Jumat, 15 Agustus 2014

*YESUS DAN KERAJAAN ALLAH*


*YESUS ADALAH JALAN DAN KEBENARAN DAN HIDUP DI DALAM KERAJAAN ALLAH UNTUK KEHIDUPAN KEKAL - BUKAN UNTUK KEHIDUPAN DUNIAWI KARENA KERAJAAN DUNIA PENGUASANYA ADALAH IBLIS*

- Kata YESUS kepadanya: "AKU-lah  --JALAN dan  --KEBENARAN dan  --HIDUP. Tidak ada seorangpun yang datang kepada BAPA, kalau tidak melalui AKU. - Sekiranya kamu mengenal AKU, pasti kamu juga mengenal BAPA-KU. Sekarang ini kamu mengenal DIA dan kamu telah melihat DIA." (Yohanes 14:6)

- Tetapi carilah dahulu --KERAJAAN ALLAH dan --KEBENARAN-NYA, maka semuanya itu akan --Ditambahkan kepadamu.- Sebab itu --janganlah kamu kuatir akan hari besok, karena hari besok mempunyai kesusahannya sendiri. Kesusahan sehari cukuplah untuk sehari." (Matius 6:33-34)

*YESUS ADALAH JALAN DAN KEBENARAN DAN HIDUP*

1. YESUS ADALAH JALAN:

- Masuklah melalui Pintu Yang Sesak itu, karena lebarlah Pintu dan luaslah Jalan yang menuju kepada kebinasaan, dan banyak orang yang masuk melaluinya; karena Sesaklah Pintu dan Sempitlah --Jalan yang menuju kepada --Kehidupan, dan --Sedikit Orang yang mendapatinya." (Matius 7:13-14)

- Akulah pintu; barangsiapa masuk melalui Aku, ia akan selamat dan ia akan masuk dan keluar dan menemukan padang rumput. (Yohanes 10:9)

- Jawab Yesus kepada orang-orang di situ: "Berjuanglah untuk masuk melalui Pintu Yang Sesak itu! Sebab Aku berkata kepadamu: Banyak orang akan berusaha untuk masuk, tetapi tidak akan dapat. (Lukas 13:34)

- Lalu Yesus berkata kepada murid-murid-Nya: "Setiap orang yang mau --mengikut-- Aku, ia harus menyangkal dirinya, memikul salibnya dan --mengikut Aku. -Karena barangsiapa mau menyelamatkan nyawanya, ia akan kehilangan nyawanya; tetapi barangsiapa kehilangan nyawanya karena Aku, ia akan memperolehnya. (Matius 16:24-25)

2. YESUS ADALAH KEBENARAN:

- Firman itu telah menjadi Manusia, dan diam di antara kita, dan kita telah melihat kemuliaan-Nya, yaitu kemuliaan yang diberikan kepada-Nya sebagai Anak Tunggal BAPA, penuh --Kasih Karunia dan --Kebenaran. --Yohanes memberi kesaksian tentang Dia dan berseru, katanya: "Inilah Dia, yang kumaksudkan ketika aku berkata: Kemudian dari padaku akan datang Dia yang telah mendahului aku, sebab Dia telah ada sebelum aku."  Karena dari kepenuhan-Nya kita semua telah menerima --kasih karunia demi kasih karunia; sebab hukum Taurat diberikan oleh Musa, tetapi -kasih karunia dan --kebenaran datang oleh Yesus Kristus.  (Yohanes 1:14-17))

- Tetapi sekarang, tanpa hukum Taurat Kebenaran ALLAH telah dinyatakan, seperti yang disaksikan dalam Kitab Taurat dan Kitab-kitab Para Nabi, yaitu Kebenaran ALLAH karena iman dalam YESUS KRISTUS bagi semua orang yang percaya. Sebab tidak ada perbedaan. (Roma 3:21-22)

- Anak-anakku, janganlah membiarkan seorangpun menyesatkan kamu. Barangsiapa yang berbuat --Kebenaran adalah benar, sama seperti KRISTUS adalah Benar; (1 Yohanes 3:7)

- Maka kata Pilatus kepada-Nya: "Jadi Engkau adalah raja?" Jawab Yesus: "Engkau mengatakan, bahwa Aku adalah raja. Untuk itulah Aku lahir dan untuk itulah Aku datang ke dalam dunia ini, supaya Aku memberi kesaksian tentang --kebenaran; setiap orang yang berasal dari --kebenaran mendengarkan suara-Ku." (Yohanes 18:37)

3. YESUS ADALAH HIDUP:

- Karena begitu besar kasih ALLAH akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh --Hidup yang Kekal.
(Yohanes 3:16)

- Barangsiapa percaya kepada Anak, ia beroleh hidup yang kekal, tetapi barangsiapa tidak taat kepada Anak, ia tidak akan melihat hidup, melainkan murka ALLAH tetap ada di atasnya." (Yohanes 3:36)

- Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa mendengar perkataan-Ku dan percaya kepada Dia yang mengutus Aku, ia mempunyai hidup yang kekal dan tidak turut dihukum, sebab ia sudah pindah dari dalam maut ke dalam --hidup--. (Yohanes 5:24)

- Karena roti yang dari ALLAH ialah roti yang turun dari sorga dan yang memberi --Hidup kepada Dunia." -Kata Yesus kepada mereka: "Akulah roti Hidup; barangsiapa datang kepada-Ku, ia tidak akan lapar lagi, dan barangsiapa percaya kepada-Ku, ia tidak akan haus lagi. (Yohanes 6:33-35)

- ROH-lah yang memberi --Hidup, daging sama sekali tidak berguna. Perkataan-perkataan yang Kukatakan kepadamu adalah -Roh dan --Hidup. (Yohanes 6:63)

*KERAJAAN ALLAH DAN KEBENARAN-NYA*

1. KERAJAAN ALLAH SUDAH ADA DI DUNIA INI - DAN ADA DIANTARA KITA - TETAPI TIDAK TERLIHAT KARENA ADA DI DALAM ROH:

- Atas pertanyaan orang-orang Farisi, apabila Kerajaan Allah akan datang, Yesus menjawab, kata-Nya: "Kerajaan Allah datang --tanpa tanda-tanda --lahiriah, juga orang --tidak dapat mengatakan: Lihat, ia ada di sini atau ia ada di sana! --Sebab sesungguhnya Kerajaan Allah ada di antara kamu." (Lukas 17:20-21)

- Tetapi jika Aku mengusir setan dengan kuasa Roh Allah, maka sesungguhnya Kerajaan Allah sudah datang kepadamu. (Matius 12:28)

- Karena itu berdoalah demikian: Bapa kami yang di sorga, Dikuduskanlah nama-Mu, datanglah Kerajaan-Mu, jadilah kehendak-Mu di bumi seperti di sorga. (Matius 6:9-10)

2. UNTUK MENJADI WARGA KERAJAAN ALAH HARUS DILAHIRKAN KEMBALI - DILAHIRKAN DARI DARI AIR DAN ROH - YAITU MENERIMA BAPTISAN AIR (PERTOBATAN) DAN BAPTISAN ROH KUDUS (MENERIMA KUASA):

- YESUS menjawab, kata-NYA: "AKU berkata kepadamu, sesungguhnya jika seorang tidak Dilahirkan Kembali, ia tidak dapat melihat KERAJAAN ALLAH." - Kata Nikodemus kepada-Nya: "Bagaimanakah mungkin seorang dilahirkan, kalau ia sudah tua? Dapatkah ia masuk kembali ke dalam rahim ibunya dan dilahirkan lagi?"

- Jawab Yesus: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika seorang tidak dilahirkan dari air dan Roh, ia tidak dapat masuk ke dalam Kerajaan Allah. -Apa yang dilahirkan dari daging, adalah daging, dan apa yang dilahirkan dari Roh, adalah roh. -Janganlah engkau heran, karena AKU berkata kepadamu: Kamu Harus Dilahirkan Kembali. (Yohanes 3:3-7)

- Maka Yesus memanggil seorang anak kecil dan menempatkannya di tengah-tengah mereka. lalu berkata: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika kamu tidak bertobat dan menjadi seperti anak kecil ini, kamu tidak akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga. -(Matius 18:2-3)

- Tetapi semua orang yang menerima-Nya diberi-Nya kuasa supaya menjadi anak-anak Allah, yaitu mereka yang percaya dalam nama-Nya;
orang-orang yang diperanakkan bukan dari darah atau dari daging, bukan pula secara jasmani oleh keinginan seorang laki-laki, melainkan dari Allah.
(Yohanes 1:12-13)

- Setibanya di situ kedua rasul itu berdoa, supaya orang-orang Samaria itu beroleh Roh Kudus. -Sebab Roh Kudus belum turun di atas seorangpun di antara mereka, karena mereka hanya dibaptis dalam nama Tuhan Yesus.
Kemudian keduanya menumpangkan tangan di atas mereka, lalu mereka menerima Roh Kudus. (Kis 8:15-17)

3. WARGA KERAJAAN ALLAH MENERIMA TIGA TINGKAT BAPTISAN YAITU BAPTISAN AIR - BAPTISAN ROH KUDUS - BAPTISAN API TETAPI KETIGANYA ADALAH SATU:

- Yohanes menjawab dan berkata kepada semua orang itu: "Aku Membaptis kamu dengan AIR, tetapi IA (YESUS) yang lebih berkuasa dari padaku akan datang dan membuka tali kasut-NYA-pun aku tidak layak. IA (YESUS) akan Membaptis kamu dengan ROH KUDUS dan dengan API. (Lukas 3:16)

- Aku membaptis kamu dengan AIR sebagai Tanda Pertobatan, tetapi IA (YESUS) yang datang kemudian dari padaku lebih berkuasa dari padaku dan aku tidak layak melepaskan kasut-NYA. IA (YESUS) akan Membaptiskan kamu dengan ROH KUDUS dan dengan API. (Matius 3:11)

- Dan berusahalah memelihara kesatuan Roh oleh ikatan damai sejahtera: satu tubuh, dan satu Roh, sebagaimana kamu telah dipanggil kepada satu pengharapan yang terkandung dalam panggilanmu, --satu TUHAN, --satu Iman, --satu Baptisan--,  satu ALLAH dan BAPA dari semua, ALLAH yang di atas semua dan oleh semua dan di dalam semua. (Efesus 4:3-6)

3.1.  BAPTISAN AIR OLEH HAMBA TUHAN/ GEREJA - ATAS NAMA BAPA DAN ANAK DAN ROH KUDUS SEBAGAI TANDA PERTOBATAN:

- Aku (Yohanes) membaptis kamu dengan AIR sebagai Tanda Pertobatan, tetapi IA (YESUS) yang datang kemudian dari padaku lebih berkuasa dari padaku dan aku tidak layak melepaskan kasut-NYA. DIA akan membaptiskan kamu dengan ROH KUDUS dan dengan API.(Matius 3:11)

- Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-KU (YESUS) dan Baptislah mereka dalam nama BAPA dan ANAK dan ROH KUDUS.
(Matius 28:19)

- Aku (Yohanes) membaptis kamu dengan AIR, tetapi IA (YESUS) akan membaptis kamu dengan ROH KUDUS." (Markus 1:8)

- Dan akupun tidak mengenal-NYA, tetapi DIA (YESUS), yang mengutus aku untuk membaptis dengan AIR, telah berfirman kepadaku: Jikalau engkau melihat ROH itu turun ke atas seseorang dan tinggal di atas-NYA, DIA-lah (YESUS) itu yang akan membaptis dengan ROH KUDUS. (Yohannes 1:33)

3.2. BAPTISAN ROH KUDUS OLEH TUHAN YESUS UNTUK MENERIMA KUASA DAN MASUK KE DALAM KERAJAAN ALLAH:

- Kata-NYA lagi kepada mereka: "AKU (YESUS) berkata kepadamu, sesungguhnya di antara orang yang hadir di sini ada yang tidak akan mati sebelum mereka melihat bahwa KERAJAAN ALLAH telah datang dengan KUASA (ROH KUDUS)."(-Markus 9:1)

- Pada suatu hari ketika DIA (YESUS) makan bersama-sama dengan mereka, IA melarang mereka meninggalkan Yerusalem, dan menyuruh mereka tinggal di situ menantikan janji BAPA, yang--demikian kata-NYA (YESUS)-- "Telah kamu dengar dari pada-KU., sebab Yohanes Membaptis dengan AIR, tetapi tidak lama lagi kamu akan Dibaptis dengan ROH KUDUS." (Kis 1:4-5)

- Tetapi kamu akan menerima KUASA, kalau ROH KUDUS turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi Saksi-KU di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi." (Kis 1:8)

- Maka penuhlah mereka dengan ROH KUDUS, lalu mereka mulai berkata-kata dalam bahasa-bahasa lain, seperti yang diberikan oleh Roh itu kepada mereka untuk mengatakannya. (Kis 2:4)

- Dan semua orang percaya dari golongan bersunat yang menyertai Petrus, tercengang-cengang, karena melihat, bahwa karunia ROH KUDUS dicurahkan ke atas Bangsa-Bangsa Lain juga. -sebab mereka mendengar orang-orang itu berkata-kata dalam Bahasa Roh dan memuliakan ALLAH. (Kis 10:45-46)

- Maka teringatlah aku akan perkataan TUHAN: Yohanes membaptis dengan AIR, tetapi kamu akan dibaptis dengan ROH KUDUS. (Kis 11:16)

- Jadi jika ALLAH memberikan karunia-NYA kepada mereka sama seperti kepada kita pada waktu kita mulai percaya kepada YESUS KRISTUS, bagaimanakah mungkin aku mencegah DIA?" (Kis 11:17)

- Setibanya di situ kedua rasul itu berdoa, supaya orang-orang Samaria itu beroleh Roh Kudus. -Sebab Roh Kudus belum turun di atas seorangpun di antara mereka, karena mereka hanya dibaptis dalam nama Tuhan Yesus.
Kemudian keduanya menumpangkan tangan di atas mereka, lalu mereka menerima Roh Kudus. (Kis 8:15-17)

- Sebab Dia yang telah meneguhkan kami bersama-sama dengan kamu di dalam Kristus, adalah Allah yang telah mengurapi, --memeteraikan-- tanda milik-Nya atas kita dan yang --memberikan Roh Kudus di dalam hati kita sebagai jaminan dari semua yang telah disediakan untuk kita. (2 Korintus 1:21-22)

- Jadi jika kamu yang jahat tahu memberi pemberian yang baik kepada anak-anakmu, apalagi Bapamu yang di sorga! Ia akan memberikan Roh Kudus kepada mereka yang meminta kepada-Nya." (Lukas 11:13)

3.3. BAPTISAN API UNTUK PENGUDUSAN DAN KESEMPURNAAN DAN PEMURNIAN IMAN MELALUI PENDERITAAN - DENGAN MELAKUKAN PERINTAH YESUS YANG DIPIMPIN OLEH  ROH KUDUS:

- DIA (YESUS) akan Membaptiskan kamu dengan ROH KUDUS dan dengan API.  (Matius 3:11 dan Lukas 3:16)

- Tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu. (Yohanes 14:26)

- Tetapi apabila Ia (Roh Kudus) datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan -memimpin kamu ke dalam seluruh --kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya itulah yang akan dikatakan-Nya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang. (Yohanes 16:13)

- Tetapi kata YESUS kepada mereka: "Kamu tidak tahu apa yang kamu minta. Dapatkah kamu meminum Cawan yang harus KU-minum dan Dibaptis dengan Baptisan yang harus KU-terima?" –Jawab mereka: "Kami dapat." YESUS berkata kepada mereka: "Memang, kamu akan meminum Cawan yang harus KU-minum dan akan --dibaptis dengan Baptisan yang harus KU-terima. (Markus 10:38-39)

- YESUS, yang penuh dengan ROH KUDUS, kembali dari sungai Yordan, lalu dibawa oleh ROH KUDUS ke Padang Gurun.  Di situ IA (YESUS) tinggal empat puluh hari lamanya dan dicobai Iblis. Selama di situ DIA Tidak Makan apa-apa dan sesudah waktu itu DIA Lapar. (Lukas 4:1-2)

- Barangsiapa mengasihi Bapa atau Ibunya Lebih dari pada-KU, ia tidak layak bagi-KU; dan barangsiapa mengasihi Anaknya laki-laki atau perempuan lebih dari pada-KU, ia tidak layak bagi-KU. -Barangsiapa tidak Memikul Salibnya dan mengikut AKU, ia tidak layak bagi-KU. (Matius 10:37-38)

- Jikalau seorang datang kepada-KU dan ia Tidak Membenci Bapanya, Ibunya, Isterinya, Anak-anaknya, Saudara-saudaranya laki-laki atau perempuan, bahkan Nyawanya Sendiri, ia tidak dapat menjadi murid-KU. --Barangsiapa Tidak Memikul Salibnya dan mengikut AKU, ia Tidak dapat menjadi murid-KU. (Lukas 14:26-27)

- Demikian pulalah tiap-tiap orang di antara kamu, yang Tidak Melepaskan dirinya dari Segala Miliknya, Tidak dapat menjadi murid-Ku. (Lukas 14:33)

- Tetapi Aku berkata kepadamu: Kasihilah musuhmu dan berdoalah bagi mereka yang menganiaya kamu.  - Karena dengan demikianlah kamu menjadi anak-anak Bapamu yang di sorga, yang menerbitkan matahari bagi orang yang jahat dan orang yang baik dan menurunkan hujan bagi orang yang benar dan orang yang tidak benar. Karena itu haruslah kamu --sempurna--, sama seperti Bapamu yang di sorga adalah sempurna." (Matius 5:44-48)

- Bangunlah, dan kuatkanlah apa yang masih tinggal yang sudah hampir mati, sebab tidak satupun dari pekerjaanmu AKU dapati sempurna di hadapan ALLAH-KU. (Wahyu 3:2)

- Karena engkau berkata: Aku kaya dan aku telah memperkayakan diriku dan aku tidak kekurangan apa-apa, dan karena engkau tidak tahu, bahwa engkau melarat, dan malang, miskin, buta dan telanjang,  maka Aku menasihatkan engkau, supaya engkau --membeli dari pada-Ku emas yang telah dimurnikan dalam --api, agar engkau menjadi kaya, dan juga pakaian putih, supaya engkau memakainya, agar jangan kelihatan --ketelanjanganmu yang memalukan; dan lagi minyak untuk --melumas matamu, supaya engkau dapat melihat. Barangsiapa KU-Kasihi, ia KU-Tegor dan KU-Hajar; sebab itu Relakanlah Hatimu dan Bertobatlah! (Wahyu 3:17-19)

- Berbahagialah orang yang --bertahan dalam pencobaan, sebab apabila ia sudah --tahan uji, ia akan menerima --mahkota kehidupan yang dijanjikan Allah kepada barangsiapa yang mengasihi Dia. (Yakobus 1:12)

- Bergembiralah akan hal itu, sekalipun sekarang ini kamu seketika harus --berdukacita oleh berbagai-bagai --pencobaan. Maksud semuanya itu ialah untuk membuktikan --kemurnian imanmu--yang jauh lebih tinggi nilainya dari pada emas yang fana, yang diuji kemurniannya dengan --api--sehingga kamu memperoleh puji-pujian dan kemuliaan dan kehormatan pada hari Yesus Kristus menyatakan diri-Nya. (1 Petrus 1:6-7)

- Di tempat itu mereka menguatkan hati murid-murid itu dan menasihati mereka supaya mereka --bertekun di dalam iman, dan mengatakan, bahwa untuk masuk ke dalam --Kerajaan Allah kita harus mengalami banyak sengsara. (Kisah Para Rasul 14:22)

- Hiduplah sebagai anak-anak yang taat dan jangan turuti hawa nafsu yang menguasai kamu pada waktu kebodohanmu,  tetapi hendaklah kamu menjadi --kudus-- di dalam seluruh hidupmu sama seperti Dia yang kudus, yang telah memanggil kamu,  sebab ada tertulis: Kuduslah kamu, sebab Aku kudus. (1 Petrus 1:14-16)

- Sebab aku cemburu kepada kamu dengan cemburu ilahi. Karena aku telah mempertunangkan kamu kepada satu laki-laki untuk membawa kamu sebagai --perawan suci-- kepada Kristus. (2 Korintus.11:2)

- Dan beberapa orang di antara kamu demikianlah dahulu. Tetapi kamu telah memberi dirimu --disucikan, kamu telah --dikuduskan, kamu telah --dibenarkan dalam nama Tuhan Yesus Kristus dan dalam Roh Allah kita. (1 Korintus 6:11)

- Semoga ALLAH damai sejahtera --menguduskan-- kamu seluruhnya dan semoga --Roh, --Jiwa dan --Tubuhmu terpelihara --sempurna dengan --tak bercacat pada kedatangan Yesus Kristus, Tuhan kita. (1 Tesalonika 5:23)

4. PENGIKUT YESUS/ WARGA KERAJAAN ALLAH - HIDUP DI DALAM ROH DAN DIPIMPIN OLEH ROH KUDUS:

- Demikianlah sekarang tidak ada penghukuman bagi mereka yang ada di dalam Kristus Yesus. Roh, yang memberi hidup telah memerdekakan kamu dalam Kristus dari hukum dosa dan hukum maut. Sebab apa yang tidak mungkin dilakukan hukum Taurat karena tak berdaya oleh daging, telah dilakukan oleh Allah. Dengan jalan mengutus Anak-Nya sendiri dalam daging, yang serupa dengan daging yang dikuasai dosa karena dosa, Ia telah menjatuhkan hukuman atas dosa di dalam daging, supaya tuntutan hukum Taurat digenapi di dalam kita, yang tidak hidup menurut daging, tetapi menurut Roh.

- Sebab mereka yang hidup menurut daging, memikirkan hal-hal yang dari daging; mereka yang --hidup menurut Roh, memikirkan hal-hal yang dari Roh. Karena keinginan daging adalah maut, tetapi keinginan Roh adalah hidup dan damai sejahtera. -Sebab keinginan daging adalah perseteruan terhadap Allah, karena ia tidak takluk kepada hukum Allah; hal ini memang tidak mungkin baginya. -Mereka yang hidup dalam daging, tidak mungkin berkenan kepada Allah.

-Tetapi kamu tidak hidup dalam daging, melainkan dalam Roh, jika memang Roh Allah diam di dalam kamu. Tetapi jika orang tidak memiliki Roh Kristus, ia bukan milik Kristus. -Tetapi jika Kristus ada di dalam kamu, maka tubuh memang mati karena dosa, tetapi roh adalah kehidupan oleh karena kebenaran.

- Dan jika Roh Dia, yang telah membangkitkan Yesus dari antara orang mati, diam di dalam kamu, maka Ia, yang telah --membangkitkan Kristus Yesus dari antara orang mati, akan --menghidupkan juga tubuhmu yang fana itu oleh Roh-Nya, yang diam di dalam kamu. -Jadi, saudara-saudara, kita adalah orang berhutang, tetapi bukan kepada daging, supaya hidup menurut daging.
Sebab, jika kamu hidup menurut daging, kamu akan mati; tetapi jika oleh Roh kamu mematikan perbuatan-perbuatan tubuhmu, kamu akan hidup. -Semua orang, yang dipimpin Roh Allah, adalah anak Allah.

- Sebab kamu tidak menerima roh perbudakan yang membuat kamu menjadi takut lagi, tetapi kamu telah menerima Roh yang menjadikan kamu anak Allah. Oleh Roh itu kita berseru: "ya Abba, ya Bapa!" -Roh itu bersaksi bersama-sama dengan roh kita, bahwa kita adalah anak-anak Allah.

- Dan jika kita adalah anak, maka kita juga adalah ahli waris, maksudnya orang-orang yang berhak menerima janji-janji Allah, yang akan menerimanya bersama-sama dengan Kristus, yaitu jika kita --menderita bersama-sama dengan Dia, supaya kita juga dipermuliakan bersama-sama dengan Dia. -(Roma 8:1-17)

- Kita tahu, bahwa setiap orang yang lahir dari ALLAH, tidak berbuat dosa; tetapi DIA yang lahir dari ALLAH melindunginya, dan si jahat/ Iblis tidak dapat menjamahnya. (1 Yohanes 5:18)

5. PENGIKUT YESUS/ WARGA KERAJAAN ALLAH MENYEMBAH ALLAH DALAM  ROH DAN KEBENARAN - DAN BERDOA DI DALAM ROH SETIAP SAAT:

- Tetapi saatnya akan datang dan sudah tiba sekarang, bahwa --penyembah-penyembah benar akan menyembah BAPA dalam Roh dan Kebenaran; sebab Bapa menghendaki penyembah-penyembah demikian. -Allah itu Roh dan barangsiapa menyembah Dia, harus menyembah-Nya dalam Roh dan Kebenaran." (Yohanes 4:23-24)

-  Demikian juga Roh --membantu kita dalam kelemahan kita; sebab kita tidak tahu, bagaimana sebenarnya harus --berdoa; tetapi Roh sendiri berdoa untuk kita kepada Allah dengan keluhan-keluhan yang tidak terucapkan. Dan Allah yang menyelidiki --hati nurani, mengetahui maksud Roh itu, yaitu bahwa Ia, sesuai dengan kehendak Allah, berdoa untuk orang-orang kudus. (Roma 8:26-27)

- Berdoalah setiap waktu di dalam Roh dan berjaga-jagalah di dalam doamu itu dengan permohonan yang tak putus-putusnya untuk segala orang Kudus. (Efesus 6:18)

6. DUNIA SEKARANG INI ADA DIBAWAH KEKUASAAN KERAJAAN DUNIA - DIMANA PENGUASANYA ADALAH IBLIS:

- Dan Iblis membawa-Nya pula ke atas --gunung yang sangat tinggi dan --memperlihatkan kepada-Nya semua --Kerajaan Dunia-- dengan --Kemegahannya, dan berkata kepada-Nya: "Semua itu akan --kuberikan kepada-Mu, jika Engkau sujud menyembah aku." -Maka berkatalah Yesus kepadanya: "Enyahlah, Iblis! Sebab ada tertulis: Engkau harus --menyembah Tuhan, Allahmu, dan hanya kepada Dia sajalah engkau berbakti!" Lalu Iblis meninggalkan Dia, dan lihatlah, malaikat-malaikat datang melayani Yesus. (Matius 4:8-11)

- Jawab Yesus: "Kerajaan-KU bukan dari Dunia ini; jika Kerajaan-KU dari dunia ini, pasti hamba-hamba-Ku telah melawan, supaya Aku jangan diserahkan kepada orang Yahudi, akan tetapi Kerajaan-KU bukan dari sini." (Yohanes 18:36)

- Tidak banyak lagi AkU berkata-kata dengan kamu, sebab --Penguasa Dunia ini datang dan ia tidak berkuasa sedikitpun atas diri-KU. (Yohanes 14:30)

- Kita tahu, bahwa kita berasal dari ALLAH dan seluruh Dunia berada di bawah kuasa si Jahat/ Iblis. (1 Yohanes 5:19).

7. ORANG YANG BERBAHAGIA MENURUT YESUS BERTENTANGAN DENGAN PANDANGAN DUNIA:

- "Berbahagialah, hai kamu yang --miskin, karena kamulah yang empunya Kerajaan Allah. -Berbahagialah, hai kamu yang sekarang ini lapar, karena kamu akan dipuaskan. Berbahagialah, hai kamu yang sekarang ini menangis, karena kamu akan tertawa. -Berbahagialah kamu, jika karena Anak Manusia orang membenci kamu, dan jika mereka mengucilkan kamu, dan mencela kamu serta menolak namamu sebagai sesuatu yang jahat. -Bersukacitalah pada waktu itu dan bergembiralah, sebab sesungguhnya, upahmu besar di sorga; karena secara demikian juga nenek moyang mereka telah memperlakukan para nabi. (Lukas 6:20-23)

8. ORANG YANG CELAKA MENURUT YESUS BERTENTANGAN DENGAN PANDANGAN DUNIA:

- Tetapi celakalah kamu, hai kamu yang --kaya, karena dalam --kekayaanmu kamu telah memperoleh penghiburanmu. -Celakalah kamu, yang sekarang ini kenyang, karena kamu akan lapar. -Celakalah kamu, yang sekarang ini tertawa, karena kamu akan berdukacita dan menangis. -Celakalah kamu, jika semua orang memuji kamu; karena secara demikian juga nenek moyang mereka telah memperlakukan nabi-nabi palsu." (Lukas 6:24-26)

- Dan naga besar itu, si ular tua, yang disebut Iblis atau Satan, yang menyesatkan seluruh dunia, dilemparkan ke bawah; ia dilemparkan ke bumi, bersama-sama dengan malaikat-malaikatnya. (Wahyu 12:9)

9. DUNIA MEMBENCI YESUS DAN PENGIKUT-NYA/ WARGA KERAJAAN ALLAH KARENA FIRMAN KRISTUS/ INJIL YESUS BERTENTANGAN DENGAN SISTIM DUNIA YANG BERADA DIBAWAH KEKUASAAN KERAJAAN DUNIA/ IBLIS:

- Jikalau dunia membenci kamu, ingatlah bahwa ia telah lebih dahulu --membenci AKU dari pada kamu. Sekiranya kamu dari dunia, tentulah dunia mengasihi kamu sebagai miliknya. Tetapi karena kamu bukan dari dunia, melainkan Aku telah memilih kamu dari dunia, sebab itulah dunia --membenci kamu. Ingatlah apa yang telah Kukatakan kepadamu:

- Seorang hamba tidaklah lebih tinggi dari pada tuannya. Jikalau mereka telah menganiaya Aku, mereka juga akan menganiaya kamu; jikalau mereka telah menuruti firman-Ku, mereka juga akan menuruti perkataanmu. Tetapi semuanya itu akan mereka lakukan terhadap kamu karena nama-Ku, sebab mereka tidak mengenal Dia, yang telah mengutus Aku. Sekiranya Aku tidak datang dan tidak berkata-kata kepada mereka, mereka tentu tidak berdosa. Tetapi sekarang mereka tidak mempunyai dalih bagi dosa mereka! Barangsiapa membenci Aku, ia membenci juga Bapa-Ku.

- Sekiranya Aku tidak melakukan pekerjaan di tengah-tengah mereka seperti yang tidak pernah dilakukan orang lain, mereka tentu tidak berdosa. Tetapi sekarang walaupun mereka telah melihat semuanya itu, namun mereka membenci baik Aku maupun Bapa-Ku. Tetapi firman yang ada tertulis dalam kitab Taurat mereka harus digenapi: Mereka membenci Aku tanpa alasan. (Yohanes 15: 18-25)

10. PENGIKUT YESUS/ WARGA KERAJAAN ALLAH AKAN MENDERITA DI DUNIA - KARENA DUNIA BERADA DIBAWAH KEKUASAAAN  KERAJAAN DUNIA/ IBLIS:

- Kemudian ia (Iblis) membawa YESUS) ke suatu tempat yang tinggi dan dalam sekejap mata ia memperlihatkan kepada-Nya semua Kerajaan Dunia. Kata Iblis kepada-NYA: "Segala kuasa itu serta kemuliaannya akan kuberikan kepada-Mu, sebab semuanya itu telah diserahkan kepadaku dan aku memberikannya kepada siapa saja yang kukehendaki. (Lukas 4:5-6)

- Kita tahu, bahwa kita berasal dari ALLAH dan seluruh Dunia berada di bawah kuasa si Jahat/ Iblis. (1 Yohanes 5:19)

- Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya kamu akan menangis dan meratap, tetapi dunia akan bergembira; kamu akan berdukacita, tetapi dukacitamu akan berubah menjadi sukacita. Seorang perempuan berdukacita pada saat ia melahirkan, tetapi sesudah ia melahirkan anaknya, ia tidak ingat lagi akan penderitaannya, karena kegembiraan bahwa seorang manusia telah dilahirkan ke dunia. Demikian juga kamu sekarang diliputi dukacita, tetapi Aku akan melihat kamu lagi dan hatimu akan bergembira dan tidak ada seorangpun yang dapat merampas kegembiraanmu itu dari padamu. (Yohanes 16: 20-22)

- Semuanya itu Kukatakan kepadamu, supaya kamu beroleh damai sejahtera dalam Aku. Dalam dunia kamu menderita penganiayaan, tetapi kuatkanlah hatimu, Aku telah mengalahkan dunia." (Yohanes 16: 33)

- Seorang hamba tidak dapat mengabdi kepada dua tuan. Karena jika demikian ia akan membenci yang seorang dan mengasihi yang lain, atau ia akan setia kepada yang seorang dan tidak mengindahkan yang lain. Kamu tidak dapat mengabdi kepada ALLAH dan kepada Mamon.(Uang,Harta,Kekayaan)" (Lukas 16:13)

- Hai kamu, orang-orang yang tidak setia! Tidakkah kamu tahu, bahwa persahabatan dengan Dunia adalah permusuhan dengan ALLAH? Jadi barangsiapa hendak menjadi sahabat Dunia ini, ia menjadikan dirinya musuh ALLAH. (Yakobus 4:4)

- Janganlah kamu mengasihi Dunia dan apa yang ada di dalamnya. Jikalau orang mengasihi Dunia, maka kasih akan Bapa tidak ada di dalam orang itu. Sebab semua yang ada di dalam Dunia, yaitu keinginan daging dan keinginan mata serta keangkuhan hidup, bukanlah berasal dari Bapa, melainkan dari dunia. Dan dunia ini sedang lenyap dengan keinginannya, tetapi orang yang melakukan kehendak Allah tetap hidup selama-lamanya.  (1 Yohanes 2: 15-17)

- Memang setiap orang yang mau hidup --beribadah di dalam Kristus Yesus akan ---menderita aniaya--, sedangkan orang jahat dan penipu akan bertambah jahat, mereka menyesatkan dan disesatkan. (2 Timotius 3:12:13)

11. PENGIKUT YESUS/ WARGA KERAJAAN ALLAH MEMPEROLEH BERKAT DARI BAPA DI SORGA - BUKAN BERKAT DUNIAWI/ KEKAYAAN DUNIA YANG BERASAL DARI DUNIA/ IBLIS::

- Damai sejahtera Kutinggalkan bagimu. Damai sejahtera-Ku Kuberikan kepadamu, dan --Apa yang Kuberikan --Tidak seperti yang diberikan oleh -Dunia kepadamu. Janganlah gelisah dan gentar hatimu. (Yohanes 14:27)

- Karena itu AKU berkata kepadamu: Janganlah kuatir akan hidupmu, akan apa yang hendak kamu makan atau minum, dan janganlah kuatir pula akan tubuhmu, akan apa yang hendak kamu pakai. Bukankah hidup itu lebih penting dari pada makanan dan tubuh itu lebih penting dari pada pakaian?

- Pandanglah burung-burung di langit, yang tidak menabur dan tidak menuai dan tidak mengumpulkan bekal dalam lumbung, namun diberi makan oleh Bapamu yang di sorga. Bukankah kamu jauh melebihi burung-burung itu? Siapakah di antara kamu yang karena kekuatirannya dapat menambahkan sehasta saja pada jalan hidupnya? -Dan mengapa kamu kuatir akan pakaian?

- Perhatikanlah bunga bakung di ladang, yang tumbuh tanpa bekerja dan tanpa memintal, namun Aku berkata kepadamu: Salomo dalam segala kemegahannyapun tidak berpakaian seindah salah satu dari bunga itu.  Jadi jika demikian Allah mendandani rumput di ladang, yang hari ini ada dan besok dibuang ke dalam api, tidakkah Ia akan terlebih lagi mendandani kamu, hai orang yang kurang percaya?

- Sebab itu janganlah kamu kuatir dan berkata: Apakah yang akan kami makan? Apakah yang akan kami minum? Apakah yang akan kami pakai? Semua itu dicari bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah. Akan tetapi Bapamu yang di sorga tahu, bahwa kamu memerlukan semuanya itu.

- Tetapi carilah dahulu Kerajaan ALLAH dan kebenaran-Nya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu. Sebab itu janganlah kamu kuatir akan hari besok, karena hari besok mempunyai kesusahannya sendiri. Kesusahan sehari cukuplah untuk sehari." (Matius 6:25-34)

- Sebab Kerajaan ALLAH bukanlah soal makanan dan minuman, tetapi soal kebenaran, damai sejahtera dan sukacita oleh Roh Kudus. (Roma 14:17)

- ALLAHku akan memenuhi segala keperluanmu menurut kekayaan dan kemuliaan-Nya dalam Kristus Yesus. -Dimuliakanlah ALLAH dan BAPA kita selama-lamanya! Amin. (Filipi 4:19-20)

- Janganlah kamu mengasihi dunia dan apa yang ada di dalamnya. Jikalau orang mengasihi dunia, maka kasih akan BAPA tidak ada di dalam orang itu. -Sebab semua yang ada di dalam dunia, yaitu --keinginan daging dan --keinginan mata serta --keangkuhan hidup, bukanlah berasal dari Bapa, melainkan dari dunia. - Dan dunia ini sedang lenyap dengan keinginannya, tetapi orang yang melakukan kehendak Allah tetap hidup selama-lamanya. (1 Yohanes 2:15-17)

- Hai kamu, orang-orang yang tidak setia! Tidakkah kamu tahu, bahwa persahabatan dengan dunia adalah permusuhan dengan ALLAH? Jadi barangsiapa hendak menjadi sahabat dunia ini, ia menjadikan dirinya musuh Allah. Janganlah kamu menyangka, bahwa Kitab Suci tanpa alasan berkata: "Roh yang ditempatkan Allah di dalam diri kita, diingini-Nya dengan cemburu!" (Yakobus 4:4-5)

Jadi, karena KRISTUS telah menderita --penderitaan badani, kamupun harus juga mempersenjatai dirimu dengan ---pikiran yang demikian, --karena barangsiapa telah --menderita penderitaan badani, ia telah --berhenti berbuat dosa--,  supaya waktu yang sisa jangan kamu pergunakan menurut keinginan manusia, tetapi menurut kehendak ALLAH. (1 Petrus 4:1-2)

12. PADA MASA KERAJAAN SERIBU TAHUN IBLIS/ SETAN AKAN DIIKAT DAN DILEMPARKAN KE DALAM JURANG MAUT:

- Lalu aku melihat seorang malaikat turun dari sorga memegang anak kunci jurang maut dan suatu rantai besar di tangannya; ia menangkap naga, si ular tua itu, yaitu Iblis dan Satan. Dan ia mengikatnya seribu tahun lamanya, lalu melemparkannya ke dalam jurang maut, dan menutup jurang maut itu dan memeteraikannya di atasnya, supaya ia jangan lagi menyesatkan bangsa-bangsa, sebelum berakhir masa seribu tahun itu; kemudian dari pada itu ia akan dilepaskan untuk sedikit waktu lamanya. (Wahyu 20:1-3)

13. IBLIS AKAN DIHUKUM SETELAH MASA KERAJAAN SERIBU TAHUN BERAKHIR DAN AKAN DILEMPARKAN KE DALAM API NERAKA SELAMA-LAMANYA:

- Dan setelah masa Seribu Tahun itu berakhir, Iblis akan dilepaskan dari penjaranya, dan ia akan pergi menyesatkan bangsa-bangsa pada keempat penjuru bumi, yaitu Gog dan Magog, dan mengumpulkan mereka untuk berperang dan jumlah mereka sama dengan banyaknya pasir di laut.
Maka naiklah mereka ke seluruh dataran bumi, lalu mengepung perkemahan tentara orang-orang kudus dan kota yang dikasihi itu. Tetapi dari langit turunlah api menghanguskan mereka.dan Iblis, yang menyesatkan mereka, dilemparkan ke dalam --Lautan Api dan Belerang--, yaitu tempat binatang dan nabi palsu itu, dan mereka disiksa siang malam sampai selama-lamanya. (Wahyu 20: 7-10)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar