Selasa, 15 April 2014

SIAPA SAJAKAH YANG AKAN DIANGKAT PADA KEBANGKITAN PERTAMA - PADA KEBANGKITAN ORANG-ORANG BENAR? - DAN APAKAH SYARAT-SYARATNYA?

*ORANG-ORANG PERCAYA YESUS YANG AKAN DIBANGKITKAN PADA KEBANGKITAN PERTAMA - MENURUT PERKATAAN YESUS - DI DALAM INJIL KERAJAAN ALLAH/ FIRMAN KRISTUS/ INJIL YESUS KRISTUS*

I. *ORANG-ORANG PERCAYA YESUS - YANG HIDUP DALAM KEBENARAN FIRMAN-NYA - HIDUP DALAM PENDERITAAN DAN ANIAYA DI DALAM DUNIA - KARENA KESAKSIAN KRISTUS*

Karena begitu besar --kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang --percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh --hidup yang kekal--.(Yohanes 3:16).

Kata Yesus kepadanya: "Akulah --Jalan dan --Kebenaran dan --Hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku. (Yohanes 14:6)

Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa mendengar perkataan-Ku dan percaya kepada Dia yang mengutus Aku, ia mempunyai hidup yang kekal dan --tidak turut dihukum, sebab ia sudah pindah dari dalam --maut ke dalam --hidup. (Yohanes 5:24)

Sebab inilah kehendak Bapa-Ku, yaitu supaya setiap orang, yang --melihat Anak dan yang --percaya kepada-Nya beroleh --hidup yang kekal, dan supaya Aku --membangkitkannya pada --akhir zaman." (Yohanes 6:40)

Aku telah datang ke dalam dunia sebagai --terang, supaya setiap orang yang --percaya kepada-Ku, jangan tinggal di dalam --kegelapan. Dan jikalau seorang --mendengar perkataan-Ku, tetapi --tidak melakukannya, Aku tidak menjadi --hakimnya, sebab Aku datang --bukan untuk --menghakimi dunia, melainkan untuk --menyelamatkannya. Barangsiapa --menolak Aku, dan --tidak menerima perkataan-Ku, ia sudah ada -Hakimnya, yaitu --Firman yang telah Kukatakan, itulah yang akan menjadi hakimnya pada akhir zaman. (Firman Kristus/ Injil Yesus Kristus)

Sebab Aku berkata-kata --bukan dari diri-Ku sendiri, tetapi Bapa, yang mengutus Aku, Dialah yang --memerintahkan Aku untuk --mengatakan apa yang harus Aku katakan dan Aku sampaikan. Dan Aku tahu, bahwa perintah-Nya itu adalah --hidup yang kekal. Jadi apa yang Aku katakan, Aku menyampaikannya sebagaimana yang --difirmankan oleh Bapa kepada-Ku." (Yohanes 12:46-50)

Setiap orang yang --mengakui AKU di depan manusia, Aku juga akan --mengakuinya di depan BAPA-KU yang di sorga. Tetapi barangsiapa --menyangkal Aku di depan manusia, Aku juga akan --menyangkalnya di depan Bapa-Ku yang di sorga." (Matius 10:32-33)

Sebab barangsiapa --malu karena AKU dan karena --Perkataan-KU, Anak Manusia juga akan --malu karena orang itu, apabila Ia datang kelak dalam ---Nya dan dalam --kemuliaan Bapa dan malaikat-malaikat kudus. (Lukas 9: 22-27)

Masuklah melalui --Pintu Yang Sesak itu (Yesus + Kerajan Allah), karena --lebarlah Pintu dan --Luaslah Jalan (Kerajaan Dunia) yang menuju kepada --kebinasaan, dan banyak orang yang masuk melaluinya; karena --Sesaklah Pintu dan --Sempitlah Jalan yang menuju kepada --Kehidupan--, dan --Sedikit Orang yang mendapatinya." (Matius 7:13-14)

Jawab Yesus kepada orang-orang di situ: "Berjuanglah untuk masuk melalui --Pintu Yang Sesak itu! (Yesus + Kerajaan Allah) Sebab Aku berkata kepadamu: Banyak orang akan berusaha untuk masuk, tetapi tidak akan dapat. (Lukas 13:34)

Lalu Yesus berkata kepada murid-murid-Nya: "Setiap orang yang mau --mengikut Aku, ia harus --menyangkal dirinya, --memikul salibnya dan mengikut Aku. -Karena barangsiapa mau --menyelamatkan nyawanya, ia akan --kehilangan nyawanya; tetapi barangsiapa --kehilangan nyawanya karena Aku, ia akan --memperolehnya. (Matius 16:24-25)

