Senin, 25 Agustus 2014

SIAPAKAH NABI-NABI PALSU ?


1. NABI-NABI PALSU ITU ADALAH ORANG-ORANG YANG BERSERU YESUS TUHAN DENGAN MENGADAKAN MUJIZAT-MENGUSIR SETAN-BERNUBUAT - MEREKA MENDENGAR PERINTAH YESUS TETAPI TIDAK MELAKUKANNYA - MEREKA TIDAK MENGASIHI SESAMA ATAUPUN JEMAATNYA YANG MISKIN SERTA BERKEKURANGAN - KARENA SESUNGGUHNYA MEREKA ADALAH SERIGALA YANG BUAS YANG MENYAMAR SEBAGAI DOMBA:



AKU memberikan --Perintah Baru-- kepada kamu, yaitu --supaya kamu Saling Mengasihi--; sama seperti AKU telah mengasihi kamu demikian pula --kamu harus Saling Mengasihi--. Dengan demikian semua orang akan tahu, bahwa --kamu adalah murid-murid-Ku, yaitu --jikalau kamu Saling Mengasihi--." (Yohanes 13:34-35)

Kata YESUS kepada mereka semua: "Setiap orang yang mau --mengikut Aku, ia harus --menyangkal dirinya--, --memikul salibnya setiap hari-- dan --mengikut Aku--. Karena barangsiapa mau --menyelamatkan nyawanya, ia akan --kehilangan nyawanya; tetapi barangsiapa --kehilangan nyawanya karena Aku, ia akan --menyelamatkannya. --Apa gunanya seorang --memperoleh seluruh dunia, tetapi ia --membinasakan atau merugikan dirinya sendiri?   Sebab barangsiapa --malu karena Aku dan karena --perkataan-Ku, Anak Manusia juga akan --malu karena orang itu, apabila Ia datang kelak dalam kemuliaan-Nya dan dalam kemuliaan Bapa dan malaikat-malaikat kudus. (Lukas 9:23-26)


Waspadalah terhadap --Nabi-Nabi Palsu-- yang datang kepadamu dengan --menyamar seperti domba--, tetapi sesungguhnya mereka adalah --serigala yang buas--. Dari --buahnyalah (hasil perbuatannya-BIS) kamu akan mengenal mereka--. Dapatkah orang memetik buah anggur dari semak duri atau buah ara dari rumput duri? Demikianlah setiap pohon yang baik menghasilkan buah yang baik, sedang pohon yang tidak baik menghasilkan buah yang tidak baik.  Tidak mungkin --pohon yang baik itu menghasilkan --buah yang tidak baik, ataupun pohon yang tidak baik itu menghasilkan buah yang baik. Dan setiap pohon yang tidak menghasilkan buah yang baik, pasti ditebang dan dibuang ke dalam api. Jadi dari buahnyalah kamu akan mengenal mereka.

Bukan setiap orang yang berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan! akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga, melainkan --dia yang melakukan --kehendak Bapa-Ku yang di sorga (Firman Kristus/ Injil Yesus)--. Pada hari terakhir banyak orang akan --berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan, bukankah kami --bernubuat demi nama-Mu, dan --mengusir setan demi nama-Mu, dan --mengadakan banyak mujizat demi nama-Mu juga?  Pada waktu itulah Aku akan berterus terang kepada mereka dan berkata: Aku tidak pernah mengenal kamu! Enyahlah dari pada-Ku, kamu sekalian pembuat kejahatan!"


Setiap orang yang --mendengar perkataan-Ku ini-- dan --melakukannya, ia sama dengan orang yang bijaksana, yang mendirikan rumahnya di atas batu.  Kemudian turunlah hujan dan datanglah banjir, lalu angin melanda rumah itu, tetapi rumah itu tidak rubuh sebab didirikan di atas batu.


Tetapi setiap orang yang --mendengar perkataan-Ku ini-- dan --tidak melakukannya--, ia sama dengan --orang yang bodoh--, yang mendirikan rumahnya di atas pasir. Kemudian turunlah hujan dan datanglah banjir, lalu angin melanda rumah itu, sehingga rubuhlah rumah itu dan hebatlah kerusakannya." (Matius 7:15-27)


Barangsiapa --percaya kepada Anak, ia beroleh --hidup yang kekal,  tetapi --barangsiapa --tidak taat kepada Anak--, --ia tidak akan melihat hidup--, --melainkan murka Allah tetap ada di atasnya--." (Yohanes 3:36)



2.  NABI-NABI PALSU ITU ADALAH ADALAH ANTIKRISTUS - DAN TELAH  BANGKIT BANYAK ANTIKRISTUS KE SELURUH DUNIA - MEMANG MEREKA BERASAL DARI ANTARA KITA TETAPI MEREKA TIDAK SUNGGUH-SUNGGUH TERMASUK PADA KITA - MEREKA ITU ADALAH PENDUSTA DAN PENYESAT YAITU YANG MENGAKU YESUS TUHAN TETAPI TIDAK MENURUTI DAN MELAKUKAN FIRMAN KRISTUS/ INJIL YESUS:

Anak-anakku, waktu ini adalah waktu yang terakhir, dan seperti yang telah kamu dengar, --seorang antikristus-- akan datang, sekarang --telah bangkit banyak antikristus--. Itulah tandanya, bahwa waktu ini benar-benar adalah waktu yang terakhir. Memang --mereka berasal dari antara kita--, --tetapi --mereka tidak sungguh-sungguh termasuk pada kita--; sebab jika mereka sungguh-sungguh termasuk pada kita, niscaya mereka tetap bersama-sama dengan kita. Tetapi hal itu terjadi, supaya menjadi nyata, bahwa --tidak semua mereka sungguh-sungguh termasuk pada kita--.

Tetapi kamu telah beroleh --pengurapan dari Yang Kudus--, dan dengan demikian kamu semua mengetahuinya. Aku menulis kepadamu, bukan karena kamu tidak mengetahui kebenaran, tetapi justru karena kamu mengetahuinya dan karena kamu juga mengetahui, bahwa --tidak ada dusta yang berasal dari kebenaran (Firman Kristus/ Injil Yesus)--.Siapakah --pendusta itu? Bukankah dia yang menyangkal bahwa --Yesus adalah Kristus? Dia itu adalah antikristus, yaitu --dia yang menyangkal baik Bapa maupun Anak--. (tidak menuruti Firman Kristus/ Injil Yesus)

Sebab barangsiapa menyangkal Anak, ia juga tidak memiliki Bapa (Tidak menuruti Firman Kristus/ Injil Yesus). Barangsiapa mengaku Anak, ia juga memiliki Bapa. Dan kamu, --apa yang telah kamu dengar dari mulanya, itu --harus tetap tinggal di dalam kamu. Jika apa yang telah kamu --dengar dari mulanya itu --tetap tinggal di dalam kamu, maka kamu akan --tetap tinggal di dalam Anak dan di dalam Bapa.

Dan inilah janji yang telah dijanjikan-Nya sendiri kepada kita, yaitu hidup yang kekal. Semua itu kutulis kepadamu, yaitu mengenai orang-orang yang berusaha --menyesatkan kamu. Sebab di dalam diri kamu tetap ada pengurapan yang telah kamu terima dari pada-Nya. Karena itu tidak perlu kamu diajar oleh orang lain. Tetapi sebagaimana pengurapan-Nya mengajar kamu tentang segala sesuatu--dan pengajaran-Nya itu benar, tidak dusta--dan sebagaimana Ia dahulu telah mengajar kamu, demikianlah hendaknya kamu tetap tinggal di dalam Dia. (menuruti Firman Kristus/ Injil Yesus)

Maka sekarang, anak-anakku, tinggallah di dalam Kristus, supaya apabila Ia menyatakan diri-Nya, kita beroleh --keberanian percaya dan --tidak usah malu terhadap Dia pada hari kedatangan-Nya. Jikalau kamu tahu, bahwa Ia adalah benar, kamu harus tahu juga, bahwa --setiap orang, yang berbuat --kebenaran, lahir dari pada-Nya. (1 Yohanes 2:18-29)

Apakah sebabnya kamu tidak --mengerti bahasa-Ku?  Sebab kamu --tidak dapat menangkap Firman-Ku (Firman Kristus/ Injil Yesus). --Iblislah yang menjadi bapamu-- dan kamu ingin melakukan --keinginan-keinginan bapamu--. --Ia (iblis) adalah --pembunuh manusia sejak semula dan tidak hidup dalam kebenaran, sebab di dalam dia tidak ada kebenaran. --Apabila ia berkata dusta, ia berkata atas kehendaknya sendiri, sebab ia adalah --pendusta-- dan --bapa segala dusta--.

Tetapi karena Aku mengatakan kebenaran kepadamu, kamu tidak percaya kepada-Ku. Siapakah di antaramu yang membuktikan bahwa Aku berbuat dosa? Apabila Aku mengatakan kebenaran, mengapakah kamu tidak percaya kepada-Ku? --Barangsiapa berasal dari Allah, ia mendengarkan Firman Allah (Firman Kristus/ Injil Yesus)--; --itulah sebabnya kamu --tidak mendengarkannya, karena kamu --tidak berasal dari Allah." (Yohanes 8:43-47)

Saudara-saudaraku yang kekasih, --janganlah percaya akan setiap roh--, tetapi --ujilah roh-roh itu--, apakah mereka berasal dari Allah; --sebab banyak --Nabi-nabi Palsu-- yang telah muncul dan pergi ke seluruh dunia. Demikianlah kita --mengenal Roh Allah: setiap roh yang mengaku, bahwa Yesus Kristus telah datang sebagai manusia, berasal dari Allah (menuruti Firman Kristus/ Injil Yesus)), dan --setiap roh, yang tidak mengaku Yesus, tidak berasal dari Allah. --Roh itu adalah --roh antikristus dan tentang dia telah kamu dengar, bahwa ia akan datang dan sekarang ini ia sudah ada di dalam dunia (tidak menuruti Firman Kristus/ Injil Yesus).

Kamu berasal dari Allah, anak-anakku, dan kamu telah --mengalahkan --Nabi-nabi Palsu-- itu; sebab --Roh yang ada di dalam kamu, --lebih besar dari pada roh yang ada di dalam dunia. Mereka (nabi-nabi palsu) berasal dari dunia; sebab itu mereka --berbicara tentang --hal-hal duniawi-- dan --dunia mendengarkan mereka. Kami berasal dari Allah: barangsiapa --mengenal Allah--, ia mendengarkan kami; barangsiapa tidak berasal dari Allah, ia tidak mendengarkan kami. Itulah tandanya Roh kebenaran dan roh yang menyesatkan. (1 Yohanes 4:1-6)

Dan inilah --tandanya, bahwa kita --mengenal Allah--, yaitu jikalau kita --menuruti perintah-perintah-Nya (Perintah Yesus). --Barangsiapa berkata: Aku mengenal Dia, tetapi ia --tidak menuruti perintah-Nya, ia adalah --seorang pendusta-- dan di dalamnya --tidak ada kebenaran--. Tetapi barangsiapa --menuruti firman-Nya (Firman Kristus)--, di dalam orang itu sungguh sudah --sempurna kasih Allah--; dengan itulah kita ketahui, bahwa kita ada di dalam Dia. Barangsiapa mengatakan, bahwa ---ia ada di dalam Dia (Yesus)--, ia --wajib hidup sama seperti Kristus telah hidup--. (1 Yohanes 2:1-6)


3. DIMANA ADA BANGKAI (NABI-NABI PALSU) DISITU BURUNG NAZAR (MANUSIA DAGING/ DUNIAWI) BERKERUMUN - NABI-NABI PALSU ITU MENGADAKAN TANDA-TANDA YANG DAHSYAT DAN MUJIZAT-MUJIZAT - SEHINGGA SEKIRANYA MUNGKIN AKAN MENYESATKAN ORANG-ORANG PILIHAN JUGA:


Sebab --Mesias-mesias Palsu dan --Nabi-nabi Palsu-- akan muncul dan mereka akan mengadakan --tanda-tanda yang dahsyat dan --mujizat-mujizat, sehingga sekiranya mungkin, mereka --menyesatkan orang-orang pilihan juga. 

Camkanlah, --Aku sudah mengatakannya terlebih dahulu kepadamu. Jadi, apabila orang berkata kepadamu: --Lihat, Ia ada di padang gurun, janganlah kamu pergi ke situ; atau: --Lihat, Ia ada di dalam bilik, janganlah kamu percaya. Sebab sama seperti kilat memancar dari sebelah timur dan melontarkan cahayanya sampai ke barat, demikian pulalah kelak kedatangan Anak Manusia.  

--Di mana ada bangkai (Mesias-mesias Palsu/ Nabi-nabi Palsu), di situ burung nazar (Manusia Daging/ Duniawi) berkerumun--." (Matius 24:24-28)

Sebab mereka yang --hidup menurut daging--, memikirkan hal-hal yang dari daging--; mereka yang --hidup menurut Roh--, --memikirkan hal-hal yang dari Roh. --Karena keinginan daging adalah maut--, tetapi --keinginan Roh adalah hidup-- dan --damai sejahtera--. --Sebab keinginan daging adalah --perseteruan terhadap Allah--, karena ia tidak takluk kepada hukum Allah; hal ini memang tidak mungkin baginya. --Mereka yang --hidup dalam daging--, --tidak mungkin berkenan kepada Allah--. (Roma 8:5-8)


Hai kamu, --orang-orang yang tidak setia! Tidakkah kamu tahu, bahwa --persahabatan dengan dunia-- adalah --permusuhan dengan Allah? Jadi barangsiapa hendak menjadi --sahabat dunia-- ini, ia menjadikan dirinya --musuh Allah--. Janganlah kamu menyangka, bahwa Kitab Suci tanpa alasan berkata: "Roh yang ditempatkan Allah di dalam diri kita, diingini-Nya dengan cemburu!" Tetapi kasih karunia, yang dianugerahkan-Nya kepada kita, lebih besar dari pada itu. Karena itu Ia katakan: "Allah menentang orang yang congkak, tetapi mengasihani orang yang rendah hati." 


Karena itu --tunduklah kepada Allah, dan --lawanlah Iblis, maka ia akan lari dari padamu! Mendekatlah kepada Allah, dan Ia akan mendekat kepadamu. --Tahirkanlah tanganmu, hai kamu orang-orang berdosa! dan --sucikanlah hatimu, hai kamu yang --mendua hati! --Sadarilah kemalanganmu, berdukacita dan merataplah; hendaklah tertawamu kamu ganti dengan ratap dan sukacitamu dengan dukacita. --Rendahkanlah dirimu di hadapan Tuhan, dan Ia akan meninggikan kamu. (Yakobus 4:4-10)


4. NABI-NABI PALSU ITU DAPAT DI KENAL DARI  BUAHNYA (HASIL PERBUATANNYA) - MEREKA HIDUP DALAM DAGING DAN TIDAK MEMILIKI KASIH SESAMA - OLEH KARENA NABI-NABI PALSU ITU TIDAK HIDUP OLEH ROH/ TIDAK DIPIMPIN OLEH ROH - SEHINGGA HIDUPNYA TIDAK MENGHASILKAN PERBUATAN-PERBUATAN YANG SETURUT BUAH ROH:


Saudara-saudara, memang kamu telah dipanggil untuk merdeka. Tetapi janganlah kamu mempergunakan --kemerdekaan itu sebagai --kesempatan untuk kehidupan dalam dosa, melainkan --layanilah seorang akan yang lain oleh kasih--. Sebab seluruh hukum Taurat tercakup dalam satu firman ini, yaitu: "Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri!" Tetapi jikalau kamu --saling menggigit dan --saling menelan, awaslah, supaya --jangan kamu saling membinasakan.


Maksudku ialah: --hiduplah oleh Roh--, maka kamu --tidak akan menuruti keinginan daging. Sebab keinginan daging berlawanan dengan keinginan Roh dan keinginan Roh berlawanan dengan keinginan daging--karena keduanya bertentangan--sehingga kamu setiap kali tidak melakukan apa yang kamu kehendaki.  --Akan tetapi jikalau kamu memberi dirimu dipimpin oleh Roh--, --maka kamu tidak hidup di bawah hukum Taurat.--


--Perbuatan daging-- telah nyata, yaitu: --percabulan, --kecemaran, --hawa nafsu, ---penyembahan berhala, --sihir, --perseteruan, --perselisihan, --iri hati, --amarah, --kepentingan diri sendiri, --percideraan, --roh pemecah, --kedengkian, --kemabukan, --pesta pora dan sebagainya. Terhadap semuanya itu kuperingatkan kamu--seperti yang telah kubuat dahulu--bahwa barangsiapa melakukan hal-hal yang demikian, ia --tidak akan mendapat bagian dalam --Kerajaan Allah.


--Tetapi buah Roh-- ialah: --kasih, --sukacita, --damai sejahtera, --kesabaran, --kemurahan, --kebaikan, --kesetiaan, --kelemahlembutan, --penguasaan diri. Tidak ada hukum yang menentang hal-hal itu. Barangsiapa menjadi milik Kristus Yesus, ia telah menyalibkan daging dengan segala hawa nafsu dan keinginannya. Jikalau kita --hidup oleh Roh, baiklah hidup kita juga --dipimpin oleh Roh, dan --janganlah kita gila hormat, --janganlah kita saling menantang dan --saling mendengki. (Galatia 5 13-26)


Sekalipun aku dapat berkata-kata dengan semua bahasa manusia dan bahasa malaikat, tetapi jika aku --tidak mempunyai kasih--, aku sama dengan gong yang berkumandang dan canang yang gemerincing. Sekalipun aku mempunyai --karunia untuk bernubuat dan aku --mengetahui segala rahasia dan --memiliki seluruh pengetahuan; dan sekalipun aku --memiliki iman yang sempurna untuk memindahkan gunung, tetapi --jika aku tidak mempunyai kasih, aku sama sekali tidak berguna--. Dan sekalipun aku membagi-bagikan segala sesuatu yang ada padaku, bahkan menyerahkan tubuhku untuk dibakar, tetapi jika aku --tidak mempunyai kasih, sedikitpun tidak ada faedahnya bagiku.


--Kasih itu --sabar; kasih itu --murah hati; ia --tidak cemburu. Ia --tidak memegahkan diri dan --tidak sombong. Ia --tidak melakukan yang tidak sopan dan --tidak mencari keuntungan diri sendiri. Ia --tidak pemarah dan --tidak menyimpan kesalahan orang lain. Ia --tidak bersukacita karena ketidakadilan, tetapi karena --kebenaran.  Ia --menutupi segala sesuatu, --percaya segala sesuatu, --mengharapkan segala sesuatu, --sabar menanggung segala sesuatu. 


--Kasih tidak berkesudahan; --nubuat akan berakhir; --bahasa roh akan berhenti; --pengetahuan akan lenyap. Sebab pengetahuan kita tidak lengkap dan nubuat kita tidak sempurna.  Tetapi jika yang sempurna tiba, maka yang tidak sempurna itu akan lenyap. Ketika aku kanak-kanak, aku berkata-kata seperti kanak-kanak, aku merasa seperti kanak-kanak, aku berpikir seperti kanak-kanak. Sekarang sesudah aku menjadi dewasa, aku meninggalkan sifat kanak-kanak itu. Karena sekarang kita melihat dalam cermin suatu gambaran yang samar-samar, tetapi nanti kita akan melihat muka dengan muka. Sekarang aku hanya mengenal dengan tidak sempurna, tetapi nanti aku akan --mengenal dengan sempurna, seperti --aku sendiri dikenal.  Demikianlah tinggal --ketiga hal ini, yaitu --iman, --pengharapan dan --kasih, dan --yang paling besar di antaranya ialah kasih--. (1 Korintus 13:1-13)



5. NABI-NABI PALSU ITU TELAH BANYAK MUNCUL DAN PERGI KE SELURUH DUNIA - MEREKA BERBICARA TENTANG HAL-HAL DUNIAWI (BERKAT DUNIAWI)  DAN DUNIA MENDENGARKAN MEREKA - MEREKA TIDAK MENGENAL ALLAH SECARA BENAR KARENA TIDAK MEMILIKI ROH ALLAH - SEBAB BARANGSIAPA TIDAK MEMILIKI ROH KUDUS BUKAN MILIK KRISTUS - DAN BARANGSIAPA ADA DI DALAM YESUS WAJIB HIDUP SAMA SEPERTI KRISTUS TELAH HIDUP:

--Roh-lah yang memberi hidup--, --daging sama sekali tidak berguna--. --Perkataan-perkataan yang --Ku-katakan kepadamu adalah --roh dan hidup--. (Yohanes 6:63)


Saudara-saudaraku yang kekasih, --janganlah percaya akan setiap roh--, tetapi --ujilah roh-roh itu--, --apakah mereka berasal dari Allah; sebab banyak --Nabi-nabi Palsu-- yang telah muncul dan pergi ke seluruh dunia. Demikianlah kita --mengenal Roh Allah--: setiap roh yang mengaku, bahwa Yesus Kristus telah datang sebagai manusia, berasal dari Allah (menuruti Perintah Yesus/ Firman Kristus), dan --setiap roh, yang tidak mengaku Yesus, tidak berasal dari Allah. --Roh itu adalah --roh antikristus dan tentang dia telah kamu dengar, bahwa ia akan datang dan sekarang ini ia sudah ada di dalam dunia.


Kamu berasal dari Allah, anak-anakku, dan kamu telah --mengalahkan --nabi-nabi palsu-- itu; sebab --Roh yang ada di dalam kamu, --lebih besar dari pada roh yang ada di dalam dunia. Mereka (nabi-nabi palsu) berasal dari dunia; sebab itu mereka --berbicara tentang --hal-hal duniawi-- dan --dunia mendengarkan mereka. Kami berasal dari Allah: barangsiapa --mengenal Allah--, ia mendengarkan kami; barangsiapa tidak berasal dari Allah, ia tidak mendengarkan kami. Itulah tandanya Roh kebenaran dan roh yang menyesatkan. (1 Yohanes 4:1-6)


Dan inilah --tandanya, bahwa kita --mengenal Allah--, yaitu jikalau kita --menuruti perintah-perintah-Nya (Perintah Yesus/ Firman Kristus)--.  -Barangsiapa berkata: Aku mengenal Dia, tetapi ia --tidak menuruti perintah-Nya, ia adalah --seorang pendusta-- dan di dalamnya --tidak ada kebenaran--. Tetapi barangsiapa --menuruti firman-Nya (Firman Kristus)--, di dalam orang itu sungguh sudah --sempurna kasih Allah--; dengan itulah kita ketahui, bahwa kita ada di dalam Dia. Barangsiapa mengatakan, bahwa ---ia ada di dalam Dia (Yesus)--, ia --wajib hidup sama seperti Kristus telah hidup--. (1 Yohanes 2:1-6)


Mereka yang --hidup dalam daging, --tidak mungkin berkenan kepada Allah. -Tetapi kamu --tidak hidup dalam daging, --melainkan dalam Roh, jika memang --Roh Allah diam di dalam kamu--. Tetapi --jika orang tidak memiliki Roh Kristus (Roh Kudus)--,  --ia bukan milik Kristus--. Tetapi jika Kristus ada di dalam kamu, maka tubuh memang mati karena dosa, tetapi --roh adalah kehidupan-- oleh karena --kebenaran (Firman Kristus). (Roma 8:8-10)


Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya --semua dosa dan --hujat anak-anak manusia akan diampuni, ya, semua hujat yang mereka ucapkan (bagi yang belum percaya Yesus).--Tetapi apabila seorang menghujat/ menghina Roh Kudus, ia --tidak mendapat ampun selama-lamanya--,  --melainkan bersalah karena berbuat --dosa kekal.(bagi yang sudah percaya Yesus)" (Markus 3:28-29)


6. NABI-NABI PALSU ITU TIDAK HIDUP OLEH ROH MELAINKAN HIDUP DI BAWAH HUKUM TAURAT - MEREKA MELAKUKAN PEKERJAAN-PEKERJAAN DIBAWAH HUKUM TAURAT - SEPERTI MENERIMA PERSEMBAHAN DAN PERSEPULUHAN - DAN SEMUA ORANG YANG HIDUP DARI PEKERJAAN HUKUM TAURAT BERADA DIBAWAH KUTUK - KARENA YESUS KRISTUS SEBAGAI IMAM BESAR AGUNG YANG BERTAKHTA DI SORGA TIDAK MENERIMA PERSEMBAHAN MELAINKAN MENGHENDAKI BELAS KASIHAN  YAITU AGAR PENGIKUT-NYA SALING MENGASIHI:


Jadi pergilah dan pelajarilah arti Firman ini: --Yang Kukehendaki ialah --Belas  Kasihan-- dan --bukan --Persembahan--, karena Aku datang bukan untuk memanggil orang benar, melainkan orang berdosa." (Matius 9:13)


Aku berkata kepadamu: Di sini ada yang --melebihi Bait Allah. Jika memang kamu mengerti maksud Firman ini: --Yang Kukehendaki ialah --belas kasihan-- dan --bukan persembahan--, tentu kamu tidak menghukum orang yang tidak bersalah.  --Karena Anak Manusia adalah --Tuhan atas hari Sabat--." (Matius 12:6-8)


--Sembuhkanlah orang sakit; --bangkitkanlah orang mati; --tahirkanlah orang kusta; --usirlah setan-setan. --Kamu telah memperolehnya dengan cuma-cuma--, karena itu --berikanlah pula dengan cuma-cuma--. (Matius 10:8)


Maksudku ialah: --hiduplah oleh Roh--, maka kamu tidak akan menuruti keinginan daging. Sebab --keinginan daging berlawanan dengan keinginan Roh-- dan --keinginan Roh berlawanan dengan keinginan daging--karena keduanya bertentangan--sehingga kamu setiap kali tidak melakukan apa yang kamu kehendaki.  --Akan tetapi jikalau kamu memberi dirimu dipimpin oleh Roh--, --maka kamu tidak hidup di bawah hukum Taurat.--


Karena semua orang, yang --hidup dari pekerjaan hukum Taurat, berada di bawah kutuk--. Sebab ada tertulis: "Terkutuklah orang yang tidak setia melakukan segala sesuatu yang tertulis dalam kitab hukum Taurat." Dan bahwa tidak ada orang yang dibenarkan di hadapan Allah karena melakukan hukum Taurat adalah jelas, karena: --"Orang yang benar akan hidup oleh iman." 

Tetapi --dasar hukum Taurat bukanlah iman--, melainkan --siapa yang melakukannya, akan hidup karenanya.  --Kristus telah menebus kita dari --kutuk hukum Taurat-- dengan jalan menjadi kutuk karena kita--, sebab ada tertulis: "Terkutuklah orang yang digantung pada kayu salib!"  Yesus Kristus telah membuat ini, supaya di dalam Dia berkat Abraham sampai kepada bangsa-bangsa lain, sehingga oleh iman kita menerima Roh yang telah dijanjikan itu (Roh Kudus).(Galatia 3:10-14)

--Kamu lepas dari Kristus--, jikalau kamu mengharapkan --kebenaran oleh hukum Taurat--;  --kamu hidup di luar kasih karunia--. (Galatia 5:4)


Karena itu, saudara-saudaraku yang kekasih, jauhilah --penyembahan berhala!  Aku berbicara kepadamu sebagai orang-orang yang bijaksana. Pertimbangkanlah sendiri apa yang aku katakan! Bukankah cawan pengucapan syukur, yang atasnya kita ucapkan syukur, adalah persekutuan dengan darah Kristus? Bukankah roti yang kita pecah-pecahkan adalah persekutuan dengan tubuh Kristus?  Karena-- roti adalah satu--, maka kita, sekalipun banyak, adalah --satu tubuh--, karena kita semua mendapat bagian dalam roti yang satu itu.


Perhatikanlah bangsa Israel menurut daging: --bukankah mereka yang makan apa yang dipersembahkan --mendapat bagian dalam pelayanan mezbah? Apakah yang kumaksudkan dengan perkataan itu? Bahwa persembahan berhala adalah sesuatu? Atau bahwa berhala adalah sesuatu?  --Bukan! Apa yang kumaksudkan ialah, bahwa --persembahan mereka adalah persembahan kepada roh-roh jahat--, --bukan kepada Allah--. Dan aku tidak mau, bahwa kamu bersekutu dengan roh-roh jahat. --Kamu tidak dapat minum dari --cawan Tuhan dan juga dari --cawan roh-roh jahat--. --Kamu tidak dapat mendapat bagian dalam --perjamuan Tuhan-- dan juga dalam --perjamuan roh-roh jahat--. (1 Korintus 10:14-22)


Seorang hamba --tidak dapat mengabdi kepada --dua tuan--. Karena jika demikian ia akan membenci yang seorang dan mengasihi yang lain, atau ia akan setia kepada yang seorang dan tidak mengindahkan yang lain. --Kamu tidak dapat mengabdi kepada Allah--  dan --kepada Mamon (uang/ harta)--." Semuanya itu didengar oleh --orang-orang Farisi--, --hamba-hamba uang-- itu, dan mereka mencemoohkan Dia. --Lalu Ia berkata kepada mereka: "Kamu membenarkan diri di hadapan orang--, tetapi --Allah mengetahui hatimu--. --Sebab apa yang dikagumi manusia (mamon), dibenci oleh Allah--. 


--Hukum Taurat-- dan --Kitab Para Nabi-- --berlaku sampai kepada zaman Yohanes--; dan --sejak waktu itu Kerajaan Allah diberitakan dan setiap orang menggagahinya berebut memasukinya. (Lukas 16:13-16)


Namun, karena --kasih karunia yang telah dianugerahkan Allah kepadaku, aku di sana sini dengan agak berani telah menulis kepadamu untuk mengingatkan kamu, yaitu bahwa aku boleh menjadi --pelayan Kristus Yesus-- bagi bangsa-bangsa bukan Yahudi dalam --pelayanan pemberitaan Injil Allah--, supaya bangsa-bangsa bukan Yahudi dapat diterima oleh Allah-- sebagai --persembahan yang berkenan kepada-Nya--, --yang disucikan oleh Roh Kudus--. (Roma 15:15-16)



7. HUKUM TAURAT DENGAN SEGALA PERINTAH DAN KETENTUANNYA (KITAB PARA NABI) TELAH DIBATALKAN OLEH YESUS DENGAN KEMATIAN-NYA SEBAGAI MANUSIA DI KAYU SALIB - DAN SEKARANG KAMU ADALAH BAIT ALLAH DAN BAIT ROH KUDUS DIMANA DI DALAM KAMU DIBANGUN TEMPAT KEDIAMAN ALLAH DI DALAM ROH - DAN JUGA KAMU ADALAH IMAM-IMAM BAGI ALLAH YANG MEMPERSEMBAHKAN TUBUHMU KEPADA ALLAH BUKAN MEMBERIKAN PERSEMBAHAN KEPADA MANUSIA:


Janganlah kamu menyangka, bahwa Aku datang untuk meniadakan hukum Taurat atau kitab para nabi. --Aku datang bukan untuk meniadakannya, melainkan untuk --menggenapinya--. Karena Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya selama belum lenyap langit dan bumi ini, --satu iota atau satu titikpun tidak akan ditiadakan dari hukum Taurat, --sebelum semuanya terjadi (Yesus mati di kayu salib)--. (Matius 5:17-18)


Karena itu ingatlah, bahwa dahulu kamu--sebagai orang-orang bukan Yahudi menurut daging--, yang disebut orang-orang tak bersunat oleh mereka yang menamakan dirinya "sunat", yaitu sunat lahiriah yang dikerjakan oleh tangan manusia, --bahwa waktu itu kamu tanpa Kristus, tidak termasuk kewargaan Israel-- dan --tidak mendapat bagian dalam ketentuan-ketentuan yang dijanjikan, --tanpa pengharapan dan --tanpa Allah di dalam dunia. --Tetapi sekarang di dalam Kristus Yesus kamu, yang dahulu "jauh", sudah menjadi "dekat" oleh darah Kristus--. 


Karena --Dialah damai sejahtera kita, yang telah --mempersatukan kedua pihak dan yang telah --merubuhkan tembok pemisah, yaitu perseteruan, --sebab dengan mati-Nya sebagai manusia Ia telah --membatalkan hukum Taurat-- dengan --segala perintah dan ketentuannya--, untuk menciptakan keduanya menjadi satu manusia baru di dalam diri-Nya, dan dengan itu --mengadakan damai sejahtera, dan untuk --memperdamaikan keduanya, di dalam --satu tubuh, dengan Allah --oleh salib, dengan --melenyapkan perseteruan pada salib itu.  


Ia datang dan memberitakan --damai sejahtera-- kepada kamu yang "jauh" dan --damai sejahtera-- kepada mereka yang "dekat", karena oleh Dia kita kedua pihak dalam satu Roh beroleh jalan masuk kepada Bapa. --Demikianlah --kamu bukan lagi --orang asing dan pendatang, melainkan --kawan sewarga dari orang-orang kudus-- dan --anggota-anggota keluarga Allah--, yang dibangun di atas dasar para rasul dan para nabi, dengan Kristus Yesus sebagai batu penjuru.  --Di dalam Dia tumbuh seluruh bangunan, rapih tersusun, menjadi --bait Allah yang kudus--, --di dalam Tuhan--. Di dalam Dia kamu juga turut dibangunkan menjadi --tempat kediaman Allah--, di dalam Roh--. (Efesus 2:11-22)


Sesuai dengan --kasih karunia Allah--, yang dianugerahkan kepadaku, aku sebagai seorang ahli bangunan yang cakap telah meletakkan dasar, dan orang lain membangun terus di atasnya. --Tetapi tiap-tiap orang harus memperhatikan, bagaimana ia harus membangun di atasnya. --Karena tidak ada seorangpun yang dapat meletakkan dasar lain dari pada --dasar yang telah diletakkan, yaitu Yesus Kristus--. Entahkah orang membangun di atas dasar ini dengan emas, perak, batu permata, kayu, rumput kering atau jerami, sekali kelak pekerjaan masing-masing orang akan nampak. Karena --hari Tuhan akan menyatakannya, sebab ia akan nampak dengan api dan bagaimana --pekerjaan masing-masing orang akan diuji oleh api itu. Jika pekerjaan yang dibangun seseorang tahan uji, ia akan mendapat upah. Jika pekerjaannya terbakar, ia akan menderita kerugian, tetapi ia sendiri akan diselamatkan, tetapi seperti dari dalam api.


Tidak tahukah kamu, bahwa --kamu adalah --Bait Allah-- dan bahwa --Roh Allah diam di dalam kamu?  Jika ada orang yang membinasakan --bait Allah, maka Allah akan membinasakan dia. --Sebab bait Allah adalah kudus dan --Bait Allah itu ialah kamu--. Janganlah ada orang yang menipu dirinya sendiri. --Jika ada di antara kamu yang menyangka dirinya --berhikmat menurut dunia ini, --biarlah ia menjadi bodoh--, supaya ia berhikmat. --Karena hikmat dunia ini adalah kebodohan bagi Allah. Sebab ada tertulis: "Ia yang menangkap orang berhikmat dalam kecerdikannya." (1 Korintus 3:10-19)


Atau tidak tahukah kamu, bahwa --tubuhmu adalah --Bait Roh Kudus-- yang diam di dalam kamu--, --Roh Kudus yang kamu peroleh dari Allah--, --dan bahwa kamu --bukan milik kamu sendiri? --Sebab kamu --telah dibeli dan --harganya telah lunas dibayar: --Karena itu muliakanlah Allah dengan tubuhmu! (1 Korintus 6:19-20)


Bagi Dia (Yesus), yang mengasihi kita dan yang telah melepaskan kita dari dosa kita oleh darah-Nya--dan yang telah --membuat kita menjadi --suatu Kerajaan--, menjadi --Imam-imam bagi ALLAH--, BAPA-Nya, --bagi Dia-lah kemuliaan dan kuasa sampai selama-lamanya. Amin. (Wahyu 1:5b-6)

Dan Engkau telah --membuat mereka menjadi --suatu Kerajaan--, dan menjadi --Imam-imam bagi ALLAH kita--, dan --mereka akan memerintah sebagai raja di bumi (Kerajaan Seribu Tahun)--. (Wahyu 5:10)


Karena itu, saudara-saudara, demi kemurahan Allah aku menasihatkan kamu, --supaya kamu --mempersembahkan --tubuhmu sebagai --persembahan yang hidup--, --yang kudus dan yang berkenan kepada Allah--: --itu adalah ibadahmu yang sejati--. (Roma 12:1)





Tidak ada komentar:

Posting Komentar