan, tiga kali aku didera, satu kali aku dilempari dengan batu, tiga kali mengalami karam kapal, sehari semalam aku terkatung-katung di tengah laut. Dalam perjalananku aku sering diancam bahaya banjir dan bahaya penyamun, bahaya dari pihak orang-orang Yahudi dan dari pihak orang-orang bukan Yahudi; bahaya di kota, bahaya di padang gurun, bahaya di tengah laut, dan bahaya dari pihak saudara-saudara palsu. 


Aku banyak berjerih lelah dan bekerja berat; kerap kali aku tidak tidur; aku lapar dan dahaga; kerap kali aku berpuasa, kedinginan dan tanpa pakaian, dan, dengan tidak menyebut banyak hal lain lagi, urusanku sehari-hari, yaitu untuk memelihara semua jemaat-jemaat.Jika ada orang merasa lemah, tidakkah aku turut merasa lemah? Jika ada orang tersandung, tidakkah hatiku hancur oleh dukacita? Jika aku harus bermegah, maka aku akan bermegah atas kelemahanku. Allah, yaitu Bapa dari Yesus, Tuhan kita, yang terpuji sampai selama-lamanya, tahu, bahwa aku tidak berdusta. Di Damsyik wali negeri raja Aretas menyuruh mengawal kota orang-orang Damsyik untuk menangkap aku.Tetapi dalam sebuah keranjang aku diturunkan dari sebuah tingkap ke luar tembok kota dan dengan demikian aku terluput dari tangannya. (2 Korintus 11:7-33)


Jadi, karena KRISTUS telah menderita --penderitaan badani, kamupun harus juga --mempersenjatai dirimu dengan ---pikiran yang demikian, --karena barangsiapa telah --menderita penderitaan badani, ia telah --berhenti berbuat dosa--, supaya waktu yang sisa jangan kamu pergunakan menurut --keinginan manusia, tetapi --menurut kehendak ALLAH. (1 Petrus 4:1-2)

10. *WASPADALAH TERHADAP NABI-NABI PALSU YANG DATANG KEPADAMU DENGAN MENYAMAR SEBAGAI DOMBA - TETAPI SESUNGGUHNYA MEREKA ADALAH SERIGALA YANG BUAS - MEREKA MENGADAKAN TANDA-TANDA DAN DAN MUJIZAT-MUJIZAT UNTUK MENYESATKAN ORANG-ORANG PILIHAN - DARI BUAHNYALAH (BUAH ROH) KAMU AKAN MENGENAL MEREKA*


Waspadalah terhadap --nabi-nabi palsu-- yang datang kepadamu dengan --menyamar seperti domba--, tetapi sesungguhnya mereka adalah --serigala yang buas--. Dari buahnyalah (buah roh) kamu akan mengenal mereka. Dapatkah orang memetik buah anggur dari semak duri atau buah ara dari rumput duri?  Demikianlah setiap pohon yang baik menghasilkan buah yang baik, sedang pohon yang tidak baik menghasilkan buah yang tidak baik Tidak mungkin pohon yang baik itu menghasilkan buah yang tidak baik, ataupun pohon yang tidak baik itu menghasilkan buah yang baik. Dan setiap pohon yang tidak menghasilkan --buah yang baik (buah Roh)--, --pasti ditebang dan dibuang ke dalam api--.  --Jadi dari buahnyalah (buah roh) kamu akan mengenal mereka--. (Matius 7:15-20)


Pada waktu itu kamu akan diserahkan supaya disiksa, dan kamu akan dibunuh dan akan dibenci semua bangsa oleh karena nama-Ku, dan banyak orang akan murtad dan mereka akan saling menyerahkan dan saling membenci. --Banyak --nabi palsu-- akan muncul dan --menyesatkan banyak orang. Dan karena makin bertambahnya --kedurhakaan, maka --kasih kebanyakan orang akan menjadi dingin--.Tetapi orang yang bertahan sampai pada kesudahannya akan selamat. (Matius 24:9-13)


Pada waktu itu jika orang berkata kepada kamu: Lihat, Mesias ada di sini, atau: Lihat, Mesias ada di sana, jangan kamu percaya.  Sebab Mesias-mesias palsu dan --nabi-nabi palsu akan muncul dan mereka akan --mengadakan tanda-tanda-- dan --mujizat-mujizat dengan maksud, sekiranya mungkin, --menyesatkan orang-orang pilihan. --Hati-hatilah kamu! Aku sudah terlebih dahulu mengatakan semuanya ini kepada kamu." (Markus 13:21-23)


Tetapi --buah Roh-- ialah: --kasih, --sukacita, --damai sejahtera, --kesabaran, --kemurahan, --kebaikan, --kesetiaan, --kelemahlembutan, --penguasaan diri. Tidak ada hukum yang menentang hal-hal itu. Barangsiapa menjadi --milik Kristus Yesus--, ia telah --menyalibkan daging-- dengan --segala hawa nafsu dan keinginannya--. Jikalau kita --hidup oleh Roh--, baiklah hidup kita juga --dipimpin oleh Roh--, dan --janganlah kita gila hormat, --janganlah kita --saling menantang dan --saling mendengki. (Galatia 5:22-26)

Tetapi kamu tidak hidup --dalam daging--, melainkan --dalam Roh--, jika memang --Roh Allah diam di dalam kamu--. Tetapi jika orang --tidak memiliki Roh Kristus--, --ia bukan milik Kristus--. (Roma 8:9)

11. *WASPADALAH TERHADAP  GURU-GURU PALSU YANG ADA DI ANTARA KAMU - MEREKA AKAN MEMASUKKAN PENGAJARAN-PENGAJARAN SESAT YANG MEMBINASAKAN (DUNIAWI) - MEREKA MEMIKAT ORANG-ORANG YANG LEMAH  SERTA SUKA MENERIMA UPAH DAN SANGAT SERAKAH*

Sebagaimana --nabi-nabi palsu-- dahulu tampil di tengah-tengah umat Allah, demikian pula di antara kamu akan ada --guru-guru palsu--. --Mereka akan memasukkan --pengajaran-pengajaran sesat-- yang --membinasakan--, bahkan mereka akan --menyangkal Penguasa yang telah menebus mereka dan dengan jalan demikian segera mendatangkan kebinasaan atas diri mereka. --Banyak orang akan mengikuti --cara hidup mereka yang dikuasai hawa nafsu--, dan karena mereka --Jalan Kebenaran-- akan dihujat. --Dan --karena serakahnya guru-guru palsu itu-- akan berusaha --mencari untung-- dari kamu dengan --ceritera-ceritera isapan jempol mereka. --Tetapi untuk perbuatan mereka itu hukuman telah lama tersedia dan kebinasaan tidak akan tertunda. 


Sebab jikalau Allah tidak menyayangkan malaikat-malaikat yang berbuat dosa tetapi melemparkan mereka ke dalam neraka dan dengan demikian menyerahkannya ke dalam gua-gua yang gelap untuk menyimpan mereka sampai hari penghakiman;  dan jikalau Allah tidak menyayangkan dunia purba, tetapi hanya menyelamatkan Nuh, pemberita kebenaran itu, dengan tujuh orang lain, ketika Ia mendatangkan air bah atas dunia orang-orang yang fasik; dan jikalau Allah membinasakan kota Sodom dan Gomora dengan api, dan dengan demikian memusnahkannya dan menjadikannya suatu peringatan untuk mereka yang hidup fasik di masa-masa kemudian, tetapi Ia menyelamatkan Lot, orang yang benar, yang terus-menerus menderita oleh cara hidup orang-orang yang tak mengenal hukum dan yang hanya mengikuti hawa nafsu mereka saja, --sebab orang benar ini tinggal di tengah-tengah mereka dan setiap hari melihat dan mendengar perbuatan-perbuatan mereka yang jahat itu, sehingga jiwanya yang benar itu tersiksa-- maka nyata, bahwa --Tuhan tahu menyelamatkan orang-orang saleh dari pencobaan-- dan --tahu menyimpan orang-orang jahat untuk disiksa pada hari penghakiman--, terutama mereka yang --menuruti hawa nafsunya karena ingin --mencemarkan diri dan yang --menghina pemerintahan Allah. 

Mereka begitu --berani dan angkuh--, sehingga tidak segan-segan --menghujat kemuliaan, padahal malaikat-malaikat sendiri, yang sekalipun lebih kuat dan lebih berkuasa dari pada mereka, tidak memakai kata-kata hujat, kalau malaikat-malaikat menuntut hukuman atas mereka di hadapan Allah. --Tetapi mereka itu sama dengan hewan yang tidak berakal, sama dengan binatang yang hanya dilahirkan untuk ditangkap dan dimusnahkan. Mereka menghujat apa yang tidak mereka ketahui, sehingga oleh perbuatan mereka yang jahat mereka sendiri akan binasa seperti binatang liar,  dan akan mengalami nasib yang buruk sebagai upah kejahatan mereka. --Berfoya-foya pada siang hari, mereka anggap kenikmatan. Mereka adalah kotoran dan noda, yang mabuk dalam hawa nafsu mereka kalau mereka duduk makan minum bersama-sama dengan kamu. --Mata mereka penuh nafsu zinah dan mereka tidak pernah jemu berbuat dosa. --Mereka memikat orang-orang yang lemah. Hati mereka telah terlatih dalam keserakahan. --Mereka adalah orang-orang yang terkutuk! Oleh karena mereka telah meninggalkan jalan yang benar, maka tersesatlah mereka, lalu mengikuti jalan Bileam, anak Beor, yang suka menerima upah untuk perbuatan-perbuatan yang jahat.  --Tetapi Bileam beroleh peringatan keras untuk kejahatannya, sebab keledai beban yang bisu berbicara dengan suara manusia dan mencegah kebebalan nabi itu. 


Guru-guru palsu itu adalah --seperti mata air yang kering, seperti kabut yang dihalaukan taufan; bagi mereka telah tersedia tempat dalam kegelapan yang paling dahsyat. --Sebab mereka mengucapkan kata-kata yang congkak dan hampa dan mempergunakan hawa nafsu cabul untuk memikat orang-orang yang baru saja melepaskan diri dari mereka yang hidup dalam kesesatan. --Mereka menjanjikan kemerdekaan kepada orang lain, padahal mereka sendiri adalah hamba-hamba kebinasaan, karena siapa yang dikalahkan orang, ia adalah hamba orang itu. --Sebab jika mereka, oleh pengenalan mereka akan Tuhan dan Juruselamat kita, Yesus Kristus, telah melepaskan diri dari kecemaran-kecemaran dunia, tetapi terlibat lagi di dalamnya, maka akhirnya keadaan mereka lebih buruk dari pada yang semula. --Karena itu bagi mereka adalah lebih baik, jika mereka tidak pernah mengenal Jalan Kebenaran dari pada mengenalnya, tetapi kemudian berbalik dari perintah kudus yang disampaikan kepada mereka.  --Bagi mereka cocok apa yang dikatakan peribahasa yang benar ini: "Anjing kembali lagi ke muntahnya, dan babi yang mandi kembali lagi ke kubangannya." (2 Petrus 2: 1-22)


12. *RASUL PAULUS BERNUBUAT - BAHWA PELAYARAN MEREKA AKAN MENDATANGKAN KESUKARAN DAN KERUGIAN BESAR DAN MEMBAHAYAKAN NYAWA MEREKA - DAN HAL ITU BENAR TERJADI AKIBAT DATANGNYA ANGIN BADAI TIMUR*


Saudara-saudara, aku lihat, bahwa --pelayaran kita akan mendatangkan --kesukaran-kesukaran dan--kerugian besar, bukan saja --bagi muatan dan kapal, tetapi juga --bagi nyawa kita. --Tetapi perwira itu --lebih percaya kepada jurumudi dan nakhoda dari pada kepada perkataan Paulus. --Karena pelabuhan itu tidak baik untuk tinggal di situ selama musim dingin, maka kebanyakan dari mereka --lebih setuju untuk berlayar terus dan mencoba mencapai kota Feniks untuk tinggal di situ selama musim dingin. Kota Feniks adalah sebuah pelabuhan pulau Kreta, yang terbuka ke arah barat daya dan ke arah barat laut.Pada waktu itu angin sepoi-sepoi bertiup dari selatan. Mereka menyangka, bahwa maksud mereka sudah tentu akan tercapai. Mereka membongkar sauh, lalu berlayar dekat sekali menyusur pantai Kreta.


Tetapi tidak berapa lama kemudian turunlah dari arah pulau itu angin badai, yang disebut --angin "Timur Laut"--. Kapal itu dilandanya dan tidak tahan menghadapi angin haluan. Karena itu kami menyerah saja dan membiarkan kapal kami terombang-ambing. Kemudian kami hanyut sampai ke pantai sebuah pulau kecil bernama Kauda, dan di situ dengan susah payah kami dapat menguasai sekoci kapal itu. Dan setelah sekoci itu dinaikkan ke atas kapal, mereka memasang alat-alat penolong dengan meliliti kapal itu dengan tali. Dan karena takut terdampar di beting Sirtis, mereka menurunkan layar dan membiarkan kapal itu terapung-apung saja. Karena kami sangat hebat diombang-ambingkan angin badai, maka pada keesokan harinya mereka mulai membuang muatan kapal ke laut. (Kisah Para Rasul 27:10-18)


13. *RASUL PAULUS BERNUBUAT - BAHWA MEREKA SEMUA YANG DI DALAM KAPAL AKAN SELAMAT - DAN TIDAK SEORANGPUN DI ANTARA MEREKA AKAN KEHILANGAN SEHELAIPUN DARI RAMBUT KEPALANYA - DEMIKIANLAH AKHIRNYA MEREKA SEMUA SELAMAT NAIK KEDARAT*


Karena itu aku menasihati kamu, supaya kamu makan dahulu. Hal itu perlu untuk keselamatanmu. --Tidak seorangpun di antara kamu akan --kehilangan sehelaipun dari rambut kepalanya." Sesudah berkata demikian, ia mengambil roti, mengucap syukur kepada Allah di hadapan semua mereka, memecah-mecahkannya, lalu mulai makan. Maka kuatlah hati semua orang itu, dan merekapun makan juga.Jumlah kami semua yang di kapal itu dua ratus tujuh puluh enam jiwa.


Setelah makan kenyang, mereka membuang muatan gandum ke laut untuk meringankan kapal itu. Dan ketika hari mulai siang, mereka melihat suatu teluk yang rata pantainya. Walaupun mereka tidak mengenal daratan itu, mereka memutuskan untuk sedapat mungkin mendamparkan kapal itu ke situ. Mereka melepaskan tali-tali sauh, lalu meninggalkan sauh-sauh itu di dasar laut. Sementara itu mereka mengulurkan tali-tali kemudi, memasang layar topang, supaya angin meniup kapal itu menuju pantai. Tetapi mereka melanggar busung pasir, dan terkandaslah kapal itu. Haluannya terpancang dan tidak dapat bergerak dan buritannya hancur dipukul oleh gelombang yang hebat.


Pada waktu itu prajurit-prajurit bermaksud untuk membunuh tahanan-tahanan, supaya jangan ada seorangpun yang melarikan diri dengan berenang. Tetapi perwira itu ingin menyelamatkan Paulus. Karena itu ia menggagalkan maksud mereka, dan memerintahkan, supaya orang-orang yang pandai berenang lebih dahulu terjun ke laut dan naik ke darat, dan supaya orang-orang lain menyusul dengan mempergunakan papan atau pecahan-pecahan kapal. --Demikianlah mereka semua --selamat naik ke darat. (Kisah Para Rasul 27:34-44)

14. *TUHAN BERFIRMAN MELALUI NABI SAMUEL - MENOLAK SAUL MENJADI RAJA ISRAEL - TETAPI MEMILIH DAN MENGURAPI DAUD MENJADI RAJA ISRAEL*


Berfirmanlah TUHAN kepada Samuel: "Berapa lama lagi engkau berdukacita karena Saul? Bukankah ia telah Kutolak sebagai raja atas Israel? Isilah tabung tandukmu dengan minyak dan pergilah. Aku mengutus engkau kepada Isai, orang Betlehem itu, sebab di antara anak-anaknya telah Kupilih seorang raja bagi-Ku." Tetapi Samuel berkata: "Bagaimana mungkin aku pergi? Jika Saul mendengarnya, ia akan membunuh aku." 
Firman TUHAN: "Bawalah seekor lembu muda dan katakan: Aku datang untuk mempersembahkan korban kepada TUHAN. Kemudian undanglah Isai ke upacara pengorbanan itu, lalu Aku akan memberitahukan kepadamu apa yang harus kauperbuat. Urapilah bagi-Ku orang yang akan Kusebut kepadamu."


Samuel berbuat seperti yang difirmankan TUHAN dan tibalah ia di kota Betlehem. Para tua-tua di kota itu datang mendapatkannya dengan gemetar dan berkata: "Adakah kedatanganmu ini membawa selamat?" Jawabnya: "Ya, benar! Aku datang untuk mempersembahkan korban kepada TUHAN. Kuduskanlah dirimu, dan datanglah dengan daku ke upacara pengorbanan ini." Kemudian ia menguduskan Isai dan anak-anaknya yang laki-laki dan mengundang mereka ke upacara pengorbanan itu. Ketika mereka itu masuk dan Samuel melihat Eliab, lalu pikirnya: "Sungguh, di hadapan TUHAN sekarang berdiri yang diurapi-Nya."


Tetapi berfirmanlah TUHAN kepada Samuel: "Janganlah pandang parasnya atau perawakan yang tinggi, sebab Aku telah menolaknya. Bukan yang --dilihat manusia yang dilihat Allah; --manusia melihat apa yang di depan --mata, tetapi TUHAN melihat --hati."
Lalu Isai memanggil Abinadab dan menyuruhnya lewat di depan Samuel, tetapi Samuel berkata: "Orang inipun tidak dipilih TUHAN."Kemudian Isai menyuruh Syama lewat, tetapi Samuel berkata: "Orang inipun tidak dipilih TUHAN."Demikianlah Isai menyuruh ketujuh anaknya lewat di depan Samuel, tetapi Samuel berkata kepada Isai: "Semuanya ini tidak dipilih TUHAN."


Lalu Samuel berkata kepada Isai: "Inikah anakmu semuanya?" Jawabnya: "Masih tinggal yang bungsu, tetapi sedang --menggembalakan kambing domba." Kata Samuel kepada Isai: "Suruhlah memanggil dia, sebab kita tidak akan duduk makan, sebelum ia datang ke mari."
Kemudian disuruhnyalah menjemput dia. Ia kemerah-merahan, matanya indah dan parasnya elok. 


Lalu TUHAN berfirman: "Bangkitlah, urapilah dia, sebab inilah dia."Samuel mengambil tabung tanduk yang berisi minyak itu dan --mengurapi Daud di tengah-tengah saudara-saudaranya. Sejak hari itu dan seterusnya berkuasalah Roh TUHAN atas Daud. Lalu berangkatlah Samuel menuju Rama. (1 Samuel 16:1-13)

15. *PERTARUNGAN ANTARA NABI ELIA (NABI TUHAN) DAN NABI BAAL (NABI PALSU) - DAN KEMENANGAN ADA PADA NABI ELIA*


Pada zaman pemerintahan Raja Ahab atas Kerajaan Utara (Israel) (874-852 SM), kehidupan umat Tuhan jauh dari Tuhan. Izebel, puteri Raja Etbaal, raja orang Sidon, yang dipersunting Ahab menjadi isterinya, merupakan penyembah berhala, yaitu menyembah Baal dan Asyera. Kata “Baal” sendiri berarti “tuan,” merupakan dewa kesuburan orang Kanaan dan bangsa-bangsa di sekitarnya. Sedangkan “Asyera” adalah dewi kesuburuan yang dipercaya sebagai isteri Baal.


Ahab ikut menyembah baal. Ia membuat mezbah untuk Bal di kuil baal yang didirikannya di Samaria, ibukota kerajaan Israel. Sesudah itu Ahab membuat patung Asyera, dan Ahab melanjutkan bertindak demikian, sehingga ia menimbulkan sakit hati Tuhan, Allah Israel, lebih dari semua raja-raja Israel yang mendahuluinya (1 Raja-Raja 16:32-22).


Nabi Elia yang melayani Tuhan pada masa itu diutus oleh Tuhan untuk menantang --450 nabi Baal-- dan --400 nabi Asyera-- di Gunung Karmel (1 Raja-Raja 18:19). Bentuk tantangannya adalah barang siapa yang bisa mengirimkan api dari langit dan membakar lembu korban persembahan, maka dialah Allah yang hidup, Allah yang sejati. Tantangan itu disambut baik oleh para nabi berhala tersebut. Mereka diberi kesempatan terlebih dahulu. Merek aberseru kepada dewa Baal, tetapi tidak ada jawaban.


Nabi Elia mengejek mereka dengan mengatakan agar mereka berseru semakin keras, mungkin saja dewa Baal sedang merenung, atau ada urusan, atau sedang bepergian, atau sedang tidur. Bahkan para nabi Baal itu mulai menorah diri mereka dengan pedang dan tombak, seperti kebiasaan mereka saat beribadah kepada dewa Baal, sampai mereka kerasukan, namun tetap … tidak ada suara, tidak ada yang menjawab, tidak ada tanda perhatian! (1 Raja-Raja 18:25-29).


Akhirnya tibalah giliran Elia. Ia berseru kepada Yahweh (TUHAN), Allah Abraham, Ishak dan Yakub, dan Ia pun menjawab dengan api dari langit yang menyambar habis korban persembahan Elia. Akhirnya umat Israel sadar, bahwa TUHAN-lah Allah yang hidup. Mereka pun akhirnya berseru, “TUHAN, Dialah Allah! TUHAN, Dialah Allah!” (1 Raja-Raja 18:39).


Beberapa waktu kemudian Ahab mati dalam peperangan dan darahnya dijilat anjing (1 Raja 22:34-38), Izebel mati dijatuhkan dari jendela istananya, mayatnya terinjak-injak sehingga tubuhnya tidak utuh lagi karena sebagian besar dimakan anjing (2 Raja-Raja 9:30-36).
Sedangkan Nabi Elia tidak mengalami kematian. Ia diangkat hidup-hidup ke sorga (2 Raja 2:1-12). Ada beberapa langkah penting yang dilakukan oleh Elia sehingga ia memperoleh kemenangan dalam peperangan rohani itu, sebagaimana dijelaskan dalam Kitab (1 Raja-Raja 18:30-39)





Tidak ada komentar:

Posting Komentar