Barangsiapa mencintai nyawanya, ia akan kehilangan --nyawanya, tetapi barangsiapa --tidak mencintai --nyawanya di dunia ini, ia akan memeliharanya untuk --hidup yang kekal. (Yohanes 12:25)

Jangan kamu menyangka, bahwa Aku datang untuk --membawa damai di atas bumi; Aku datang bukan untuk membawa damai, melainkan pedang. -Sebab Aku datang untuk --memisahkan orang dari ayahnya, anak perempuan dari ibunya, menantu perempuan dari ibu mertuanya, -dan musuh orang ialah orang-orang seisi rumahnya. -Barangsiapa --mengasihi bapa atau ibunya lebih dari pada-Ku, ia --tidak layak bagi-Ku; dan barangsiapa mengasihi anaknya laki-laki atau perempuan lebih dari pada-Ku, ia --tidak layak bagi-Ku. -Barangsiapa tidak memikul salibnya dan mengikut Aku, ia --tidak layak bagi-Ku. (Matius 10:34-37)

Juallah --segala milikmu dan --berikanlah Sedekah! Buatlah bagimu pundi-pundi yang tidak dapat menjadi tua, suatu --harta di Sorga yang tidak akan habis, yang tidak dapat didekati pencuri dan yang tidak dirusakkan ngengat. -Karena di mana --hartamu berada, di situ juga --hatimu berada." (Lukas 12:33-34)
Demikian pulalah --tiap-tiap orang di antara kamu, yang --tidak melepaskan dirinya dari --segala miliknya, tidak dapat menjadi murid-Ku. (Lukas 14:33)

Kata Yesus kepada mereka: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya pada waktu --penciptaan kembali, apabila Anak Manusia bersemayam di --takhta kemuliaan-Nya--, kamu, yang telah --mengikut Aku, akan duduk juga di atas dua belas takhta untuk menghakimi kedua belas suku Israel. -Dan setiap orang yang karena nama-Ku --meninggalkan rumahnya, saudaranya laki-laki atau saudaranya perempuan, bapa atau ibunya, anak-anak atau ladangnya, akan menerima kembali --seratus kali lipat dan akan memperoleh --hidup yang kekal--. Tetapi banyak orang yang --terdahulu akan menjadi yang --terakhir, dan yang --terakhir akan menjadi yang --terdahulu." (Matius 19:28-30)

Tetapi Injil harus --diberitakan dahulu kepada --semua bangsa. Dan jika kamu digiring dan diserahkan, janganlah kamu kuatir akan apa yang harus kamu katakan, tetapi katakanlah apa yang dikaruniakan kepadamu pada saat itu juga, sebab bukan kamu yang berkata-kata, melainkan --Roh Kudus. Seorang saudara akan menyerahkan saudaranya untuk dibunuh, demikian juga seorang ayah terhadap anaknya. Dan anak-anak akan memberontak terhadap orang tuanya dan akan membunuh mereka. Kamu akan --dibenci semua orang oleh karena nama-Ku. Tetapi orang yang --bertahan sampai pada kesudahannya ia akan --selamat.". (Markus 13:10-13)

Tetapi orang yang --bertahan sampai pada --kesudahannya akan --selamat. Dan Injil Kerajaan ini akan --diberitakan di seluruh dunia menjadi --kesaksian bagi semua bangsa, sesudah itu barulah tiba --kesudahannya." (Matius 24:13-14)


II. *ORANG-ORANG PERCAYA YESUS YANG TELAH MENERIMA BAPTISAN AIR - BAPTISAN ROH KUDUS - BAPTISAN API - YANG IMANNYA TELAH DI SUCIKAN DAN MURNIKAN MELALUI PENDERITAAN - YANG HIDUP SEBAGAI WARGA KERAJAAN ALLAH - BUKAN YANG HIDUP SEBAGAI ANAK KERAJAAN DUNIA*

Atas pertanyaan orang-orang Farisi, apabila KERAJAAN ALLAH akan datang, Yesus menjawab, kata-Nya: "Kerajaan Allah datang --tanpa --tanda-tanda lahiriah (Dalam Roh/ Supranatural), juga orang tidak dapat mengatakan: Lihat, ia ada --di sini atau ia ada --di sana! (Bukan dalam bentuk Bangunan/ Fisik) -Sebab sesungguhnya Kerajaan Allah ada di antara kamu / di tengah-tengah kamu/ di dalam hatimu." (Lukas 17:20:21)

AKU berkata kepadamu, sesungguhnya jika Seorang Tidak -Dilahirkan Kembali- (Lahir Baru), ia -Tidak Dapat Melihat- KERAJAAN ALLAH/ KERAJAAN SORGA." (Yohanes 3:3)

AKU berkata kepadamu, sesungguhnya jika Seorang Tidak --Diilahirkan dari -AIR- dan -ROH-, ia -Tidak Dapat Masuk- Ke Dalam KERAJAAN ALLAH/ KERAJAAN SORGA.. -Apa yang dilahirkan dari Daging, adalah Daging, dan apa yang dilahirkan dari ROH, adalah Roh. (Yohanes 3:5-6)

Aku --membaptis kamu dengan -AIR- sebagai -Tanda Pertobatan-, tetapi Ia yang datang kemudian dari padaku lebih berkuasa dari padaku dan aku tidak layak melepaskan kasut-Nya. Ia akan --membaptiskan kamu dengan -Roh Kudus- dan dengan -Api-. (Matius 3:11)

Jikalau kamu --mengasihi Aku, kamu akan --menuruti segala --perintah-Ku. Aku akan --minta kepada Bapa, dan Ia akan --memberikan kepadamu seorang --Penolong yang lain (Roh Kudus), supaya Ia --menyertai kamu --selama-lamanya, yaitu Roh Kebenaran. Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu.

Barangsiapa --memegang --perintah-Ku dan --melakukannya, dialah yang mengasihi Aku. Dan barangsiapa --mengasihi Aku, ia akan dikasihi oleh Bapa-Ku dan Akupun akan --mengasihi dia dan akan --menyatakan diri-Ku kepadanya." Yudas, yang bukan Iskariot, berkata kepada-Nya: "Tuhan, apakah sebabnya maka Engkau hendak menyatakan diri-Mu kepada kami, dan --bukan kepada dunia?" Jawab Yesus: "Jika seorang --mengasihi Aku, ia akan --menuruti firman-Ku dan Bapa-Ku akan --mengasihi dia dan Kami akan --datang kepadanya dan diam --bersama-sama dengan dia. Barangsiapa --tidak mengasihi Aku, ia --tidak menuruti --firman-Ku; dan firman yang kamu dengar itu bukanlah dari pada-Ku, melainkan dari Bapa yang mengutus Aku.

Semuanya itu Kukatakan kepadamu, selagi Aku berada .bersama-sama dengan kamu; --tetapi Penghibur/ Penolong, yaitu --Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan --mengajarkan --segala sesuatu kepadamu dan akan --mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu. Damai sejahtera Kutinggalkan bagimu. Damai sejahtera-Ku Kuberikan kepadamu, dan --apa yang --Kuberikan --tidak seperti yang --diberikan oleh --dunia kepadamu. Janganlah gelisah dan gentar hatimu.Kamu telah mendengar, bahwa Aku telah berkata kepadamu: Aku pergi, tetapi Aku --datang kembali kepadamu. Sekiranya kamu --mengasihi Aku, kamu tentu akan --bersukacita karena Aku pergi kepada Bapa-Ku, sebab Bapa lebih besar dari pada Aku. (Yohanes 14:15-28)

Tetapi apabila Ia (Roh Kusus) datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan --memimpin kamu ke dalam seluruh --kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang --didengar-Nya itulah yang akan --dikatakan-Nya dan Ia akan --memberitakan kepadamu --hal-hal yang akan datang. (Yohanes 16:13)

Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya kamu akan --menangis dan --meratap, tetapi --dunia akan bergembira; kamu akan --berdukacita, tetapi dukacitamu akan berubah menjadi --sukacita. (Yohanes 16:20)

Demikian juga kamu sekarang diliputi --dukacita, tetapi Aku akan melihat kamu lagi dan hatimu akan --bergembira dan tidak ada seorangpun yang dapat --merampas kegembiraanmu itu dari padamu. (Yohanes 16:22)

Semuanya itu Kukatakan kepadamu, supaya kamu beroleh --damai sejahtera dalam Aku. Dalam dunia kamu --menderita penganiayaan, tetapi --kuatkanlah hatimu, Aku telah --mengalahkan dunia." (Yohanes 16:33)

Aku telah memberikan --Firman-Mu kepada mereka dan --dunia membenci mereka, karena mereka --bukan dari dunia, sama seperti Aku --bukan dari dunia. -Aku tidak meminta, supaya Engkau mengambil mereka dari dunia, tetapi supaya Engkau --melindungi mereka dari pada yang jahat. -Mereka bukan dari dunia, sama seperti Aku bukan dari dunia. -Kuduskanlah mereka dalam --kebenaran; firman-Mu adalah --kebenaran. (Yohanes 17:14-17)

Janganlah gelisah hatimu; percayalah kepada Allah, percayalah juga kepada-Ku. -Di rumah Bapa-Ku banyak --tempat tinggal. Jika tidak demikian, tentu Aku mengatakannya kepadamu. Sebab Aku pergi ke situ untuk --menyediakan --tempat bagimu. Dan apabila Aku telah --pergi ke situ dan telah --menyediakan tempat bagimu, Aku akan --datang kembali dan --membawa kamu ke tempat-Ku, supaya di tempat --di mana Aku berada, kamupun --berada. -Dan ke mana Aku pergi, kamu tahu --jalan ke situ. (Yohanes 14:1-4)

III. *ORANG-ORANG PERCAYA YESUS - YANG AKAN BERBAHAGIA PADA SAAT KEBANGKITAN ORANG-ORANG BENAR/ PENGANGKATAN*

Pada waktu itu akan tampak tanda --Anak Manusia di langit dan semua bangsa di bumi akan meratap dan mereka akan melihat --Anak Manusia itu datang di atas --awan-awan di langit dengan segala kekuasaan dan kemuliaan-Nya. - Dan Ia akan menyuruh keluar --malaikat-malaikat-Nya dengan meniup --sangkakala yang dahsyat bunyinya dan mereka akan mengumpulkan --orang-orang pilihan-Nya dari keempat penjuru bumi, dari ujung langit yang satu ke ujung langit yang lain. (Matius 24:30-31)

Sebab itu, hendaklah kamu juga --siap sedia, karena --Anak Manusia datang pada saat yang --tidak kamu duga." (Matius 24:44)

--Berbahagialah orang yang miskin di hadapan Allah, karena merekalah yang empunya Kerajaan Sorga. --Berbahagialah orang yang berdukacita, karena mereka akan dihibur. --Berbahagialah orang yang lemah lembut, karena mereka akan memiliki bumi. --Berbahagialah orang yang lapar dan haus akan kebenaran, karena mereka akan dipuaskan. --Berbahagialah orang yang murah hatinya, karena mereka akan beroleh kemurahan. --Berbahagialah orang yang suci hatinya, karena mereka akan melihat Allah. Berbahagialah orang yang membawa damai, karena mereka akan disebut anak-anak Allah.
--Berbahagialah orang yang dianiaya oleh sebab kebenaran, karena merekalah yang empunya Kerajaan Sorga. --Berbahagialah kamu, jika karena Aku kamu dicela dan dianiaya dan kepadamu difitnahkan segala yang jahat. --Bersukacita dan bergembiralah, karena --upahmu besar di sorga, sebab demikian juga telah dianiaya nabi-nabi yang sebelum kamu." (Matius 5:3-12)

Dan Yesus berkata juga kepada orang yang --mengundang Dia: "Apabila engkau mengadakan --perjamuan siang atau --perjamuan malam, --janganlah engkau mengundang --sahabat-sahabatmu atau saudara-saudaramu atau kaum keluargamu atau tetangga-tetanggamu-- yang kaya--, karena mereka akan membalasnya dengan mengundang engkau pula dan dengan demikian engkau mendapat balasnya.

Tetapi apabila engkau mengadakan --perjamuan, undanglah --orang-orang miskin, --orang-orang cacat, --orang-orang lumpuh dan --orang-orang buta. -Dan engkau akan berbahagia, karena mereka --tidak mempunyai apa-apa untuk membalasnya kepadamu. Sebab engkau akan mendapat --balasnya pada hari --kebangkitan orang-orang benar." (Lukas 14:12-14)

Barangsiapa berkata: Aku --mengenal Dia, tetapi ia --tidak menuruti --perintah-Nya, ia adalah seorang --pendusta dan di dalamnya --tidak ada --kebenaran. -Tetapi barangsiapa --menuruti firman-Nya, di dalam orang itu sungguh sudah --sempurna kasih Allah; dengan itulah kita ketahui, bahwa kita ada di dalam Dia. -Barangsiapa mengatakan, bahwa ia ada di dalam Dia, ia --wajib hidup sama seperti --Kristus telah hidup. (1 Yohanes 2:4-6)


IV. *KETENTUAN PENJELASAN TERDAPAT DALAM KITAB PARA RASUL - MENGENAI KEBANGKITAN PERTAMA/ KEBANGKITAN ORANG-ORANG BENAR - DAN SYARAT-SYARATNYA ORANG-ORANG PERCAYA YANG AKAN DIBANGKITKAN PADA KEBANGKITAN PERTAMA*

Pada suatu hari ketika Ia makan bersama-sama dengan mereka, Ia melarang mereka meninggalkan Yerusalem, dan menyuruh mereka tinggal di situ menantikan janji Bapa, yang--demikian kata-Nya--"telah kamu dengar dari pada-Ku. -Sebab Yohanes --membaptis dengan --air, tetapi tidak lama lagi kamu akan --dibaptis dengan --Roh Kudus." -Maka bertanyalah mereka yang berkumpul di situ: "Tuhan, maukah Engkau pada masa ini memulihkan kerajaan bagi Israel?"

Jawab-Nya: "Engkau tidak perlu --mengetahui masa dan waktu, yang ditetapkan Bapa sendiri menurut kuasa-Nya. - Tetapi kamu akan --menerima kuasa, kalau --Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi --saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi."

 Sesudah Ia mengatakan demikian, terangkatlah Ia disaksikan oleh mereka, dan awan menutup-Nya dari pandangan mereka. -Ketika mereka sedang menatap ke langit waktu Ia naik itu, tiba-tiba berdirilah --dua orang yang berpakaian putih dekat mereka, -dan berkata kepada mereka: "Hai orang-orang Galilea, mengapakah kamu berdiri melihat ke langit? Yesus ini, yang --terangkat ke sorga --meninggalkan kamu, akan datang --kembali dengan --cara yang sama seperti kamu --melihat Dia --naik ke sorga." (Kisah Para Rasul 1:1-11)

Selanjutnya kami tidak mau, saudara-saudara, bahwa kamu tidak mengetahui tentang mereka yang meninggal, supaya kamu --jangan berdukacita seperti orang-orang lain yang tidak mempunyai pengharapan. Karena jikalau kita --percaya, bahwa Yesus telah --mati dan telah --bangkit, maka kita --percaya juga bahwa mereka --yang telah --meninggal dalam Yesus akan --dikumpulkan Allah --bersama-sama dengan Dia.

Ini kami katakan kepadamu dengan --firman Tuhan: kita yang hidup, yang masih tinggal sampai --kedatangan Tuhan, sekali-kali tidak akan --mendahului mereka yang telah meninggal. Sebab pada waktu --tanda diberi, yaitu pada waktu --penghulu malaikat berseru dan --sangkakala Allah berbunyi, maka Tuhan sendiri akan --turun dari sorga dan mereka yang --mati dalam Kristus akan lebih dahulu bangkit; --sesudah itu, kita yang hidup, yang masih tinggal, akan --diangkat bersama-sama dengan mereka dalam awan --menyongsong Tuhan di angkasa. Demikianlah kita akan --selama-lamanya bersama-sama dengan Tuhan. Karena itu hiburkanlah seorang akan yang lain dengan perkataan-perkataan ini. (1 Tesalonika 4:13-18)

Saudara-saudara, inilah yang hendak kukatakan kepadamu, yaitu bahwa --daging dan --darah tidak mendapat bagian dalam --Kerajaan Allah dan bahwa yang --binasa tidak mendapat --bagian dalam apa yang --tidak binasa.

Sesungguhnya aku menyatakan kepadamu suatu rahasia: kita --tidak akan mati semuanya, tetapi kita semuanya akan --diubah, dalam --sekejap mata, pada waktu bunyi nafiri yang terakhir. Sebab nafiri akan berbunyi dan --orang-orang mati akan --dibangkitkan dalam keadaan yang --tidak dapat binasa dan --kita semua akan --diubah.

 Karena yang dapat binasa ini harus mengenakan yang tidak dapat binasa, dan yang dapat mati ini harus mengenakan yang tidak dapat mati. Dan sesudah yang dapat binasa ini mengenakan yang tidak dapat binasa dan yang dapat mati ini mengenakan yang tidak dapat mati, maka akan genaplah firman Tuhan yang tertulis: "Maut telah ditelan dalam kemenangan. (1 Korintus 15:51-54)

Demikianlah sekarang tidak ada --penghukuman bagi --mereka yang ada di dalam Kristus Yesus. ROH, yang --memberi hidup telah --memerdekakan kamu dalam Kristus dari --hukum dosa dan --hukum maut. Tetapi jika Kristus ada di dalam kamu, maka --tubuh memang mati karena dosa, tetapi --roh adalah kehidupan-- oleh karena --kebenaran.

 Dan jika Roh Dia, yang telah --membangkitkan Yesus dari antara orang mati, diam di dalam kamu, maka Ia, yang telah --membangkitkan Kristus Yesus dari antara orang mati, akan --menghidupkan juga --tubuhmu yang fana itu oleh --Roh-Nya, yang --diam di dalam kamu. (Roma 8:1-17)

Tetapi ketika nyata kemurahan Allah, Juruselamat kita, dan kasih-Nya kepada manusia, -pada waktu itu Dia telah --menyelamatkan-- kita, bukan karena perbuatan baik yang telah kita lakukan, tetapi karena --rahmat-Nya-- oleh --permandian kelahiran kembali-- dan oleh --pembaharuan yang dikerjakan oleh Roh Kudus--, -yang sudah dilimpahkan-Nya kepada kita oleh Yesus Kristus, Juruselamat kita, -supaya kita, sebagai orang yang --dibenarkan oleh --kasih karunia-Nya, berhak menerima --hidup yang kekal--, sesuai dengan pengharapan kita. (Titus 3:4-7)

Sebab itu, kita yang --dibenarkan karena iman--, kita hidup dalam --damai sejahtera dengan Allah-- oleh karena Tuhan kita, Yesus Kristus. -Oleh Dia kita juga beroleh --jalan masuk oleh iman-- kepada --kasih karunia ini--. Di dalam --kasih karunia-- ini kita berdiri dan kita --bermegah dalam pengharapan akan menerima --kemuliaan Allah--.

Dan bukan hanya itu saja. Kita malah --bermegah juga dalam --kesengsaraan kita, karena kita tahu, bahwa --kesengsaraan itu menimbulkan --ketekunan, -dan --ketekunan menimbulkan --tahan uji dan --tahan uji menimbulkan --pengharapan. -Dan --pengharapan tidak mengecewakan, karena --kasih Allah telah dicurahkan di dalam hati kita oleh --Roh Kudus yang telah dikaruniakan kepada kita. (Roma 5:1-5)

Sebab adalah --kasih karunia--, jika seorang karena sadar akan kehendak Allah menanggung penderitaan yang tidak harus ia tanggung. -Sebab dapatkah disebut pujian, jika kamu menderita pukulan karena kamu berbuat dosa? Tetapi jika kamu berbuat baik dan karena itu kamu harus menderita, maka itu adalah kasih karunia pada Allah. - Sebab untuk itulah kamu --dipanggil, karena Kristuspun telah --menderita untuk kamu dan telah --meninggalkan teladan bagimu, supaya kamu --mengikuti jejak-Nya. (1 Petrus 2:19-21)

Sebab IMAM BESAR yang kita punya, bukanlah imam besar yang tidak dapat turut merasakan --kelemahan-kelemahan kita, sebaliknya sama dengan kita, Ia telah dicobai, hanya tidak berbuat dosa. -Sebab itu marilah kita dengan penuh --keberanian menghampiri --TAKHTA KASIH KARUNIA--, supaya kita --menerima rahmat dan --menemukan -KASIH KARUNIA- untuk mendapat --pertolongan kita pada --waktunya. (Ibrani 4:15-16)


V. *KETENTUAN PELAKSANAAN TERDAPAT DI DALAM KITAB WAHYU - MENGENAI KEBANGKITAN PERTAMA/ KEBANGKITAN ORANG-ORANG BENAR - YAITU ORANG-ORANG PERCAYA YESUS YANG AKAN DI ANGKAT/ DIBANGKITKAN PADA KEBANGKITAN PERTAMA - SEBELUM KERAJAAN SERIBU TAHUN - DAN AKAN MEMERINTAH BERSAMA YESUS SELAMA SERIBU TAHUN LAMANYA*

Yang penting di sini ialah --ketekunan --orang-orang kudus, yang --menuruti --perintah Allah dan --iman kepada Yesus.-Dan aku mendengar suara dari sorga berkata: Tuliskan: "Berbahagialah orang-orang mati yang mati dalam Tuhan, sejak sekarang ini." "Sungguh," kata Roh, "supaya mereka boleh --beristirahat dari --jerih lelah mereka, karena segala --perbuatan mereka --menyertai mereka." (Wahyu 14:12-13)

Barangsiapa menang, dia akan Kuberi makan dari --pohon kehidupan-- yang ada di Taman Firdaus Allah." - Dan barangsiapa menang dan --melakukan pekerjaan-Ku sampai kesudahannya, kepadanya akan Kukaruniakan kuasa atas bangsa-bangsa; (Wahyu 2:7)

Barangsiapa menang, ia tidak akan menderita apa-apa oleh kematian yang kedua." (Wahyu 2:11)

Barangsiapa menang, kepadanya akan Kuberikan dari manna yang tersembunyi; dan Aku akan mengaruniakan kepadanya --batu putih, yang di atasnya tertulis --nama baru, yang tidak diketahui oleh siapapun, selain oleh yang menerimanya." (Wahyu 2:17)

Dan barangsiapa menang dan melakukan pekerjaan-Ku sampai kesudahannya, kepadanya akan Kukaruniakan --kuasa atas bangsa-bangsa; dan ia akan memerintah mereka dengan tongkat besi; mereka akan diremukkan seperti tembikar tukang periuk--sama seperti yang Kuterima dari Bapa-Ku-. (Wahyu 2:26-27)

Barangsiapa menang, ia akan dikenakan --pakaian putih yang demikian; Aku --tidak akan --Menghapus Namanya dari --kitab kehidupan--, melainkan Aku akan mengaku namanya di hadapan Bapa-Ku dan di hadapan para malaikat-Nya. (Wahyu 3:5)

Barangsiapa menang, ia akan Kujadikan --sokoguru di dalam Bait Suci Allah-Ku, dan ia tidak akan keluar lagi dari situ; dan padanya akan Kutuliskan nama Allah-Ku, nama kota Allah-Ku, yaitu Yerusalem baru, yang turun dari sorga dari Allah-Ku, dan nama-Ku yang baru. (Wahyu 3:12)

Barangsiapa menang, ia akan Kududukkan bersama-sama dengan Aku di atas --takhta-Ku, sebagaimana Akupun telah menang dan duduk bersama-sama dengan Bapa-Ku di atas --takhta-Nya. (Wahyu 3:21)


1. *ORANG-ORANG PERCAYA YESUS - SERATUS EMPAT PULUH EMPAT RIBU DARI SEMUA SUKU KETURUNAN ISRAEL*

Kemudian dari pada itu aku melihat --empat malaikat berdiri pada --keempat penjuru bumi dan mereka menahan keempat angin bumi, supaya jangan ada angin bertiup di darat, atau di laut atau di pohon-pohon. -Dan aku melihat seorang malaikat lain muncul dari tempat matahari terbit. Ia membawa meterai Allah yang hidup; dan ia berseru dengan suara nyaring kepada keempat malaikat yang ditugaskan untuk merusakkan bumi dan laut, -katanya: "Janganlah merusakkan bumi atau laut atau pohon-pohon sebelum kami memeteraikan hamba-hamba Allah kami pada dahi mereka!" -Dan aku mendengar --jumlah mereka yang --dimeteraikan itu: --seratus empat puluh empat ribu yang telah --dimeteraikan dari semua --suku keturunan Israel. (Wahyu 7:1-4)

Dan aku melihat: sesungguhnya, Anak Domba berdiri di bukit Sion dan bersama-sama dengan Dia --seratus empat puluh empat ribu orang --dan di dahi mereka tertulis nama-Nya dan nama Bapa-Nya. Mereka menyanyikan suatu nyanyian baru di hadapan takhta dan di depan keempat makhluk dan tua-tua itu, dan tidak seorangpun yang dapat mempelajari nyanyian itu selain dari pada --seratus empat puluh empat ribu orang-- yang telah ditebus dari bumi itu.

Mereka adalah orang-orang yang --tidak mencemarkan dirinya dengan --perempuan-perempuan, karena mereka --murni sama seperti perawan. Mereka adalah orang-orang yang --mengikuti --Anak Domba itu ke mana saja Ia pergi. Mereka --ditebus dari antara manusia sebagai --korban-korban sulung bagi Allah dan bagi Anak Domba itu. Dan di dalam mulut mereka --tidak terdapat --dusta; mereka --tidak bercela. (Wahyu 14:1-5)


2. *ORANG-ORANG PERCAYA YESUS DARI SEGALA BANGSA - SUKU - KAUM - BAHASA - YANG TELAH MENCUCI JUBAH MEREKA DENGAN DARAH ANAK DOMBA - YANG TELAH MENYANGKAL DIRI - MEMIKUL SALIB - MENGIKUT YESUS - YAITU YANG TELAH DIPANGGIL - YANG DIPILIH - DAN YANG SETIA*

Kemudian dari pada itu aku melihat: sesungguhnya, suatu --kumpulan besar orang banyak-- yang --tidak dapat terhitung banyaknya, dari --segala bangsa dan --suku dan --kaum dan --bahasa, berdiri di hadapan --takhta dan di hadapan Anak Domba, memakai --jubah putih-- dan memegang --daun-daun palem di tangan mereka. -Dan dengan suara nyaring mereka berseru: "Keselamatan bagi Allah kami yang duduk di atas takhta dan bagi Anak Domba!"

Dan semua malaikat berdiri mengelilingi takhta dan tua-tua dan keempat makhluk itu; mereka tersungkur di hadapan takhta itu dan menyembah Allah, - sambil berkata: "Amin! puji-pujian dan kemuliaan, dan hikmat dan syukur, dan hormat dan kekuasaan dan kekuatan bagi Allah kita sampai selama-lamanya! Amin!"

Dan seorang dari antara tua-tua itu berkata kepadaku: "Siapakah mereka yang memakai --jubah putih-- itu dan dari manakah mereka datang?" -Maka kataku kepadanya: "Tuanku, tuan mengetahuinya."

Lalu ia berkata kepadaku: "Mereka ini adalah --orang-orang yang keluar dari --kesusahan yang besar; dan mereka telah mencuci --jubah mereka dan membuatnya putih di dalam --darah Anak Domba. (Wahyu 7:9-14)
Mereka (Iblis - Antikris) akan --berperang melawan Anak Domba. Tetapi Anak Domba akan --mengalahkan mereka, karena Ia adalah Tuan di atas segala tuan dan Raja di atas segala raja. Mereka bersama-sama dengan Dia juga akan menang, yaitu mereka yang --terpanggil, yang telah --dipilih dan yang --setia." (Orang-Orang Pilihan). (Wahyu 17:14)


3. *ORANG-ORANG PERCAYA YESUS - YANG TELAH DI PENGGAL KEPALANYA KARENA KESAKSIAN YESUS - YANG TIDAK MENYEMBAH BINATANG DAN PATUNG ITU - SERTA TIDAK ADA TANDA PADA DAHI DAN TANGAN MEREKA*

Lalu aku melihat seorang malaikat turun dari sorga memegang anak kunci jurang maut dan suatu rantai besar di tangannya; ia menangkap --naga, si ular tua itu, yaitu --Iblis dan Satan. Dan ia mengikatnya --seribu tahun lamanya, lalu melemparkannya ke dalam -jurang maut, dan menutup jurang maut itu dan memeteraikannya di atasnya, supaya ia jangan lagi menyesatkan bangsa-bangsa, sebelum berakhir masa seribu tahun itu; kemudian dari pada itu ia akan --dilepaskan untuk sedikit waktu lamanya. lalu --melemparkannya ke dalam jurang maut, dan menutup jurang maut itu dan memeteraikannya di atasnya, supaya ia jangan lagi menyesatkan bangsa-bangsa, --sebelum berakhir --masa seribu tahun itu; kemudian dari pada itu ia akan dilepaskan untuk sedikit waktu lamanya.

Lalu aku melihat --takhta-takhta dan orang-orang yang duduk di atasnya; kepada mereka diserahkan --kuasa untuk menghakimi.

Aku juga melihat --jiwa-jiwa mereka, yang telah --dipenggal kepalanya karena kesaksian tentang Yesus dan karena firman Allah; yang tidak --menyembah binatang itu dan patungnya dan yang tidak juga --menerima tandanya pada dahi dan tangan mereka; dan mereka hidup kembali dan --memerintah sebagai --raja bersama-sama dengan Kristus untuk masa --seribu tahun.

Tetapi orang-orang --mati yang lain-- tidak bangkit sebelum --berakhir masa yang --seribu tahun itu. Inilah --kebangkitan pertama. --Berbahagia dan kuduslah ia, yang mendapat bagian dalam --kebangkitan pertama itu. --Kematian yang kedua --tidak berkuasa lagi atas mereka, tetapi mereka akan menjadi --imam-imam Allah dan Kristus, dan mereka akan --memerintah sebagai raja bersama-sama dengan Dia, --seribu tahun lamanya. (Wahyu 20:1-6)

Barangsiapa menang, ia akan --memperoleh semuanya ini, dan Aku akan menjadi Allahnya dan ia akan menjadi anak-Ku. (Wahyu 21:7)

Berbahagialah mereka yang membasuh jubahnya. Mereka akan memperoleh hak atas --pohon-pohon kehidupan dan masuk melalui --pintu-pintu gerbang ke dalam kota itu. (Wahyu 22:24)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar