Kamis, 28 Agustus 2014

SIAPAKAH GURU-GURU PALSU ?




1. GURU-GURU PALSU/ PENGAJAR-PENGAJAR PALSU ITU ADALAH ANTIKRISTUS - MEREKA MEMASUKKAN PENGAJARAN-PENGAJARAN SESAT YANG MEMBINASAKAN (HAL-HAL DUNIAWI/ BERKAT DUNIAWI) - MEREKA MENGAJARKAN DAN MEMBERITAKAN SUATU INJIL LAIN DENGAN MEMUTARBALIKKAN INJIL YESUS/ FIRMAN KRISTUS/ INJIL KERAJAAN ALLAH - MEREKA ITU ADALAH ORANG-ORANG TERKUTUK YANG MENUJU KEBINASAAN:

--Celakalah dunia dengan segala penyesatannya--: --memang penyesatan harus ada, tetapi celakalah orang yang mengadakannya--. (Matius 18:7)

Sebagaimana Nabi-Nabi Palsu dahulu tampil di tengah-tengah umat ALLAH, demikian pula di antara kamu akan ada --Guru-Guru Palsu--. --Mereka akan memasukkan --pengajaran-pengajaran sesat-- yang --membinasakan-- (hal-hal duniawi/ berkat duniawi), bahkan mereka akan menyangkal Penguasa yang telah menebus mereka dan dengan jalan demikian segera mendatangkan --kebinasaan atas diri mereka. (2 Petrus 2:1)

Anak-anakku, waktu ini adalah waktu yang terakhir, dan seperti yang telah kamu dengar, seorang --AntiKristus akan datang--, --sekarang telah bangkit banyak AntiKristus--. Itulah tandanya, bahwa waktu ini benar-benar adalah waktu yang terakhir. --Memang mereka berasal dari antara kita--, tetapi --mereka tidak sungguh-sungguh termasuk pada kita--; sebab jika mereka sungguh-sungguh termasuk pada kita, niscaya mereka tetap bersama-sama dengan kita. Tetapi hal itu terjadi, supaya menjadi nyata, bahwa tidak semua mereka sungguh-sungguh termasuk pada kita. (1 Yohanes 2:18-19)

Aku heran, bahwa kamu begitu --lekas berbalik dari pada DIA, yang oleh--kasih karunia KRISTUS telah memanggil kamu, dan --mengikuti --suatu Injil lain--, yang sebenarnya --bukan INJIL--. Hanya ada orang yang --mengacaukan kamu dan yang bermaksud untuk --memutarbalikkan --INJIL KRISTUS--. Tetapi sekalipun kami atau seorang --malaikat dari sorga yang memberitakan kepada kamu --suatu injil yang berbeda-- dengan INJIL yang telah kami beritakan kepadamu--, --terkutuklah dia.

Seperti yang telah kami katakan dahulu, sekarang kukatakan sekali lagi: --jikalau ada orang yang --memberitakan kepadamu --suatu injil--, --yang berbeda dengan apa yang telah kamu terima, --terkutuklah dia--. Jadi bagaimana sekarang: adakah kucari --kesukaan manusia atau --kesukaan Allah? Adakah kucoba --berkenan kepada manusia? --Sekiranya aku masih mau mencoba --berkenan kepada manusia, --maka aku bukanlah hamba Kristus--. (Galatia 1: 6-10)

Jika seorang --mengajarkan --Ajaran lain-- dan --tidak menurut --perkataan sehat-- yakni --Perkataan Tuhan kita Yesus Kristus-- (Firman Kristus/ Injil Yesus) dan --tidak menurut --ajaran yang sesuai dengan ibadah kita--,  ia adalah seorang yang --berlagak tahu padahal --tidak tahu apa-apa. --Penyakitnya ialah --mencari-cari soal dan --bersilat kata, yang menyebabkan --dengki, --cidera, --fitnah, --curiga, --percekcokan antara orang-orang yang tidak lagi --berpikiran sehat dan yang --kehilangan kebenaran, yang --mengira --ibadah itu adalah suatu sumber keuntungan--.  --Memang ibadah itu kalau disertai rasa cukup--,  --memberi keuntungan besar. --Sebab kita tidak membawa sesuatu apa ke dalam dunia-- dan --kitapun tidak dapat membawa apa-apa ke luar--. --Asal ada makanan dan pakaian, cukuplah--.

Tetapi --mereka yang ingin kaya-- --terjatuh ke dalam pencobaan--, --ke dalam jerat-- dan --ke dalam berbagai-bagai --nafsu yang hampa-- dan yang ---mencelakakan--, yang ---menenggelamkan manusia ke dalam --keruntuhan dan --kebinasaan--. Karena --akar segala kejahatan-- ialah --cinta uang--. Sebab oleh --memburu uanglah--  beberapa orang telah --menyimpang dari iman-- dan --menyiksa dirinya dengan berbagai-bagai duka--. (1 Timotius 6:3-10)

Tetapi --celakalah kamu, --hai kamu yang kaya--, karena dalam --kekayaanmu kamu telah memperoleh penghiburanmu--. (Lukas 6:24)

Jadi sekarang hai kamu --orang-orang kaya--, --menangislah dan --merataplah atas --sengsara yang akan menimpa kamu! --Kekayaanmu sudah busuk, dan --pakaianmu telah dimakan ngengat!  --Emas dan perakmu sudah berkarat, dan --karatnya akan menjadi kesaksian terhadap kamu dan akan memakan --dagingmu seperti api. --Kamu telah --mengumpulkan harta-- pada hari-hari yang sedang berakhir. (Yakobus 5:1-3)

Tetapi --Firman Allah-- kepadanya: Hai engkau --orang bodoh--, pada malam ini juga --jiwamu akan diambil dari padamu, dan apa yang telah kausediakan, untuk siapakah itu nanti?  Demikianlah jadinya dengan orang yang mengumpulkan --harta bagi dirinya sendiri, jikalau ia tidak kaya di hadapan Allah." (Lukas 12:20:21)

Janganlah kamu mengumpulkan --harta di bumi--; di bumi ngengat dan karat merusakkannya dan pencuri membongkar serta mencurinya. Tetapi kumpulkanlah bagimu --harta di sorga--; di sorga ngengat dan karat tidak merusakkannya dan pencuri tidak membongkar serta mencurinya. --Karena di mana --hartamu berada, di situ juga --hatimu berada. (Matius 6:19-21)

Seorang hamba --tidak dapat --mengabdi (melayani/ bekerja-BIS) kepada --Dua Tuan--. Karena jika demikian ia akan --membenci yang seorang dan --mengasihi yang lain, atau ia akan --setia kepada yang seorang dan --tidak mengindahkan yang lain. --Kamu tidak dapat mengabdi --kepada Allah dan --kepada Mamon (Uang/ Harta Duniawi)--. Semuanya itu didengar oleh --orang-orang Farisi--, --hamba-hamba uang itu--, dan mereka --mencemoohkan Dia (Yesus). Lalu Ia berkata kepada mereka: "Kamu --membenarkan diri di hadapan orang, tetapi Allah mengetahui --hatimu. Sebab apa yang --dikagumi manusia (Mamon), dibenci oleh Allah. (Lukas 16:13-15)

Peringatkanlah kepada --orang-orang kaya-- di dunia ini agar mereka jangan --tinggi hati dan --jangan berharap pada sesuatu yang tak tentu seperti kekayaan--, --melainkan pada Allah yang dalam kekayaan-Nya memberikan kepada kita segala sesuatu untuk dinikmati.

Peringatkanlah agar mereka itu --berbuat baik, menjadi --kaya dalam kebajikan--, --suka memberi dan --membagi dan dengan demikian --mengumpulkan suatu harta sebagai --dasar yang baik bagi dirinya --di waktu yang akan datang untuk mencapai --hidup yang sebenarnya.

 Hai Timotius, peliharalah apa yang telah dipercayakan kepadamu. --Hindarilah omongan yang --kosong dan yang --tidak suci dan --pertentangan-pertentangan yang --berasal dari apa yang disebut --pengetahuan-- karena ada beberapa orang yang --mengajarkannya dan dengan demikian telah --menyimpang dari iman--. --Kasih karunia menyertai kamu! (1 Timotius 6:17-21)

Tetapi engkau hai --manusia Allah--, --jauhilah semuanya itu,  --kejarlah  --keadilan, --ibadah,  --kesetiaan, --kasih, --kesabaran dan --kelembutan. --Bertandinglah dalam --pertandingan --iman yang benar-- dan --rebutlah --hidup yang kekal--. Untuk itulah engkau telah --dipanggil dan telah engkau --ikrarkan ikrar yang benar di depan banyak saksi. --Di hadapan Allah yang memberikan hidup kepada segala sesuatu dan --di hadapan Kristus Yesus yang telah mengikrarkan --ikrar yang benar itu juga di muka Pontius Pilatus, kuserukan kepadamu: --Turutilah perintah ini (Firman Kristus/ Injil Yesus), dengan --tidak bercacat dan --tidak bercela, --hingga pada saat --Tuhan kita Yesus Kristus-- menyatakan diri-Nya, yaitu saat yang akan ditentukan oleh --Penguasa yang satu-satunya dan yang penuh bahagia, --Raja di atas segala raja-- dan --Tuan di atas segala tuan--. (1 Timotius 6:11-15)


2. GURU-GURU PALSU ITU TIDAK DAPAT MENANGKAP DAN MENGERTI FIRMAN KRISTUS/ INJIL YESUS KARENA MEREKA TIDAK BERASAL DARI ALLAH DAN TIDAK MENGENAL ALLAH - IBLIS-LAH YANG MENJADI BAPANYA YAITU SI PENDUSTA DAN BAPA SEGALA DUSTA - GURU-GURU PALSU ITU TIDAK HIDUP DALAM  KEBENARAN FIRMAN KRISTUS/ INJIL YESUS MELAINKAN MELAKUKAN KEINGINAN-KEINGINAN BAPANYA YAITU PERBUATAN-PERBUATAN DAGING:

Kata YESUS kepada mereka: "Jikalau Allah adalah Bapamu, kamu akan --mengasihi Aku, sebab Aku keluar dan datang dari Allah. Dan Aku datang bukan atas kehendak-Ku sendiri, melainkan Dialah yang mengutus Aku.

Apakah sebabnya kamu --tidak mengerti Bahasa-KU? --Sebab kamu --tidak dapat menangkap Firman-KU (Firman Kristus/ Injil Yesus).  --Iblislah yang menjadi bapamu-- dan kamu ingin melakukan --keinginan-keinginan bapamu (perbuatan daging). --Ia adalah pembunuh manusia sejak semula dan tidak hidup dalam kebenaran--, sebab di dalam dia tidak ada kebenaran. --Apabila ia berkata dusta, ia berkata atas kehendaknya sendiri, sebab ia adalah pendusta dan bapa segala dusta. Tetapi karena Aku mengatakan kebenaran kepadamu, kamu tidak percaya kepada-Ku.  Siapakah di antaramu yang membuktikan bahwa Aku berbuat dosa? Apabila Aku mengatakan kebenaran, mengapakah kamu tidak percaya kepada-Ku? --Barangsiapa berasal dari Allah, ia mendengarkan --Firman Allah--; --itulah sebabnya kamu tidak mendengarkannya, --karena kamu tidak berasal dari Allah." (Yohanes 8:42-47)

Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa --menuruti Firman-KU (Firman Kristus/ Injil Yesus), ia tidak akan mengalami maut sampai selama-lamanya."(Yohanes 8:51)

--Perbuatan daging-- telah nyata, yaitu: --percabulan, --kecemaran, --hawa nafsu, --penyembahan berhala, --sihir, --perseteruan, --perselisihan, --iri hati, --amarah, --kepentingan diri sendiri, --percideraan, --roh pemecah, --kedengkian, --kemabukan, --pesta pora dan sebagainya. Terhadap semuanya itu kuperingatkan kamu--seperti yang telah kubuat dahulu--bahwa barangsiapa melakukan hal-hal yang demikian, ia tidak akan mendapat bagian dalam --Kerajaan Allah--. (Galatia 5:19-21)

Dan inilah tandanya, bahwa kita --mengenal Allah--, yaitu jikalau kita --menuruti  --Perintah-Perintah-Nya. (Perintah Yesus/ Firman Kristus/ Injil Yesus).  Barangsiapa berkata: Aku mengenal Dia (Yesus), tetapi ia tidak menuruti Perintah-Nya, ia adalah seorang --pendusta dan di dalamnya-- tidak ada kebenaran--. Tetapi barangsiapa --menuruti Firman-Nya (Firman Kristus/ Injil Yesus), di dalam orang itu sungguh sudah --sempurna kasih Allah; dengan itulah kita ketahui, bahwa kita ada di dalam Dia (Yesus). --Barangsiapa mengatakan, bahwa ia ada di dalam Dia (Yesus), ia wajib hidup sama seperti Kristus telah hidup--. (1 Yohanes 2:3-6)


3. GURU-GURU PALSU ITU ADALAH ORANG-ORANG SERAKAH YANG BERUSAHA MENCARI UNTUNG DENGAN CERITA-CERITA ISAPAN JEMPOL MEREKA - DAN BANYAK ORANG MENGIKUTI CARA HIDUP MEREKA YANG DIKUASAI HAWA NAFSU - DAN KARENA MEREKA ITU JALAN KEBENARAN (FIRMAN KRISTUS/ INJIL YESUS) AKAN DIHUJAT/ DIHINA:

Banyak orang akan mengikuti --cara hidup-- mereka yang dikuasai hawa nafsu--, dan karena mereka --Jalan Kebenaran akan dihujat--. Dan karena --serakahnya --Guru-Guru Palsu-- itu akan berusaha --mencari untung-- dari kamu dengan --ceritera-ceritera isapan jempol-- mereka. Tetapi untuk perbuatan mereka itu hukuman telah lama tersedia dan kebinasaan tidak akan tertunda. Dan karena --serakahnya Guru-Guru Palsu-- itu akan berusaha mencari untung dari kamu dengan ceritera-ceritera isapan jempol mereka.

Tetapi untuk perbuatan mereka itu --hukuman telah lama tersedia dan --kebinasaan tidak akan tertunda. Sebab jikalau Allah tidak --menyayangkan malaikat-malaikat yang berbuat dosa tetapi --melemparkan mereka ke dalam neraka-- dan dengan demikian --menyerahkannya ke dalam --gua-gua yang gelap-- untuk menyimpan mereka sampai --hari penghakiman--; dan jikalau Allah tidak menyayangkan dunia purba, tetapi hanya menyelamatkan Nuh, pemberita kebenaran itu, dengan tujuh orang lain, ketika Ia mendatangkan air bah atas dunia orang-orang yang fasik; dan jikalau Allah membinasakan kota Sodom dan Gomora dengan api, dan dengan  demikian memusnahkannya dan menjadikannya suatu peringatan untuk mereka yang hidup fasik di masa-masa kemudian,  tetapi Ia menyelamatkan Lot, orang yang benar, yang terus-menerus --menderita oleh cara hidup orang-orang yang tak mengenal hukum dan yang hanya mengikuti hawa nafsu mereka saja, --sebab orang benar ini tinggal di tengah-tengah mereka dan setiap hari melihat dan mendengar perbuatan-perbuatan mereka yang jahat itu, --sehingga jiwanya yang benar itu tersiksa-- maka nyata, bahwa --Tuhan tahu menyelamatkan orang-orang saleh-- dari --pencobaan dan --tahu menyimpan orang-orang jahat-- untuk --disiksa pada hari penghakiman--, --terutama mereka yang --menuruti hawa nafsunya-- karena ingin --mencemarkan diri-- dan yang --menghina pemerintahan Allah (Kerajaan Allah)--.

Mereka begitu --berani dan angkuh--, sehingga tidak segan-segan --menghujat kemuliaan--, padahal malaikat-malaikat sendiri, yang sekalipun lebih kuat dan lebih berkuasa dari pada mereka, tidak memakai kata-kata hujat, kalau malaikat-malaikat menuntut hukuman atas mereka di hadapan Allah. (2 Petrus 2:2-11)


4. GURU-GURU PALSU ITU SAMA DENGAN HEWAN YANG TIDAK BERAKAL - MEREKA MENGHUJAT/ MENGHINA APA YANG TIDAK MEREKA KETAHUI TENTANG INJIL YESUS/ FIRMAN KRISTUS - MEREKA TELAH MENINGGALKAN JALAN YANG BENAR SEHINGGA TERSESAT -  YANG SUKA MENERIMA UPAH ATAS PERBUATAN-PERBUATAN MEREKA YANG JAHAT:

Tetapi mereka (Guru-Guru Palsu) itu --sama dengan hewan yang tidak berakal--, sama dengan binatang yang hanya dilahirkan untuk --ditangkap dan --dimusnahkan. Mereka --menghujat apa yang tidak mereka ketahui, sehingga oleh perbuatan mereka yang jahat mereka sendiri akan binasa seperti binatang liar, dan akan mengalami nasib yang buruk sebagai --upah kejahatan mereka. --Berfoya-foya pada siang hari, mereka anggap kenikmatan--. Mereka adalah --kotoran dan --noda, yang --mabuk dalam --hawa nafsu mereka kalau mereka duduk makan minum bersama-sama dengan kamu.

Mata mereka penuh --nafsu zinah dan mereka tidak pernah jemu --berbuat dosa. Mereka memikat --orang-orang yang lemah. --Hati mereka telah terlatih dalam --keserakahan. --Mereka adalah orang-orang yang terkutuk! Oleh karena mereka telah --meninggalkan jalan yang benar--, maka tersesatlah mereka, lalu mengikuti jalan Bileam, anak Beor, yang suka menerima upah untuk perbuatan-perbuatan yang jahat. Tetapi Bileam beroleh peringatan keras untuk kejahatannya, sebab keledai beban yang bisu berbicara dengan suara manusia dan mencegah kebebalan nabi itu. (2 Petrus 2:12-16)


5. GURU-GURU PALSU ITU MENJANJIKAN KEMERDEKAAN KEPADA ORANG LAIN PADAHAL MEREKA SENDIRI ADALAH HAMBA-HAMBA KEBINASAAN/ HAMBA IBLIS - MEREKA MENGUCAPKAN KATA-KATA YANG CONGKAK DAN HAMPA DAN MEMPERGUNAKAN HAWA NAFSU CABUL UNTUK MEMIKAT ORANG-ORANG YANG BARU SAJA MELEPASKAN DIRI DARI MEREKA YANG HIDUP DALAM KESESATAN:

--Guru-Guru Palsu itu adalah seperti --mata air yang kering--, seperti --kabut yang dihalaukan taufan; bagi mereka telah tersedia tempat dalam --kegelapan yang paling dahsyat. Sebab mereka mengucapkan --kata-kata yang congkak dan --hampa dan mempergunakan --hawa nafsu cabul untuk --memikat orang-orang yang baru saja melepaskan diri dari mereka yang hidup dalam kesesatan. --Mereka menjanjikan kemerdekaan kepada orang lain--, padahal mereka sendiri adalah --hamba-hamba kebinasaan--, --karena siapa yang --dikalahkan orang, ia adalah --hamba orang itu-- (mereka adalah hamba iblis - sebab iblis mengalahkan mereka).

Sebab jika mereka, oleh pengenalan mereka akan Tuhan dan Juruselamat kita, Yesus Kristus, telah ---melepaskan diri dari kecemaran-kecemaran dunia, --tetapi terlibat lagi di dalamnya, maka akhirnya keadaan mereka --lebih buruk dari pada yang semula. --Karena itu bagi mereka adalah lebih baik, jika mereka tidak pernah mengenal Jalan Kebenaran dari pada mengenalnya, tetapi kemudian berbalik dari perintah kudus (Firman Kristus/ Injil Yesus) yang disampaikan kepada mereka. Bagi mereka cocok apa yang dikatakan --peribahasa yang benar ini: "Anjing kembali lagi ke muntahnya, dan babi yang mandi kembali lagi ke kubangannya." (2 Petrus 2:17-22)


6. GURU-GURU PALSU ITU ADALAH PENYESAT DAN ANTIKRISTUS YANG TELAH BANYAK MUNCUL DAN PERGI KESELURUH DUNIA - MEREKA TIDAK MEMILIKI ALLAH SEBAB TIDAK TINGGAL DI DALAM AJARAN KRISTUS (FIRMAN KRISTUS/ INJIL YESUS) TETAPI MELANGKAH KELUAR DARI AJARAN ITU:

Sebab banyak --Penyesat-- telah --muncul dan --pergi ke seluruh dunia--, yang --tidak mengaku, bahwa --Yesus Kristus telah datang sebagai manusia. --Itu adalah si --Penyesat dan AntiKristus--.  Waspadalah, supaya kamu jangan --kehilangan apa yang telah kami kerjakan itu, tetapi supaya kamu mendapat --upahmu sepenuhnya.

Setiap orang yang --tidak tinggal di dalam --Ajaran Kristus (Firman Kristus/ Injil Yesus)--, tetapi yang melangkah keluar dari situ--, --tidak memiliki Allah--. --Barangsiapa tinggal di dalam ajaran itu (Firman Kristus/ Injil Yesus), ia memiliki Bapa maupun Anak--. Jikalau seorang datang kepadamu dan ia tidak membawa ajaran ini (Firman Kristus/ Injil Yesus), --janganlah kamu menerima dia di dalam rumahmu dan --janganlah memberi salam kepadanya. --Sebab barangsiapa --memberi salam kepadanya, --ia mendapat bagian dalam --perbuatannya yang jahat--. (2 Yohanes 1:7-11)


7. GURU-GURU PALSU ITU ADALAH ORANG-ORANG YANG MURTAD YANG MENGIKUTI ROH-ROH PENYESAT DAN AJARAN SETAN-SETAN - OLEH KARENA TIPU DAYA PENDUSTA-PENDUSTA (IBLIS/ SETAN)  - DAN HATI NURANINYA SUDAH GELAP:

Tetapi Roh dengan tegas mengatakan bahwa di waktu-waktu kemudian, --ada orang yang akan --murtad-- lalu mengikuti --roh-roh penyesat-- dan --ajaran setan-setan-- oleh --tipu daya pendusta-pendusta-- yang --hati nuraninya memakai cap mereka (hati nuraninya sudah gelap-BIS)--. Mereka itu melarang orang kawin, melarang orang makan makanan yang diciptakan Allah supaya dengan pengucapan syukur dimakan oleh orang yang percaya dan yang telah mengenal kebenaran. Karena semua yang diciptakan Allah itu baik dan suatupun tidak ada yang haram, jika diterima dengan ucapan syukur,  sebab semuanya itu --dikuduskan oleh Firman Allah dan oleh doa--. Dengan selalu mengingatkan hal-hal itu kepada saudara-saudara kita, engkau akan menjadi seorang --pelayan Kristus Yesus yang baik--, --terdidik dalam soal-soal pokok iman kita-- dan --dalam ajaran sehat (Firman Kristus/ Injil Yesus)-- yang telah kauikuti selama ini. --Tetapi jauhilah takhayul dan dongeng nenek-nenek tua--.

--Latihlah dirimu beribadah--Latihan badani terbatas gunanya, tetapi --ibadah itu berguna dalam segala hal, karena mengandung janji, --baik untuk hidup ini maupun untuk --hidup yang akan datang. Perkataan ini benar dan patut diterima sepenuhnya. --Itulah sebabnya kita --berjerih payah dan --berjuang, karena kita menaruh --pengharapan kita kepada Allah yang hidup--, --Juruselamat semua manusia, terutama mereka yang percaya--. --Beritakanlah (Firman Kristus/ Injil Yesus) dan --ajarkanlah semuanya itu. (1 Timotius 4:1-11)


8. GURU-GURU PALSU ITU MASIH MENGAJARKAN IBADAH DAN PERSEMBAHAN DALAM HUKUM TAURAT DAN KITAB PARA NABI  - DAN SEMUA ORANG YANG HIDUP DARI PEKERJAAN HUKUM TAURAT BERADA DIBAWAH KUTUK - YESUS KRISTUS SEBAGAI IMAM BESAR AGUNG YANG BERTAKHTA DI SORGA MENGHENDAKI PENYEMBAH-PENYEMBAH DALAM ROH DAN KEBENARAN - DAN YESUS TIDAK MENERIMA PERSEMBAHAN MELAINKAN MENGHENDAKI BELAS KASIHAN YAITU AGAR PENGIKUT-NYA SALING MENGASIHI:

Jadi pergilah dan pelajarilah arti Firman ini: --Yang Kukehendaki ialah --Belas Kasihan-- dan --bukan --Persembahan--, karena Aku datang bukan untuk memanggil orang benar, melainkan orang berdosa." (Matius 9:13)

Aku berkata kepadamu: Di sini ada yang --melebihi Bait Allah. Jika memang kamu mengerti maksud Firman ini: --Yang Kukehendaki ialah --belas kasihan-- dan --bukan persembahan--, tentu kamu tidak menghukum orang yang tidak bersalah. --Karena Anak Manusia adalah --Tuhan atas hari Sabat--." (Matius 12:6-8)

--Sembuhkanlah orang sakit; --bangkitkanlah orang mati; --tahirkanlah orang kusta; --usirlah setan-setan. --Kamu telah memperolehnya dengan cuma-cuma--, karena itu --berikanlah pula dengan cuma-cuma--. (Matius 10:8)

Tetapi saatnya akan datang dan sudah tiba sekarang, bahwa --penyembah-penyembah benar-- akan --menyembah Bapa dalam roh dan kebenaran--; sebab Bapa menghendaki penyembah-penyembah demikian. --Allah itu Roh-- dan barangsiapa menyembah Dia, harus menyembah-Nya dalam roh dan kebenaran. (Yohanes 4:23-24)

Maksudku ialah: --hiduplah oleh Roh--, maka kamu --tidak akan menuruti --keinginan daging. Sebab --keinginan daging berlawanan dengan keinginan Roh-- dan --keinginan Roh berlawanan dengan keinginan daging--karena keduanya bertentangan--sehingga kamu setiap kali tidak melakukan apa yang kamu kehendaki. --Akan tetapi jikalau kamu memberi dirimu dipimpin oleh Roh--, --maka kamu tidak hidup di bawah hukum Taurat.--

Karena semua orang, yang --hidup dari pekerjaan hukum Taurat--, --berada di bawah kutuk--. Sebab ada tertulis: "Terkutuklah orang yang tidak setia melakukan segala sesuatu yang tertulis dalam kitab hukum Taurat." Dan bahwa --tidak ada orang yang --dibenarkan di hadapan Allah karena --melakukan hukum Taurat adalah jelas, karena: --"Orang yang benar akan hidup oleh iman."

Tetapi --dasar hukum Taurat bukanlah iman--, melainkan --siapa yang melakukannya, akan hidup karenanya. --Kristus telah menebus kita dari --kutuk hukum Taurat-- dengan jalan menjadi kutuk karena kita--, sebab ada tertulis: "Terkutuklah orang yang digantung pada kayu salib!" Yesus Kristus telah membuat ini, supaya di dalam Dia berkat Abraham sampai kepada bangsa-bangsa lain, sehingga oleh iman kita menerima Roh yang telah dijanjikan itu (Roh Kudus).(Galatia 3:10-14)

--Kamu lepas dari Kristus--, jikalau kamu mengharapkan --kebenaran oleh hukum Taurat--; --kamu hidup di luar kasih karunia--. (Galatia 5:4)

Karena itu, saudara-saudaraku yang kekasih, jauhilah --penyembahan berhala! Aku berbicara kepadamu sebagai orang-orang yang bijaksana. Pertimbangkanlah sendiri apa yang aku katakan! Bukankah cawan pengucapan syukur, yang atasnya kita ucapkan syukur, adalah persekutuan dengan darah Kristus? Bukankah roti yang kita pecah-pecahkan adalah persekutuan dengan tubuh Kristus? Karena-- roti adalah satu--, maka kita, sekalipun banyak, adalah --satu tubuh--, karena kita semua mendapat bagian dalam roti yang satu itu.

Perhatikanlah bangsa Israel menurut daging: --bukankah mereka yang makan apa yang dipersembahkan --mendapat bagian dalam pelayanan mezbah? Apakah yang kumaksudkan dengan perkataan itu? Bahwa persembahan berhala adalah sesuatu? Atau bahwa berhala adalah sesuatu? --Bukan! Apa yang kumaksudkan ialah, bahwa --persembahan mereka adalah persembahan kepada roh-roh jahat--, --bukan kepada Allah--. Dan aku tidak mau, bahwa kamu bersekutu dengan roh-roh jahat. --Kamu tidak dapat minum dari --cawan Tuhan dan juga dari --cawan roh-roh jahat--. --Kamu tidak dapat mendapat bagian dalam --perjamuan Tuhan-- dan juga dalam --perjamuan roh-roh jahat--. (1 Korintus 10:14-22)

Seorang hamba --tidak dapat mengabdi kepada --dua tuan--. Karena jika demikian ia akan membenci yang seorang dan mengasihi yang lain, atau ia akan setia kepada yang seorang dan tidak mengindahkan yang lain. --Kamu tidak dapat mengabdi kepada Allah-- dan --kepada Mamon (uang/ harta)--." Semuanya itu didengar oleh --orang-orang Farisi--, --hamba-hamba uang-- itu, dan mereka --mencemoohkan Dia. --Lalu Ia berkata kepada mereka: "Kamu membenarkan diri di hadapan orang--, tetapi --Allah mengetahui hatimu--. --Sebab apa yang dikagumi manusia (mamon), dibenci oleh Allah--.

--Hukum Taurat-- dan --Kitab Para Nabi-- --berlaku sampai kepada zaman Yohanes--; dan --sejak waktu itu Kerajaan Allah diberitakan dan setiap orang menggagahinya berebut memasukinya. (Lukas 16:13-16)

Namun, karena --kasih karunia yang telah dianugerahkan Allah kepadaku, aku di sana sini dengan agak berani telah menulis kepadamu untuk mengingatkan kamu, yaitu bahwa aku boleh menjadi --pelayan Kristus Yesus-- bagi bangsa-bangsa bukan Yahudi dalam --pelayanan pemberitaan Injil Allah--, supaya bangsa-bangsa bukan Yahudi dapat diterima oleh Allah-- sebagai --persembahan yang berkenan kepada-Nya--, --yang disucikan oleh Roh Kudus--. (Roma 15:15-16)


9. HUKUM TAURAT DENGAN SEGALA PERINTAH DAN KETENTUANNYA (KITAB PARA NABI) TELAH DIBATALKAN OLEH YESUS DENGAN KEMATIAN-NYA SEBAGAI MANUSIA DI KAYU SALIB - DAN SEKARANG KAMU ADALAH BAIT ALLAH DAN BAIT ROH KUDUS DIMANA DI DALAM KAMU DIBANGUN TEMPAT KEDIAMAN ALLAH DI DALAM ROH - DAN JUGA KAMU ADALAH IMAM-IMAM BAGI ALLAH YANG MEMPERSEMBAHKAN TUBUHMU KEPADA ALLAH BUKAN MEMBERIKAN PERSEMBAHAN KEPADA MANUSIA:

Janganlah kamu menyangka, bahwa Aku datang untuk meniadakan hukum Taurat atau kitab para nabi. --Aku datang bukan untuk meniadakannya, melainkan untuk --menggenapinya--. Karena Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya selama belum lenyap langit dan bumi ini, --satu iota atau satu titikpun tidak akan ditiadakan dari hukum Taurat, --sebelum semuanya terjadi (Yesus mati di kayu salib)--. (Matius 5:17-18)

Karena itu ingatlah, bahwa dahulu kamu--sebagai orang-orang bukan Yahudi menurut daging--, yang disebut orang-orang tak bersunat oleh mereka yang menamakan dirinya "sunat", yaitu sunat lahiriah yang dikerjakan oleh tangan manusia, --bahwa waktu itu kamu tanpa Kristus, tidak termasuk kewargaan Israel-- dan --tidak mendapat bagian dalam ketentuan-ketentuan yang dijanjikan, tanpa pengharapan dan tanpa Allah di dalam dunia. --Tetapi sekarang di dalam Kristus Yesus kamu, yang dahulu "jauh", sudah menjadi "dekat" oleh darah Kristus--.

Karena --Dialah damai sejahtera kita, yang telah --mempersatukan kedua pihak dan yang telah --merubuhkan tembok pemisah, yaitu perseteruan, --sebab dengan mati-Nya sebagai manusia-- Ia (Yesus) telah --membatalkan hukum Taurat-- dengan --segala perintah dan ketentuannya--, untuk menciptakan keduanya menjadi satu manusia baru di dalam diri-Nya, dan dengan itu mengadakan damai sejahtera, dan untuk memperdamaikan keduanya, di dalam --satu tubuh, dengan Allah oleh salib, dengan melenyapkan perseteruan pada salib itu.

Ia datang dan memberitakan --damai sejahtera-- kepada kamu yang "jauh" dan --damai sejahtera-- kepada mereka yang "dekat", karena oleh Dia kita kedua pihak dalam satu Roh beroleh jalan masuk kepada Bapa. --Demikianlah --kamu bukan lagi --orang asing dan pendatang, melainkan --kawan sewarga dari orang-orang kudus-- dan --anggota-anggota keluarga Allah--, yang dibangun di atas dasar para rasul dan para nabi, dengan Kristus Yesus sebagai batu penjuru. --Di dalam Dia tumbuh seluruh bangunan, rapih tersusun, menjadi --Bait Allah yang kudus--, --di dalam Tuhan--. Di dalam Dia kamu juga turut dibangunkan menjadi --tempat kediaman Allah--, di dalam Roh--. (Efesus 2:11-22)

Sesuai dengan --kasih karunia Allah--, yang dianugerahkan kepadaku, aku sebagai seorang ahli bangunan yang cakap telah meletakkan dasar, dan orang lain membangun terus di atasnya. --Tetapi tiap-tiap orang harus memperhatikan, bagaimana ia harus membangun di atasnya. --Karena tidak ada seorangpun yang dapat meletakkan dasar lain dari pada --dasar yang telah diletakkan, yaitu Yesus Kristus--. Entahkah orang membangun di atas dasar ini dengan emas, perak, batu permata, kayu, rumput kering atau jerami, sekali kelak pekerjaan masing-masing orang akan nampak. Karena hari Tuhan akan menyatakannya, sebab ia akan nampak dengan api dan bagaimana pekerjaan masing-masing orang akan diuji oleh api itu. Jika pekerjaan yang dibangun seseorang tahan uji, ia akan mendapat upah. Jika pekerjaannya terbakar, ia akan menderita kerugian, tetapi ia sendiri akan diselamatkan, tetapi seperti dari dalam api.

Tidak tahukah kamu, bahwa --kamu adalah --Bait Allah-- dan bahwa --Roh Allah diam di dalam kamu? Jika ada orang yang membinasakan --bait Allah, maka Allah akan membinasakan dia. --Sebab bait Allah adalah kudus dan --Bait Allah itu ialah kamu--. Janganlah ada orang yang menipu dirinya sendiri. --Jika ada di antara kamu yang menyangka dirinya --berhikmat menurut dunia ini, --biarlah ia menjadi bodoh--, supaya ia berhikmat. --Karena hikmat dunia ini adalah kebodohan bagi Allah. Sebab ada tertulis: "Ia yang menangkap orang berhikmat dalam kecerdikannya." (1 Korintus 3:10-19)

Atau tidak tahukah kamu, bahwa --tubuhmu adalah --Bait Roh Kudus-- yang diam di dalam kamu--, --Roh Kudus yang kamu peroleh dari Allah--, --dan bahwa kamu --bukan milik kamu sendiri? --Sebab kamu --telah dibeli dan --harganya telah lunas dibayar: --Karena itu muliakanlah Allah dengan tubuhmu! (1 Korintus 6:19-20)

Bagi Dia (Yesus), yang mengasihi kita dan yang telah melepaskan kita dari dosa kita oleh darah-Nya--dan yang telah --membuat kita menjadi --suatu Kerajaan--, menjadi --Imam-imam bagi ALLAH--, BAPA-Nya, --bagi Dia-lah kemuliaan dan kuasa sampai selama-lamanya. Amin. (Wahyu 1:5b-6)

Dan Engkau telah --membuat mereka menjadi --suatu Kerajaan--, dan menjadi --Imam-imam bagi ALLAH kita--, dan --mereka akan memerintah sebagai raja di bumi (Kerajaan Seribu Tahun)--. (Wahyu 5:10)

Karena itu, saudara-saudara, demi kemurahan Allah aku menasihatkan kamu, --supaya kamu --mempersembahkan --tubuhmu sebagai --persembahan yang hidup--, --yang kudus dan yang berkenan kepada Allah--: --itu adalah ibadahmu yang sejati. (Roma 12:1)


10. MANUSIA AKAN SEMAKIN MENCINTAI DIRINYA SENDIRI DAN MENJADI HAMBA UANG DAN MEMBUAL DAN MENYOMBONGKAN DIRI DAN MEMFITNAH DAN LEBIH MENURUTI HAWA NAFSU DARI PADA MENURUTI ALLAH (FIRMAN KRISTUS/ INJIL YESUS) - MEREKA SECARA LAHIRIAH MENJALANKAN IBADAHNYA TETAPI PADA HAKEKATNYA MEMUNGKIRI KEKUATANNYA (FIRMAN KRISTUS/ INJIL YESUS) - JAUHILAH MEREKA ITU:

Ketahuilah bahwa pada hari-hari terakhir akan datang --masa yang sukar.  --Manusia akan mencintai dirinya sendiri-- dan menjadi --hamba uang--. Mereka akan --membual dan --menyombongkan diri, mereka akan menjadi --pemfitnah, mereka akan --berontak terhadap orang tua dan --tidak tahu berterima kasih, --tidak mempedulikan agama,  --tidak tahu mengasihi, --tidak mau berdamai, --suka menjelekkan orang, --tidak dapat mengekang diri, --garang, --tidak suka yang baik, --suka mengkhianat, --tidak berpikir panjang, --berlagak tahu, --lebih --menuruti hawa nafsu dari pada menuruti Allah. --Secara lahiriah mereka menjalankan ibadah mereka--, tetapi --pada hakekatnya mereka memungkiri kekuatannya--. --Jauhilah mereka itu!

Sebab di antara mereka terdapat orang-orang yang --menyelundup ke rumah orang lain dan --menjerat perempuan-perempuan lemah yang sarat dengan dosa-- dan --dikuasai oleh berbagai-bagai nafsu--, yang walaupun selalu ingin diajar, namun --tidak pernah dapat mengenal kebenaran. Sama seperti Yanes dan Yambres menentang Musa, demikian juga mereka menentang kebenaran. --Akal mereka bobrok dan --iman mereka tidak tahan uji. Tetapi sudah pasti mereka tidak akan lebih maju, karena seperti dalam hal Yanes dan Yambres, --kebodohan merekapun akan nyata bagi semua orang. (2 Timotius 3:1-9)


11. BERITAKANLAH FIRMAN KRISTUS/ INJIL YESUS - SIAP SEDIALAH BAIK ATAU TIDAK BAIK WAKTUNYA - KARENA AKAN DATANG WAKTUNYA ORANG TIDAK DAPAT LAGI MENERIMA AJARAN SEHAT (FIRMAN KRISTUS/ INJIL YESUS) - TETAPI MEREKA AKAN MENGUMPULKAN GURU-GURU MENURUT KEHENDAKNYA UNTUK MEMUASKAN KEINGINAN TELINGANYA - MEREKA MEMALINGKAN TELINGANYA DARI KEBENARAN (INJIL YESUS/ FIRMAN KRISTUS) DAN MEMBUKANYA BAGI DONGENG:

Di hadapan Allah dan Kristus Yesus yang akan --menghakimi orang yang hidup dan yang mati, aku berpesan dengan sungguh-sungguh kepadamu demi --penyataan-Nya (Firman Kristus/ Injil Yesus) dan demi --Kerajaan-Nya (Kerajaan Allah):

Beritakanlah Firman (Firman Kristus/ Injil Yesus), --siap sedialah baik atau tidak baik waktunya--, --nyatakanlah apa yang salah--, --tegorlah-- dan --nasihatilah-- dengan segala --kesabaran dan --pengajaran--.

Karena akan datang waktunya, --orang tidak dapat lagi menerima --ajaran sehat (Injil Yesus/ Firman Kristus)--, tetapi --mereka akan mengumpulkan --guru-guru-- --menurut kehendaknya untuk --memuaskan keinginan telinganya--. Mereka akan --memalingkan telinganya dari kebenaran (Firman Kristus/ Injil Yesus)-- dan --membukanya bagi dongeng--. Tetapi --kuasailah dirimu dalam segala hal, --sabarlah menderita, --lakukanlah pekerjaan pemberita Injil-- dan --tunaikanlah tugas pelayananmu! (2 Timotius 4:1-5)

Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa --murid-Ku dan --baptislah mereka dalam --nama Bapa --dan Anak --dan Roh Kudus--, dan --ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu (Firman Kristus/ Injil Yesus). Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman. (Matius 28:19-20)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar