Rabu, 16 April 2014

HIKMAT DUNIA/ HIKMAT MANUSIA ADALAH KEBODOHAN BAGI ALLAH

*PERKATAAN YESUS ADALAH ROH DAN HIDUP - DAGING (HIKMAT MANUSIA/ PIKIRAN MANUSIA/ RANCANGAN MANUSIA) SAMA SEKALI TIDAK BERGUNA*

ROH-lah yang memberi --Hidup--, --Daging-- (Hikmat Manusia/ Pikiran Manusia/ Rancangan Manusia) sama sekali --tidak berguna. Perkataan-Perkataan yang --KU-katakan kepadamu (INJIL YESUS) adalah --ROH dan HIDUP--. (Yohanes 6:63)

Sebab aku mempunyai --Keyakinan yang --Kokoh dalam --INJIL-- (Perkataan-Perkataan YESUS) karena --INJIL-- adalah --Kekuatan ALLAH-- yang --Menyelamatkan-- Setiap Orang Yang PERCAYA--, pertama-tama orang Yahudi, tetapi juga orang Yunani. -Sebab di dalamnya nyata --kebenaran ALLAH--, yang bertolak dari --Iman dan --memimpin kepada --Iman, seperti ada tertulis: "Orang Benar akan Hidup oleh Iman." (Roma 1:16-17)

Karena --Hikmat Dunia ini (Hikmat Manusia) adalah --Kebodohan bagi ALLAH. Sebab ada tertulis: "Ia yang --menangkap --Orang Berhikmat-- dalam --Kecerdikannya." -Dan di tempat lain: "TUHAN mengetahui --Rancangan-Rancangan --0rang Berhikmat--; sesungguhnya semuanya --Sia-Sia Belaka." (1 Korintus 3:19-20)


*PEMBERITAAN TENTANG SALIB ADALAH KEBODOHAN BAGI MEREKA YANG AKAN BINASA - TETAPI BAGI MEREKA YANG DIPANGGIL/ DISELAMATKAN - KRISTUS ADALAH KEKUATAN ALLAH DAN HIKMAT ALLAH*

Lalu YESUS berkata kepada murid-murid-NYA: "SETIAP ORANG yang mau --Mengikut AKU ia --Harus --MENYANGLKAL DIRINYA, --MEMIKUL SALIBNYA dan MENGIKUT AKU.
(Matius 16:24)

Jikalau seorang datang kepada-Ku dan ia --LEBIH MENGASIHI-- bapanya, ibunya, isterinya, anak-anaknya, saudara-saudaranya laki-laki atau perempuan, bahkan Nyawanya sendiri, IA TIDAK LAYAK BAGI-KU. (Matius 10:34-39)

Demikian pulalah Tiap-Tiap orang di antara kamu, yang tidak --MELEPASKAN- Dirinya dari --segala miliknya, IA TIDAK DAPAT MENJADI MURID-KU. (Lukas 14:33)

Sebab --Pemberitaan tentang --SALIB-- memang adalah --Kebodohan bagi mereka yang akan --Binasa, tetapi bagi kita yang --Diselamatkan-- pemberitaan itu adalah --Kekuatan ALLAH--. -Karena ada tertulis: "Aku akan --membinasakan --Hikmat orang-orang berhikmat-- dan ---Kearifan orang-orang bijak-- akan KU-lenyapkan."

Di manakah orang yang berhikmat? Di manakah ahli Taurat? Di manakah --Pembantah dari Dunia ini? Bukankah ALLAH telah membuat --Hikmat Dunia ini menjadi --Kebodohan? -Oleh karena Dunia, dalam --Hikmat ALLAH, --tidak mengenal ALLAH oleh hikmatnya, maka ALLAH berkenan --Menyelamatkan mereka yang --PERCAYA oleh --Kebodohan Pemberitaan INJIL.

Orang-orang Yahudi menghendaki --Tanda-- dan orang-orang Yunani mencari --Hikmat--, -tetapi kami memberitakan KRISTUS yang disalibkan: untuk orang-orang Yahudi suatu batu --sandungan-- dan untuk orang-orang bukan Yahudi suatu --kebodohan--, -tetapi untuk mereka yang --Dipanggil--, baik orang Yahudi, maupun orang bukan Yahudi, --KRISTUS adalah --Kekuatan ALLAH dan --Hikmat ALLAH. (1 Korintus 1:18-24)


*SEBAB YANG BODOH DARI ALLAH LEBIH BESAR HIKMATNYA DARI PADA MANUSIA - YANG LEMAH DARI ALLAH LEBIH KUAT DARI PADA MANUSIA - YANG BODOH BAGI DUNIA DIPILIH ALLAH UNTUK MEMALUKAN ORANG-ORANG YANG BERHIKMAT - YANG LEMAH BAGI DUNIA DIPILIH ALLAH UNTUK MEMALUKAN APA YANG KUAT - YANG TIDAK TERPANDANG DAN YANG HINA DAN YANG TIDAK BERARTI BAGI DUNIA DIPILIH ALLAH UNTUK MENIADAKAN APA YANG BERARTI*

Sebab yang --bodoh dari Allah --lebih besar hikmatnya-- dari pada --manusia dan yang --lemah dari Allah --lebih kuat dari pada manusia--. -Ingat saja, saudara-saudara, bagaimana keadaan kamu, ketika kamu dipanggil: menurut ukuran manusia --tidak banyak orang yang bijak, --tidak banyak orang yang berpengaruh, --tidak banyak orang yang terpandang.

Tetapi apa yang --bodoh bagi dunia, dipilih Allah untuk --memalukan orang-orang yang berhikmat, dan apa yang --lemah bagi dunia, dipilih Allah untuk memalukan apa yang --kuat, -dan apa yang --tidak terpandang dan yang --hina bagi dunia, dipilih Allah, bahkan apa yang --tidak berarti, dipilih Allah untuk meniadakan apa yang --berarti, - supaya jangan ada seorang manusiapun yang --memegahkan diri di hadapan Allah.

Tetapi oleh DIA kamu berada dalam KRISTUS YESUS, yang oleh ALLAH telah menjadi hikmat bagi kita. Ia --membenarkan dan --menguduskan dan --menebus kita. -Karena itu seperti ada tertulis: "Barangsiapa yang bermegah, hendaklah ia --bermegah di dalam TUHAN." (1 Korintus 1:25-31)


*HIKMAT YANG DARI ATAS/ HIKMAT DARI ALLAH MENUNTUN KEPADA HIDUP YANG KEKAL - TETAPI HIKMAT YANG DARI DUNIA/ HIKMAT MANUSIA/ NAFSU MANUSIA/ SETAN-SETAN MENUJU KEPADA KEBINASAAN*

Siapakah di antara kamu yang --Bijak dan Berbudi? Baiklah ia dengan cara hidup yang baik menyatakan perbuatannya oleh --Hikmat yang lahir dari kelemahlembutan--. - Jika kamu menaruh --Perasaan --Iri Hati-- dan kamu --Mementingkan Diri Sendiri-- Janganlah kamu --Memegahkan Diri-- dan --Janganlah --Berdusta Melawan Kebenaran! -

Itu --bukanlah --Hikmat Yang Datang dari Atas/ ALLAH--, tetapi dari --DUNIA--, dari --NAFSU MANUSIA--, dari --SETAN-SETAN--. - Sebab di mana ada --Iri Hati-- dan --Mementingkan Diri Sendiri-- di situ ada --Kekacauan dan segala macam --Perbuatan Jahat. -Tetapi Hikmat Yang Dari Atas-- adalah pertama-tama --Murni, selanjutnya --Pendamai, --Peramah, --Penurut, --Penuh Belas Kasihan dan --Buah-Buah Yang Baik (Roh), --Tidak Memihak dan --Tidak Munafik. -Dan Buah yang terdiri dari --Kebenaran ditaburkan dalam --Damai untuk mereka yang mengadakan Damai. (Yakobus 3:13-18)


*ANAK-ANAK DUNIA LEBIH CERDIK TERHADAP SESAMANYA DARI PADA ANAK-ANAK TERANG - TETAPI IKATLAH PERSAHABATAN DENGAN MAMON YANG TIDAK JUJUR (MENGASIHI SESAMA) - SEBAB TIDAK DAPAT MENGABDI KEPADA ALLAH DAN MAMON*

Lalu tuan itu memuji bendahara yang --tidak jujur itu, karena ia telah bertindak dengan --cerdik. Sebab --Anak-Anak Dunia-- ini --lebih --Cerdik terhadap sesamanya dari pada --Anak-AnakTerang--. -Dan Aku berkata kepadamu: --Ikatlah Persahabatan dengan mempergunakan --Mamon Yang Tidak Jujur (Harta Duniawi), supaya jika Mamon itu tidak dapat menolong lagi, kamu diterima di dalam --Kemah Abad (Sorga)i." - Barangsiapa --Setia dalam --Perkara-perkara Kecil (Perkara Duniawi) , ia --Setia juga dalam --perkara-perkara Besar (Perkara Sorgawi). -Dan barangsiapa --Tidak Benar dalam --Perkara-perkara Kecil, ia Tidak Benar juga dalam --Perkara-perkara Besar.

Jadi, jikalau kamu-- Tidak setia dalam hal Mamon yang Tidak Jujur, siapakah yang akan mempercayakan kepadamu --Harta yang sesungguhnya/ Harta Sorgawi? -Dan jikalau kamu tidak setia dalam harta orang lain, siapakah yang akan menyerahkan hartamu sendiri kepadamu?

 Seorang Hamba tidak dapat --Mengabdi kepada --DUA TUAN--. Karena jika demikian ia akan --membenci yang seorang dan --mengasihi yang lain, atau ia akan setia kepada yang seorang dan tidak mengindahkan yang lain. Kamu tidak dapat --Mengabdi kepada --ALLAH dan kepada --Mamon."

Semuanya itu didengar oleh orang-orang --Farisi, --HAMBA-HAMBA UANG- itu, dan mereka mencemoohkan Dia.-Lalu Ia berkata kepada mereka: "Kamu membenarkan diri di hadapan orang, tetapi ALLAH --mengetahui --Hatimu. Sebab apa yang --Dikagumi Manusia (MAMON), --Dibenci oleh ALLAH. (Lukas 16:8-15)


*KEKAYAAN ADALAH KETAMAKAN DAN KEBODOHAN BAGI ALLAH - YANG MEMBAWA MANUSIA KEPADA KEBINASAAN - KARENA TIDAK MEMILIKI HIKMAT ALLAH*

Kata-Nya lagi kepada mereka: "Berjaga-jagalah dan --Waspadalah terhadap segala --KETAMAKAN, sebab walaupun seorang --berlimpah-limpah -Hartanya, --Hidupnya tidaklah tergantung dari pada --KEKAYAANnya itu."

Kemudian Ia mengatakan kepada mereka suatu perumpamaan, kata-Nya: "Ada seorang kaya, tanahnya berlimpah-limpah hasilnya. - Ia bertanya dalam hatinya: Apakah yang harus aku perbuat, sebab aku tidak mempunyai tempat di mana aku dapat menyimpan hasil tanahku. -Lalu katanya: Inilah yang akan aku perbuat; aku akan merombak lumbung-lumbungku dan aku akan mendirikan yang lebih besar dan aku akan menyimpan di dalamnya segala gandum dan barang-barangku. Sesudah itu aku akan berkata kepada jiwaku: --Jiwaku, ada padamu banyak barang, tertimbun untuk bertahun-tahun lamanya; --beristirahatlah, makanlah, minumlah dan bersenang-senanglah!

Tetapi --Firman ALLAH kepadanya: Hai Engkau --ORANG BODOH--, pada malam ini juga --JIWAmu akan diambil dari padamu, dan apa yang telah kausediakan, untuk siapakah itu nanti? Demikianlah jadinya dengan orang yang --mengumpulkan Harta bagi dirinya sendiri, jikalau ia tidak kaya di hadapan ALLAH." (Lukas 12:15-21)

Janganlah kamu --mengumpulkan --Harta di Bumi; di Bumi ngengat dan karat merusakkannya dan pencuri membongkar serta mencurinya. -Tetapi kumpulkanlah bagimu --HARTA DI SORGA--; di Sorga ngengat dan karat tidak merusakkannya dan pencuri tidak membongkar serta mencurinya.

Karena di mana --Hartamu berada, di situ juga --Hatimu berada. --Mata adalah --Pelita tubuh. Jika --Matamu baik, --Teranglah seluruh Tubuhmu; -jika --Matamu Jahat, --Gelaplah seluruh Tubuhmu. Jadi jika Terang yang ada padamu gelap, betapa gelapnya Kegelapan itu. (Matius 6:19-23)


*KEKAYAAN YANG ADA DI DALAM DUNIA - KEINGINAN DAGING-KEINGINAN MATA-KEANGKUHAN HIDUP BUKAN BERASAL DARI ALLAH - MELAINKAN DARI HIKMAT DUNIA/ IBLIS/ SETAN-SETAN*

Tetapi CELAKALAH kamu, hai kamu yang KAYA, karena dalam Kekayaanmu kamu telah memperoleh --Penghiburanmu. (Lukas 6:24)

Kita tahu, bahwa kita berasal dari ALLLAH dan --Seluruh Dunia-- berada -di bawah --KUASA-- si Jahat/ Iblis/ Setan-Setan. (1 Yohanes 5:19)

Janganlah kamu --Mengasihi Dunia dan apa yang ada di dalamnya. Jikalau orang --Mengasihi Dunia, maka --Kasih akan BAPA --Tidak Ada-- di dalam orang itu. Sebab --Semua yang ada di dalam Dunia--, yaitu --Keinginan Daging dan --Keinginan Mata serta --Keangkuhan Hidup, bukanlah --berasal dari BAPA, --Melainkan dari Dunia/ Iblis/ Setan-Setan. -Dan Dunia ini sedang --lenyap dengan keinginannya, tetapi orang yang melakukan --Kehendak ALLAH tetap --Hidup --selama-lamanya. (1 Yohanes 2:15-17)

Hai kamu, orang-orang yang --TIDAK SETIA! Tidakkah kamu tahu, bahwa --Persahabatan dengan Dunia-- adalah --Permusuhan dengan ALLAH? Jadi barangsiapa hendak menjadi --Sahabat Dunia-- ini, ia menjadikan dirinya --Musuh ALLAH--. Janganlah kamu menyangka, bahwa Kitab Suci tanpa alasan berkata: "Roh yang ditempatkan ALLAH di dalam diri kita, diingini-Nya dengan cemburu!" (Yakobus 4:4-5)


*ORANG YANG INGIN KAYA JATUH DALAM PENCOBAN DAN KEBINASAAN - KARENA AKAR SEGALA KEJAHATAN IALAH CINTA UANG*

Sebab kita tidak --membawa sesuatu apa --Ke dalam Dunia-- dan kitapun tidak dapat --membawa apa-apa --Keluar--. -Asal ada Makanan dan Pakaian, Cukuplah. -Tetapi mereka yang --INGIN KAYA-- terjatuh ke dalam --Pencobaan, ke dalam --Jerat dan ke dalam berbagai-bagai --Nafsu yang --Hampa dan yang --Mencelakakan, yang --Menenggelamkan Manusia ke dalam --Keruntuhan dan --Kebinasaan. -

Karena --AKAR SEGALA KEJAHATAN IALAH CINTA UANG--. Sebab oleh memburu --Uanglah beberapa orang telah --Menyimpang dari --Iman dan --Menyiksa dirinya dengan --Berbagai-bagai Duka. (1 Timotius 6:7-10)


*MENJUAL SEGALA MILIK DAN HARTA - DAN MEMBERIKANNYA SEDEKAH - MAKA ALLAH AKAN MEMBERIKAN KERAJAAN-NYA KEPADAMU - KARENA DIMANA HARTAMU BERADA DISITU JUGA HATIMU BERADA*

Semua itu --Dicari --Bangsa-Bangsa di Dunia yang --Tidak Mengenal ALLAH--. Akan tetapi BAPA-mu tahu, bahwa kamu memang --memerlukan semuanya itu. -Tetapi carilah --KERAJAAN-NYA, maka semuanya itu akan --Ditambahkan juga kepadamu. -Janganlah takut, hai kamu kawanan kecil! Karena Bapamu telah berkenan memberikan kamu --KERAJAAN itu. -Juallah segala --milikmu dan berikanlah --sedekah! Buatlah bagimu --pundi-pundi yang --tidak dapat menjadi tua, suatu --HARTA DI SORGA-- yang tidak akan habis, yang --tidak dapat didekati pencuri dan yang --tidak dirusakkan ngengat. -Karena di mana --Hartamu berada, di situ juga --Hatimu berada." (Lukas 12:30-34)

Jadi sekarang, hai kamu yang berkata: "Hari ini atau besok kami berangkat ke kota anu, dan di sana kami akan tinggal setahun dan berdagang serta mendapat untung", -sedang kamu tidak tahu apa yang akan terjadi besok. Apakah arti hidupmu?

HIDUPmu itu sama seperti --UAP-- yang sebentar saja ---Kelihatan lalu --LENYAP--.-Sebenarnya kamu harus berkata: "Jika Tuhan menghendakinya, kami akan hidup dan berbuat ini dan itu." -Tetapi sekarang kamu --memegahkan diri dalam --congkakmu, dan semua --kemegahan yang demikian adalah salah. - Jadi jika seorang tahu bagaimana ia harus --berbuat baik, tetapi ia --tidak melakukannya, ia --berdosa. (Yakonus 4:13-17)

Yesus berkata kepada murid-murid-Nya: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya SUKAR SEKALI bagi seorang KAYA untuk masuk ke dalam KERAJAAN SORGA. --Sekali lagi Aku berkata kepadamu, --Lebih Mudah Seekor Unta masuk melalui lobang jarum Dari Pada seorang KAYA masuk ke dalam KERAJAAN ALLAH." (Matius 19:23-24)


*TERKUTUKLAH ORANG YANG MENGANDALKAN MANUSIA/ KEKUATANNYA SENDIRI - TETAPI DIBERKATILAH ORANG YANG MENGANDALKAN TUHAN - MANUSIA YANG BAIK DAN BENAR ADALAH YANG MELAKUKAN PERINTAH YESUS/ FIRMAN KRISTUS - KARENA TUHAN YESUS AKAN MEMBALAS SETIAP ORANG MENURUT PERBUATANNYA*

Pada waktu YESUS berangkat untuk meneruskan perjalanan-Nya, datanglah seorang berlari-lari mendapatkan Dia dan sambil bertelut di hadapan-Nya ia bertanya: "GURU YANG BAIK, apa yang harus kuperbuat untuk memperoleh --Hidup Yang Kekal?" Jawab Yesus: "Mengapa kaukatakan AKU BAIK? TAK SEORANGPUN YANG BAIK SELAIN DARI PADA ALLAH SAJA. (Markus 10:17-18)
(Yesus mengatakan demikian karena orang itu menganggap Yesus adalah manusia yang sama seperti dia - Dihadapan YESUS tidak ada manusia yang baik kecuali yang melakukan Perintah-NYA)

- Beginilah Firman TUHAN: "Terkutuklah orang yang --Mengandalkan --Manusia, yang mengandalkan --Kekuatannya Sendiri, dan yang --Hatinya --Menjauh dari pada TUHAN! -Ia akan seperti semak bulus di padang belantara, ia tidak akan mengalami datangnya keadaan baik; ia akan tinggal di tanah angus di padang gurun, di negeri padang asin yang tidak berpenduduk.

- Diberkatilah orang yang --Mengandalkan TUHAN, yang --Menaruh Harapannya pada TUHAN! -Ia akan seperti pohon yang ditanam di tepi air, yang merambatkan akar-akarnya ke tepi batang air, dan yang tidak mengalami datangnya panas terik, yang daunnya tetap hijau, yang tidak kuatir dalam tahun kering, dan yang tidak berhenti menghasilkan buah.

- Betapa --Liciknya Hati, --lebih licik dari pada --segala sesuatu, --hatinya sudah --membatu: siapakah yang dapat mengetahuinya? -AKU, TUHAN, yang --Menyelidiki Hati, yang --Menguji Batin, untuk memberi --Balasan kepada setiap orang --Setimpal dengan --Tingkah Langkahnya, --Setimpal dengan hasil --Perbuatannya." (Yeremia 17:5-10)

Sebab ANAK MANUSIA (TUHAN YESUS) akan --datang dalam --Kemuliaan BAPA-NYA diiringi --Malaikat-Malaikat-Nya; pada waktu itu Ia akan --MEMBALAS-- Setiap Orang menurut --PERBUATANNYA--. (Matius 16:27)



*TERKUTUKLAH ORANG YANG MENGANDALKAN MANUSIA/ KEKUATANNYA SENDIRI - TETAPI DIBERKATILAH ORANG YANG MENGANDALKAN TUHAN - MANUSIA YANG BAIK DAN BENAR ADALAH YANG MELAKUKAN PERINTAH YESUS/ FIRMAN KRISTUS - KARENA TUHAN YESUS AKAN MEMBALAS SETIAP ORANG MENURUT PERBUATANNYA*

Pada waktu YESUS berangkat untuk meneruskan perjalanan-Nya, datanglah seorang berlari-lari mendapatkan Dia dan sambil bertelut di hadapan-Nya ia bertanya: "GURU YANG BAIK, apa yang harus kuperbuat untuk memperoleh --Hidup Yang Kekal?" Jawab Yesus: "Mengapa kaukatakan AKU BAIK? TAK SEORANGPUN YANG BAIK SELAIN DARI PADA ALLAH SAJA. (Markus 10:17-18) (Yesus mengatakan demikian karena orang itu menganggap Yesus adalah manusia yang sama seperti dia - Dihadapan YESUS tidak ada manusia yang baik kecuali yang melakukan Perintah-NYA))

- Beginilah Firman TUHAN: "Terkutuklah orang yang --Mengandalkan --Manusia, yang mengandalkan --Kekuatannya Sendiri, dan yang --Hatinya --Menjauh dari pada TUHAN! -Ia akan seperti semak bulus di padang belantara, ia tidak akan mengalami datangnya keadaan baik; ia akan tinggal di tanah angus di padang gurun, di negeri padang asin yang tidak berpenduduk.

- Diberkatilah orang yang --Mengandalkan TUHAN, yang --Menaruh Harapannya pada TUHAN! -Ia akan seperti pohon yang ditanam di tepi air, yang merambatkan akar-akarnya ke tepi batang air, dan yang tidak mengalami datangnya panas terik, yang daunnya tetap hijau, yang tidak kuatir dalam tahun kering, dan yang tidak berhenti menghasilkan buah.

- Betapa --Liciknya Hati, --lebih licik dari pada --segala sesuatu, --hatinya sudah --membatu: siapakah yang dapat mengetahuinya? -AKU, TUHAN, yang --Menyelidiki Hati, yang --Menguji Batin, untuk memberi --Balasan kepada setiap orang --Setimpal dengan --Tingkah Langkahnya, --Setimpal dengan hasil --Perbuatannya." (Yeremia 17:5-10)

Sebab ANAK MANUSIA (TUHAN YESUS) akan --datang dalam --Kemuliaan BAPA-NYA diiringi --Malaikat-Malaikat-Nya; pada waktu itu Ia akan --MEMBALAS-- Setiap Orang menurut --PERBUATANNYA--. (Matius 16:27)

1 komentar:

  1. Shalom bapak, ibu dan saudara/i yang dikasihi oleh Tuhan. Apakah ada diantara bapak, ibu maupun saudara/i yang pernah mendengar tentang Shema Yisrael dan V'ahavta? Kalimat pernyataan keesaan YHWH ( Adonai/ Hashem ) dan perintah untuk mengasihiNya yang dapat kita temukan dalam Ulangan/ דברים/ Devarim 6 : 4 - 5 yang juga pernah dikutip oleh Yeshua/ ישוע/ Yesus di dalam Injil khususnya dalam Markus 12 : 29 - 31( juga di Matius 22 : 37 - 39 dan Lukas 10 : 27 ), sementara perintah untuk mengasihi sesama manusia dapat kita temukan dalam Imamat/ ויקרא/ Vayikra 19 : 18. Mari kita pelajari cara membacanya satu-persatu seperti yang akan dijabarkan di bawah ini :

    Ulangan/ דברים/ Devarim 6 : 4 - 5, " שְׁמַ֖ע יִשְׂרָאֵ֑ל יְהֹוָ֥ה אֱלֹהֵ֖ינוּ יְהֹוָ֥ה ׀ אֶחָֽד׃. וְאָ֣הַבְתָּ֔ אֵ֖ת יְהֹוָ֣ה אֱלֹהֶ֑יךָ בְּכׇל־לְבָבְךָ֥ וּבְכׇל־נַפְשְׁךָ֖ וּבְכׇל־מְאֹדֶֽךָ׃. "

    [ Cara membacanya dengan mengikuti aturan tata bahasa Ibrani yang berlaku, " Shema Yisrael! YHWH [ Adonai ] Eloheinu, YHWH [ Adonai ] ekhad. V'ahavta e YHWH [ Adonai ] Eloheikha bekol levavkha uvkol nafshekha uvkol me'odekha ]

    Imamat/ ויקרא/ Vayikra 19 : 18, " וְאָֽהַבְתָּ֥ לְרֵעֲךָ֖ כָּמ֑וֹךָ. "

    [ Cara membacanya dengan mengikuti aturan tata bahasa Ibrani yang berlaku, " V'ahavta l'reakha kamokha " ]

    Untuk artinya dapat dilihat pada Alkitab LAI.

    Diucapkan juga kalimat berkat seperti ini setelah diucapkannya Shema

    " . בָּרוּךְ שֵׁם כְּבוֹד מַלְכוּתוֹ לְעוֹלָם וָעֶד. "
    ( Barukh Shem kevod malkuto, le'olam va'ed, artinya Diberkatilah Nama yang mulia, KerajaanNya untuk selamanya )
    🕎✡️🐟🤚🏻👁️📜✍🏼🕯️❤️🤴🏻👑🗝️🛡️🗡️🏹⚖️⚓🕍✝️🗺️🌫️☀️🌒⚡🌈🌌🔥💧🌊🌬️❄️🌱🌾🍇🍎🍏🌹🍷🥛🍯🦁🦅🐂🐏🐑🐎🦌🐪🕊️🐍₪🇮🇱

    BalasHapus