Selasa, 15 April 2014

GEMBALA JEMAAT ADALAH PELAYAN DAN HAMBA BAGI JEMAAT

*GEMBALA JEMAAT DITETAPKAN OLEH ROH KUDUS - YANG MENGASIHI YESUS - DAN YANG MENGASIHI JEMAATNYA/ DOMBA-DOMBANYA - SERTA YANG MENURUTI DAN MELAKUKAN FIRMAN KRISTUS*

- Kata YESUS kepadanya untuk ketiga kalinya: "Simon, anak Yohanes, apakah engkau --mengasihi Aku?" Maka sedih hati Petrus karena Yesus berkata untuk ketiga kalinya: "Apakah engkau --mengasihi Aku?" Dan ia berkata kepada-Nya: "Tuhan, Engkau tahu segala sesuatu, Engkau tahu, bahwa aku --mengasihi Engkau." Kata YESUS kepadanya: "Gembalakanlah domba-domba-KU. (Yohanes 21:17)

- Jikalau kamu --mengasihi AKU, kamu akan --menuruti segala --Perintah-KU. -Barangsiapa --memegang perintah-Ku dan --melakukannya, dialah yang --mengasihi Aku. (Yohanes 14:15)

- Dan barangsiapa --mengasihi Aku, ia akan --dikasihi oleh Bapa-Ku dan Akupun akan --mengasihi dia dan akan --menyatakan diri-Ku kepadanya."(Yohanes 14:21)

- AKU-lah gembala yang baik. Gembala yang baik memberikan nyawanya bagi domba-dombanya; - sedangkan seorang --upahan yang --bukan gembala, dan yang --bukan pemilik domba-domba itu sendiri, ketika melihat serigala datang, meninggalkan domba-domba itu lalu lari, sehingga serigala itu menerkam dan mencerai-beraikan domba-domba itu. - Ia lari karena ia seorang --upahan dan --tidak memperhatikan domba-domba itu. -Akulah gembala yang baik dan Aku mengenal domba-domba-Ku dan domba-domba-Ku mengenal Aku, sama seperti Bapa --mengenal Aku dan Aku mengenal Bapa, dan Aku memberikan nyawa-Ku bagi domba-domba-Ku. (Yohanes 10:11-15)

- Jadi pergilah dan pelajarilah arti --Firman ini: Yang Kukehendaki ialah --belas kasihan dan bukan --persembahan, karena Aku datang bukan untuk memanggil --orang benar, melainkan --orang berdosa." (Matius 9:13)

- Pergilah dan --beritakanlah: Kerajaan Sorga sudah dekat. -Sembuhkanlah orang sakit; bangkitkanlah orang mati; tahirkanlah orang kusta; usirlah setan-setan. Kamu telah --memperolehnya dengan --cuma-cuma, karena itu --berikanlah pula dengan --cuma-cuma. (Matius 10:7-8)


*GEMBALA JEMAAT ADALAH PELAYAN DAN HAMBA BAGI JEMAATNYA - YANG MEMELIHARA DAN MEMPERHATIKAN JEMAATNYA TERUTAMA YANG MISKIN*

Tetapi YESUS memanggil mereka lalu berkata: "Kamu tahu, bahwa pemerintah-pemerintah bangsa-bangsa --memerintah rakyatnya dengan --tangan besi dan pembesar-pembesar menjalankan kuasanya dengan --keras atas mereka. -Tidaklah demikian di antara kamu. Barangsiapa ingin menjadi besar di antara kamu, hendaklah ia menjadi pelayanmu, -dan barangsiapa ingin menjadi terkemuka di antara kamu, hendaklah ia menjadi hambamu; -sama seperti Anak Manusia datang bukan untuk dilayani, melainkan untuk --melayani dan untuk --memberikan --nyawa-Nya menjadi --tebusan bagi banyak orang." (Matius 20:25-28)

- Ia datang ke Nazaret tempat Ia dibesarkan, dan menurut kebiasaan-Nya pada hari Sabat Ia masuk ke rumah ibadat, lalu berdiri hendak membaca dari Alkitab. - Kepada-Nya diberikan kitab nabi Yesaya dan setelah dibuka-Nya, Ia menemukan nas, di mana ada tertulis: Roh Tuhan ada pada-Ku, oleh sebab Ia telah mengurapi Aku, untuk menyampaikan kabar baik kepada --orang-orang miskin; dan Ia telah mengutus Aku, untuk memberitakan pembebasan kepada --orang-orang tawanan, dan penglihatan bagi --orang-orang buta, untuk membebaskan --orang-orang yang tertindas, untuk memberitakan tahun rahmat Tuhan telah datang." (Lukas 4:16-19)

*GEMBALA JEMAAT TIDAK BOLEH MEMANDANG MUKA - HARUS MENURUTI SELURUH HUKUM TUHAN DAN TIDAK BOLEH MENGABAIKAN SATU BAGIANNYA*

- Saudara-saudaraku, sebagai orang yang --beriman kepada YESUS KRISTUS, TUHAN kita yang mulia, janganlah --iman itu kamu --amalkan dengan --memandang muka--.(membeda-bedakan orang berdasarkan hal-hal lahir-BIS), -Sebab, jika ada seorang masuk ke dalam --kumpulanmu dengan --memakai cincin emas dan pakaian indah dan datang juga seorang --miskin ke situ dengan memakai --pakaian buruk, -dan kamu --menghormati orang yang berpakaian indah itu dan berkata kepadanya: "Silakan tuan duduk di tempat yang baik ini!", sedang kepada orang yang --miskin itu kamu berkata: "Berdirilah di sana!" atau: "Duduklah di lantai ini dekat tumpuan kakiku!",-bukankah kamu telah membuat --pembedaan di dalam --hatimu dan bertindak sebagai --hakim dengan pikiran yang jahat?

 - Dengarkanlah, hai saudara-saudara yang kukasihi! Bukankah Allah --memilih orang-orang yang dianggap --miskin oleh dunia ini untuk menjadi --kaya dalam iman dan menjadi --ahli waris Kerajaan yang telah dijanjikan-Nya kepada barangsiapa yang --mengasihi Dia? -Tetapi kamu telah --menghinakan orang-orang --miskin. Bukankah justru --orang-orang kaya yang --menindas kamu dan yang --menyeret kamu ke pengadilan? Bukankah mereka yang menghujat Nama yang mulia, yang oleh-Nya kamu menjadi milik Allah? Akan tetapi, jikalau kamu menjalankan hukum utama yang tertulis dalam Kitab Suci: "Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri", kamu berbuat baik. Tetapi, jikalau kamu --memandang muka, kamu --berbuat dosa, dan oleh hukum itu menjadi nyata, bahwa kamu melakukan --pelanggaran. Sebab barangsiapa ---menuruti seluruh hukum itu, tetapi --mengabaikan satu bagian dari padanya, ia --bersalah terhadap seluruhnya. (Yakobus 2:1-10)


*GEMBALA JEMAAT HARUS WASPADA TERHADAP PENGAJARAN SESAT DI DALAM JEMAATNYA - YAITU PENGAJARAN SESAT DARI NABI-NABI PALSU - RASUL-RASUL PALSU DAN GURU-GURU PALSU*

- Dan ALLAH telah --menetapkan --beberapa orang --dalam Jemaat: pertama sebagai Rasul, kedua sebagai Nabi, ketiga sebagai Pengajar. Selanjutnya mereka yang mendapat karunia untuk mengadakan mujizat, untuk --menyembuhkan, untuk --melayani, untuk --memimpin, dan untuk --berkata-kata dalam bahasa roh. (1 Korintus 12:28)

- Waspadalah terhadap --Nabi-Nabi Palsu yang datang kepadamu dengan --menyamar seperti domba, tetapi sesungguhnya mereka adalah --serigala yang buas. - Dari buahnyalah kamu akan --mengenal mereka. Dapatkah orang memetik buah anggur dari semak duri atau buah ara dari rumput duri? -Demikianlah setiap pohon yang baik menghasilkan buah yang baik, sedang pohon yang tidak baik menghasilkan buah yang tidak baik. -Tidak mungkin pohon yang baik itu menghasilkan buah yang tidak baik, ataupun pohon yang tidak baik itu menghasilkan buah yang baik. -Dan setiap pohon yang tidak menghasilkan buah yang baik, pasti ditebang dan dibuang ke dalam api. -Jadi dari buahnyalah kamu akan mengenal mereka. (Matius 7:15-20)

- Sebab orang-orang itu adalah --Rasul-Rasul Palsu pekerja-pekerja curang, yang --menyamar sebagai rasul-rasul Kristus. -Hal itu tidak usah mengherankan, sebab --Iblispun --menyamar sebagai --malaikat Terang. -Jadi bukanlah suatu hal yang --ganjil, jika pelayan-pelayannya --menyamar sebagai --pelayan-pelayan kebenaran. Kesudahan mereka akan --setimpal dengan perbuatan mereka. (2 Korintus 11:13-15)

- Sebagaimana --nabi-nabi palsu dahulu tampil di --tengah-tengah umat Allah, demikian pula di --antara kamu akan ada --Guru-Guru Palsu--. Mereka akan memasukkan --pengajaran-pengajaran sesat yang --membinasakan, bahkan mereka akan --menyangkal Penguasa yang telah --menebus mereka dan dengan jalan demikian segera mendatangkan --kebinasaan atas diri mereka. - Banyak orang akan --mengikuti cara hidup mereka yang dikuasai --hawa nafsu, dan karena mereka --Jalan Kebenaran akan dihujat. -Dan karena --serakahnya --guru-guru palsu itu akan berusaha --mencari untung dari kamu dengan --ceritera-ceritera isapan jempol mereka. Tetapi untuk perbuatan mereka itu --hukuman telah lama tersedia dan --kebinasaan tidak akan tertunda. (2 Petrus 2:1-3)


*GEMBALA JEMAAT HARUS MEMPERHATIKAN APABILA ADA GURU-GURU PALSU YANG DI KUASAI HAWA NAFSU (DUNIAWI) - YANG MENCARI UNTUNG DENGAN CERITA ISAPAN JEMPOL MEREKA - AGAR JALAN KEBENARAN TIDAK DIHUJAT*

- Karena itu --jagalah dirimu dan jagalah seluruh --kawanan, karena kamulah yang --ditetapkan Roh Kudus menjadi --Penilik/ Gembala untuk --menggembalakan --jemaat Allah yang --diperoleh-Nya dengan darah Anak-Nya sendiri. - Aku tahu, bahwa sesudah aku pergi, --serigala-serigala yang ganas akan masuk ke tengah-tengah kamu dan tidak akan menyayangkan kawanan itu. -Bahkan dari antara kamu sendiri akan muncul beberapa orang, yang dengan --ajaran palsu mereka berusaha menarik murid-murid dari jalan yang benar dan supaya mengikut mereka. (Kisah Para Rasul 20:28-30)

- Guru-Guru Palsu itu adalah seperti --mata air yang kering, seperti --kabut yang dihalaukan taufan; bagi mereka telah tersedia tempat dalam kegelapan yang paling dahsyat. -Sebab mereka mengucapkan kata-kata yang --congkak dan --hampa dan mempergunakan --hawa nafsu cabul untuk --memikat orang-orang yang baru saja --melepaskan diri dari mereka yang hidup dalam --kesesatan. -Mereka --menjanjikan --kemerdekaan kepada orang lain, padahal mereka sendiri adalah hamba-hamba --kebinasaan, karena siapa yang dikalahkan orang, ia adalah hamba orang itu.

- Sebab jika mereka, oleh --pengenalan mereka akan Tuhan dan Juruselamat kita, Yesus Kristus, telah --melepaskan diri dari --kecemaran-kecemaran dunia, tetapi --terlibat lagi di dalamnya, maka akhirnya keadaan mereka --lebih buruk dari pada yang semula. -Karena itu bagi mereka adalah lebih baik, jika mereka --tidak pernah mengenal --Jalan Kebenaran dari pada mengenalnya, tetapi kemudian --berbalik dari perintah kudus yang disampaikan kepada mereka. -Bagi mereka cocok apa yang dikatakan peribahasa yang benar ini: "Anjing kembali lagi ke muntahnya, dan babi yang mandi kembali lagi ke kubangannya." (2 Petrus 2:17-22)


*GEMBALA JEMAAT HARUS MENJAGA AGAR JANGAN SAMPAI ADA IRI HATI DAN PERSELISIHAN DIANTARA PELAYAN-PELAYAN JEMAAT - KARENA YANG MEMBERI PERTUMBUHAN JEMAAT ADALAH ALLAH*

- Karena kamu masih manusia --duniawi. Sebab, jika di antara kamu ada --iri hati dan --perselisihan bukankah hal itu menunjukkan, bahwa kamu --manusia duniawi dan bahwa kamu --hidup secara manusiawi? -Karena jika yang seorang berkata: "Aku dari golongan Paulus," dan yang lain berkata: "Aku dari golongan Apolos," bukankah hal itu menunjukkan, bahwa kamu manusia duniawi yang bukan rohani? -Jadi, apakah Apolos? Apakah Paulus? Pelayan-pelayan Tuhan yang olehnya kamu menjadi percaya, masing-masing menurut jalan yang diberikan Tuhan kepadanya. - Aku menanam, Apolos menyiram, tetapi Allah yang memberi pertumbuhan. -Karena itu yang penting bukanlah yang menanam atau yang menyiram, --melainkan Allah yang memberi --pertumbuhan. -Baik yang --menanam maupun yang --menyiram adalah sama; dan masing-masing akan --menerima upahnya --sesuai dengan --pekerjaannya sendiri. -Karena kami adalah --kawan sekerja Allah; kamu adalah --ladang Allah, --bangunan Allah. (1 Korintus 3:4-9)


*SYARAT-SYARAT GEMBALA JEMAAT ATAU PENILIK JEMAAT - BIJAKSANA - BUKAN HAMBA UANG - SUKA MEMBERI TUMPANGAN - DAN LAIN-LAIN*

- Benarlah perkataan ini: "Orang yang menghendaki jabatan penilik jemaat/ gambala jemaat menginginkan pekerjaan yang indah." - Karena itu --penilik jemaat haruslah seorang yang --tak bercacat, --suami dari satu isteri, --dapat menahan diri, --bijaksana, --sopan, --suka memberi tumpangan, --cakap mengajar orang, - --bukan peminum, -bukan pemarah melainkan --peramah, --pendamai, bukan --hamba uang, -seorang --kepala keluarga yang baik, --disegani dan --dihormati oleh anak-anaknya. -Jikalau seorang --tidak tahu mengepalai keluarganya sendiri, bagaimanakah ia dapat --mengurus Jemaat Allah? - Janganlah ia seorang yang --baru bertobat, agar jangan ia menjadi --sombong dan kena hukuman Iblis. - Hendaklah ia juga mempunyai --nama baik di luar jemaat, agar jangan ia digugat orang dan jatuh ke dalam jerat Iblis.
(1 Timotius 3:1-7)


*HENDAKLAH DALAM JEMAAT ALLAH - DAN DALAM PERTEMUAN IBADAH - AGAR SALING MENASIHATI - SALING MEMPERHATIKAN - SALING MENDORONG DALAM KASIH - DAN DALAM PEKERJAAN BAIK*

- Karena itu marilah kita menghadap ALLAH dengan --hati yang tulus ikhlas dan --keyakinan iman yang teguh, oleh karena hati kita telah dibersihkan dari --hati nurani yang jahat dan tubuh kita telah --dibasuh dengan air yang murni.Marilah kita teguh berpegang pada --pengakuan tentang --pengharapan kita, sebab Ia, yang --menjanjikannya, setia.

- Dan marilah kita --saling memperhatikan supaya kita --saling mendorong dalam kasih dan dalam --pekerjaan baik. Janganlah kita menjauhkan diri dari --pertemuan-pertemuan ibadah kita, seperti dibiasakan oleh beberapa orang, tetapi marilah kita --saling menasihati, dan semakin giat melakukannya menjelang hari Tuhan yang mendekat. -Sebab jika kita s--engaja berbuat dosa, sesudah memperoleh --pengetahuan tentang kebenaran, maka tidak ada lagi --korban untuk --menghapus dosa itu. -Tetapi yang ada ialah kematian yang mengerikan akan penghakiman dan api yang dahsyat yang akan --menghanguskan semua orang durhaka. Jika ada orang yang menolak hukum Musa, ia dihukum mati tanpa belas kasihan atas keterangan dua atau tiga orang saksi. Betapa --lebih beratnya hukuman yang harus dijatuhkan atas dia, yang menginjak-injak Anak Allah, yang menganggap --najis darah perjanjian yang menguduskannya, dan yang --menghina Roh kasih karunia? Sebab kita mengenal Dia yang berkata: "Pembalasan adalah hak-Ku. Akulah yang akan menuntut pembalasan." Dan lagi: "Tuhan akan menghakimi umat-Nya." (Ibrani 10:22-30)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar