Kamis, 21 Agustus 2014

APAKAH KASIH KARUNIA ITU ?


1. *KASIH KARUNIA ADALAH KASIH ALLAH YANG DICURAHKAN  DI DALAM HATI ORANG PERCAYA DAN MENGASIHI YESUS - OLEH ROH KUDUS KARENA IMAN KEPADA YESUS - AGAR SUPAYA DIMAMPUKAN MELAKUKAN SEGALA PERINTAH YESUS *

Sebab itu, kita yang --dibenarkan karena --iman, kita hidup dalam --damai sejahtera dengan ALLAH oleh karena TUHAN kita, YESUS KRISTUS.

Oleh Dia kita juga beroleh --jalan masuk oleh --iman kepada --kasih karunia-- ini.  Di dalam --kasih karunia-- ini kita --berdiri dan kita --bermegah dalam --pengharapan akan menerima --kemuliaan Allah. Dan bukan hanya itu saja. Kita malah --bermegah juga dalam --kesengsaraan kita, karena kita tahu, bahwa --kesengsaraan itu menimbulkan --ketekunan, dan --ketekunan menimbulkan --tahan uji dan --tahan uji menimbulkan --pengharapan. Dan --pengharapan tidak mengecewakan, karena --kasih Allah-- telah dicurahkan di dalam --hati kita oleh --Roh Kudus-- yang telah --dikaruniakan-- kepada kita. (Roma 5:1-5)

Sebab adalah --kasih karunia--, jika seorang karena sadar akan --kehendak Allah (Perintah Yesus)-- --menanggung penderitaan-- yang tidak harus ia tanggung.  Sebab dapatkah disebut pujian, jika kamu --menderita pukulan karena kamu --berbuat dosa? Tetapi jika kamu --berbuat baik dan karena itu kamu --harus menderita, maka itu adalah --kasih karunia-- pada Allah.  Sebab untuk itulah kamu dipanggil, karena --Kristuspun telah menderita untuk kamu dan telah --meninggalkan teladan bagimu, supaya kamu --mengikuti jejak-Nya.

Ia (Yesus) tidak berbuat dosa, dan tipu tidak ada dalam mulut-Nya. Ketika Ia dicaci maki, Ia tidak membalas dengan mencaci maki; ketika Ia menderita, Ia tidak mengancam, tetapi Ia menyerahkannya kepada Dia, yang menghakimi dengan adil. Ia sendiri telah memikul dosa kita di dalam tubuh-Nya di kayu salib, --supaya kita, yang telah mati terhadap dosa, --hidup untuk kebenaran (Perintah Yesus)--. Oleh bilur-bilur-Nya kamu telah sembuh. Sebab dahulu kamu --sesat seperti domba, tetapi sekarang kamu telah kembali kepada --gembala dan pemelihara jiwamu. (1 Petrus 2:19-25)


2. *ORANG PERCAYA DAN MENGASIHI YESUS  DISELAMATKAN OLEH KASIH KARUNIA ALLAH - OLEH KARENA IMAN KEPADA YESUS KRISTUS - HAL ITU BUKANLAH MERUPAKAN HASIL USAHA TETAPI PEMBERIAN ALLAH*

Tetapi Allah yang kaya dengan rahmat, oleh karena --kasih-Nya-- yang besar, yang dilimpahkan-Nya kepada kita,  telah menghidupkan kita bersama-sama dengan Kristus, sekalipun kita telah mati oleh kesalahan-kesalahan kita --oleh kasih karunia kamu diselamatkan-- dan di dalam Kristus Yesus.

Ia telah membangkitkan kita juga dan memberikan tempat bersama-sama dengan Dia di sorga, dan di dalam Kristus Yesus, supaya pada masa yang akan datang.  Ia menunjukkan kepada kita kekayaan --kasih karunia-Nya-- yang melimpah-limpah sesuai dengan kebaikan-Nya terhadap kita dalam Kristus Yesus.

 Sebab karena --kasih karunia-- kamu diselamatkan --oleh iman; itu --bukan hasil usahamu, tetapi --pemberian Allah,  itu --bukan hasil pekerjaanmu: jangan ada orang yang memegahkan diri. Karena kita ini buatan Allah, --diciptakan dalam Kristus Yesus-- untuk melakukan pekerjaan baik, yang dipersiapkan Allah sebelumnya. Ia mau, supaya kita --hidup di dalamnya. (Efesus 2:4-10)


3. *TANPA IMAN TIDAK MUNGKIN ORANG BERKENAN KEPADA ALLAH - IMAN BEKERJA SAMA DENGAN PERBUATAN DAN OLEH PERBUATAN ITU IMAN MENJADI SEMPURNA - YAITU PERBUATAN-PERBUATAN YANG MENURUTI PERINTAH YESUS*

Tetapi --tanpa iman-- tidak mungkin orang --berkenan kepada Allah. Sebab barangsiapa berpaling kepada Allah, ia harus percaya bahwa Allah ada, dan bahwa Allah memberi --upah kepada orang yang --sungguh-sungguh mencari Dia. (Ibrani 11:6)

Demikian juga halnya dengan --iman--: Jika --iman itu tidak disertai --perbuatan, maka --iman itu pada hakekatnya adalah --mati. Tetapi mungkin ada orang berkata: "Padamu ada iman dan padaku ada perbuatan", aku akan menjawab dia: "Tunjukkanlah kepadaku imanmu itu tanpa perbuatan, dan aku akan menunjukkan kepadamu imanku dari perbuatan-perbuatanku."

Engkau percaya, bahwa hanya ada satu Allah saja? Itu baik! Tetapi --setan-setanpun-- juga percaya akan hal itu dan mereka gemetar. Hai manusia yang bebal, maukah engkau mengakui sekarang, bahwa --iman tanpa perbuatan adalah --iman yang kosong? Bukankah Abraham, bapa kita, dibenarkan karena perbuatan-perbuatannya, ketika ia mempersembahkan Ishak, anaknya, di atas mezbah?  Kamu lihat, bahwa --iman bekerjasama dengan --perbuatan-perbuatan dan oleh --perbuatan-perbuatan itu --iman menjadi sempurna-- (Yakobus 2:17-22).

Janganlah kamu menjadi --serupa dengan --dunia ini, tetapi --berubahlah oleh --pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat --membedakan manakah kehendak Allah: --apa yang baik, yang --berkenan kepada Allah dan yang --sempurna. (Perintah Yesus)

Berdasarkan --kasih karunia-- yang dianugerahkan kepadaku, aku berkata kepada setiap orang di antara kamu: Janganlah kamu --memikirkan hal-hal yang lebih tinggi dari pada yang patut kamu pikirkan, tetapi hendaklah kamu berpikir begitu rupa, sehingga kamu menguasai diri menurut-- ukuran iman--, yang dikaruniakan Allah kepada kamu masing-masing. (Roma 12:2-3)


4. *ROH KUDUS ADALAH KASIH KARUNIA ALLAH KEPADA ORANG PERCAYA DAN MENGASIHI YESUS - YANG AKAN MEMBERIKAN PERTOLONGAN - AGAR DIMAMPUKAN MENURUTI SEGALA PERINTAH YESUS*

Jikalau kamu --mengasihi Aku, kamu akan --menuruti segala perintah-Ku.  Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang --Penolong yang lain (Roh Kudus), supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya, yaitu Roh Kebenaran. Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu. Aku tidak akan meninggalkan kamu sebagai yatim piatu. Aku datang kembali kepadamu. (Yohanes 14:15-18)

Barangsiapa --memegang perintah-Ku dan --melakukannya, dialah yang --mengasihi Aku. Dan barangsiapa mengasihi Aku, ia akan dikasihi oleh Bapa-Ku dan Akupun akan mengasihi dia dan akan menyatakan diri-Ku kepadanya." (Yohanes 14:21)

Jawab Yesus: "Jika seorang --mengasihi Aku, ia akan --menuruti firman-Ku dan Bapa-Ku akan mengasihi dia dan Kami akan datang kepadanya dan diam bersama-sama dengan dia. (Yohanes 14:23)


5. *ROH KUDUS ADALAH KASIH KARUNIA ALLAH KEPADA ORANG PERCAYA DAN MENGASIHI YESUS - YANG AKAN MENGAJARKAN DAN MENGINGATKAN SEGALA PERINTAH YESUS - SERTA MEMBERIKAN DAMAI SEJAHTERA*

Tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan --mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan --mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu. Damai sejahtera Kutinggalkan bagimu. Damai sejahtera-Ku Kuberikan kepadamu, dan apa yang Kuberikan tidak seperti yang diberikan oleh dunia kepadamu. Janganlah gelisah dan gentar hatimu. (Yohanes 14:26-27)

Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya kamu akan --menangis dan --meratap, tetapi dunia akan bergembira; kamu akan --berdukacita, tetapi dukacitamu akan berubah menjadi sukacita. (Yohanes 16:20)

Semuanya itu Kukatakan kepadamu, supaya kamu beroleh --damai sejahtera dalam Aku. Dalam dunia kamu --menderita penganiayaan--, tetapi kuatkanlah hatimu, Aku telah mengalahkan dunia." (Yohanes 16:33)


6. *ROH KUDUS ADALAH KASIH KARUNIA ALLAH KEPADA ORANG PERCAYA DAN MENGASIHI YESUS - YANG AKAN MENGINSAFKAN DUNIA AKAN DOSA - AKAN KEBENARAN -  DAN AKAN PENGHAKIMAN*

Namun benar yang Kukatakan ini kepadamu: Adalah lebih berguna bagi kamu, jika Aku pergi. Sebab jikalau Aku tidak pergi, Penghibur (Roh Kudus) itu tidak akan datang kepadamu, tetapi jikalau Aku pergi, Aku akan mengutus Dia kepadamu.  Dan kalau Ia datang, Ia akan --menginsafkan dunia akan --dosa, --kebenaran dan --penghakiman;  --akan dosa--, karena mereka tetap tidak percaya kepada-Ku; --akan kebenaran--, karena Aku pergi kepada Bapa dan kamu tidak melihat Aku lagi; --akan penghakiman--, karena penguasa dunia ini telah dihukum. (Yohanes 16:7-11)


7. *ROH KUDUS ADALAH KASIH KARUNIA ALLAH KEPADA ORANG PERCAYA DAN MENGASIHI YESUS - YANG AKAN MEMIMPIN KE DALAM SELURUH KEBENARAN - DAN MEMBERITAKAN HAL-HAL YANG AKAN DATANG - SERTA MEMULIAKAN YESUS*

Tetapi apabila Ia (Roh Kudus) datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan --memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya itulah yang akan dikatakan-Nya dan Ia akan --memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang. Ia akan memuliakan Aku, sebab Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterimanya dari pada-Ku. Segala sesuatu yang Bapa punya, adalah Aku punya; sebab itu Aku berkata: Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterimanya dari pada-Ku." (Yohanes 16:13-15)


8. *ROH KUDUS ADALAH KASIH KARUNIA ALLAH KEPADA ORANG PERCAYA DAN MENGASIHI YESUS - YANG AKAN MEMBERIKAN KUASA UNTUK BERSAKSI TENTANG YESUS DAN KERAJAAN ALLAH*

Jikalau Penghibur yang akan Kuutus dari Bapa datang, yaitu Roh Kebenaran yang keluar dari Bapa, Ia (Roh Kudus) akan bersaksi tentang Aku. Tetapi kamu juga harus --bersaksi, karena kamu dari semula bersama-sama dengan Aku." (Yohanes 15:26-27)

Tetapi kamu akan menerima --kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi --saksi-Ku-- di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi." (Kisah Para Rasul 1:8)


9. *ADALAH KASIH KARUNIA ALLAH KETIKA SEORANG PERCAYA DAN MENGASIHI YESUS DITARIK OLEH BAPA DATANG KEPADA YESUS DAN DIPILIH OLEH YESUS - DAN DIA AKAN DIBANGKITKAN PADA AKHIR ZAMAN*

Tidak ada seorangpun yang --dapat datang kepada-Ku, jikalau ia --tidak ditarik oleh Bapa yang mengutus Aku, dan ia akan Kubangkitkan pada akhir zaman. (Yohanes 6:44)

 Lalu Ia berkata: "Sebab itu telah Kukatakan kepadamu: Tidak ada seorangpun dapat datang kepada-Ku, kalau Bapa tidak --mengaruniakannya kepadanya." (Yohanes 6:65)

Bukan kamu yang --memilih Aku, tetapi Akulah yang --memilih kamu.  Dan Aku telah menetapkan kamu, supaya kamu pergi dan menghasilkan buah dan buahmu itu tetap, supaya apa yang kamu minta kepada Bapa dalam nama-Ku, diberikan-Nya kepadamu. (Yohanes 15:16)


10. *ROH KUDUS ADALAH KEPENUHAN ALLAH DALAM YESUS KRISTUS YANG MELAMPAUI SEGALA PENGETAHUAN - YANG AKAN  DIBERIKAN KEPADA ORANG PERCAYA DAN MENGASIHI YESUS*

Itulah sebabnya aku sujud kepada Bapa, yang dari pada-Nya semua turunan yang di dalam sorga dan di atas bumi menerima nama-Nya..

Aku berdoa supaya Ia, menurut kekayaan kemuliaan-Nya, menguatkan dan meneguhkan kamu --oleh Roh-Nya (Roh Kudus)-- di dalam batinmu, sehingga --oleh imanmu Kristus diam di dalam hatimu-- dan kamu --berakar serta --berdasar di dalam --kasih.

Aku berdoa, supaya kamu bersama-sama dengan segala orang kudus dapat memahami, betapa --lebarnya dan --panjangnya dan --tingginya dan --dalamnya --kasih Kristus, dan dapat mengenal --kasih itu, sekalipun ia --melampaui segala pengetahuan--.

Aku berdoa, supaya kamu --dipenuhi di dalam seluruh --kepenuhan Allah--. Bagi Dialah, yang dapat melakukan --jauh lebih banyak dari pada yang kita --doakan atau --pikirkan, seperti yang ternyata dari kuasa yang bekerja di dalam kita, bagi Dialah kemuliaan di dalam jemaat dan di dalam Kristus Yesus turun-temurun sampai selama-lamanya. Amin. (Efesus 3:14-21)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar