Selasa, 01 April 2014

PELAKU FIRMAN ADALAH ORANG YANG MELAKUKAN PERINTAH DAN PERKATAAN YESUS

*PELAKU FIRMAN ADALAH ORANG YANG MELAKUKAN PERINTAH DAN PERKATAAN YESUS YAITU YANG IBADAHNYA MENGASIHI SESAMA/ BERBELAS KASIHAN*

Hai saudara-saudara yang kukasihi, ingatlah hal ini:
--setiap orang hendaklah --cepat untuk --mendengar, tetapi --lambat untuk --berkata-kata, dan juga --lambat untuk --marah; sebab --amarah manusia tidak mengerjakan --kebenaran di hadapan Allah.

Sebab itu --buanglah segala sesuatu yang --kotor dan --kejahatan yang begitu banyak itu dan --terimalah dengan --lemah lembut --firman yang --tertanam di dalam --hatimu, yang --berkuasa --menyelamatkan --jiwamu.
Tetapi hendaklah kamu menjadi --pelaku firman-- dan bukan hanya --pendengar saja; sebab jika tidak demikian kamu --menipu-- diri sendiri.


Sebab jika seorang hanya --mendengar firman saja dan --tidak --melakukannya, ia adalah seumpama seorang yang sedang mengamat-amati mukanya yang sebenarnya di depan cermin. Baru saja ia memandang dirinya, ia sudah pergi atau ia segera lupa bagaimana rupanya.


Tetapi barangsiapa --meneliti --hukum yang --sempurna, yaitu hukum yang --memerdekakan orang, dan ia --bertekun di dalamnya, jadi bukan hanya mendengar untuk melupakannya, tetapi --sungguh-sungguh --melakukannya, ia akan --berbahagia oleh --perbuatannya. (Yakobus 1:19-25)


*BERIBADAH KEPADA ALLAH DI DALAM INJIL YESUS KRISTUS ADALAH MENGASIHI SESAMA - BERBELAS KASIHAN = MENGUNJUNGI YATIM PIATU DAN JANDA-JANDA MISKIN*


Jikalau ada seorang menganggap dirinya --beribadah, tetapi tidak --mengekang --lidahnya, ia --menipu dirinya sendiri, maka --sia-sialah --ibadahnya.


Ibadah yang --murni dan yang --tak bercacat di hadapan Bapa kita, ialah --mengunjungi --yatim piatu dan --janda-janda dalam kesusahan mereka, dan menjaga supaya dirinya sendiri tidak dicemarkan oleh dunia.
(Yakobus 1:26-27)


Kepada-Nya diberikan kitab nabi Yesaya dan setelah dibuka-Nya, Ia menemukan nas, di mana ada tertulis: Roh Tuhan ada pada-Ku, oleh sebab Ia telah mengurapi Aku, untuk menyampaikan --kabar baik kepada --orang-orang --miskin; dan Ia telah mengutus Aku, untuk memberitakan pembebasan kepada --orang-orang --tawanan, dan penglihatan bagi --orang-orang --buta, untuk membebaskan orang---orang yang --tertindas, untuk memberitakan tahun rahmat Tuhan telah datang."


Kemudian Ia menutup kitab itu, memberikannya kembali kepada pejabat, lalu duduk; dan mata semua orang dalam rumah ibadat itu tertuju kepada-Nya. Lalu Ia memulai mengajar mereka, kata-Nya: "Pada hari ini --genaplah-- nas ini sewaktu kamu --mendengarnya." (Lukas 4:17-21)


Jadi, karena kita menerima --kerajaan yang tidak tergoncangkan, marilah kita --mengucap --syukur dan --beribadah kepada Allah menurut --cara yang --berkenan kepada-Nya, dengan --hormat dan --takut.
Sebab Allah kita adalah --api yang menghanguskan. (Ibrani 12:28-29)

*PERINTAH BARU YESUS KRISTUS - SUPAYA KITA SALING MENGASIHI - BERBELAS KASIHAN KEPADA YANG LEMAH DAN BERKEKURANGAN - UNTUK KEMULIAAN NAMA-NYA*


Jikalau kamu mengasihi Aku, kamu akan --menuruti segala --perintah-Ku. (Yohanes 14:15)


Aku memberikan --perintah baru-- kepada kamu, yaitu supaya kamu --saling mengasihi--; sama seperti --Aku telah --mengasihi kamu demikian pula kamu harus --saling mengasihi--. Dengan demikian semua orang akan tahu, bahwa kamu adalah murid-murid-Ku, yaitu jikalau kamu --saling mengasihi." (Yohanes 13:34:35)


Jadi pergilah dan pelajarilah arti --Firman ini: Yang Ku-kehendaki ialah --belas kasihan dan --bukan --persembahan, karena Aku datang bukan untuk memanggil orang --benar, melainkan orang --berdosa."
(Matius 9:13)


Sembuhkanlah orang --sakit; --bangkitkanlah orang --mati; --tahirkanlah orang --kusta; --usirlah --setan-setan. Kamu telah --memperolehnya dengan --cuma-cuma, karena itu --berikanlah pula dengan --cuma-cuma.
(Matius 10:8)


Aku berdoa untuk  
mereka. Bukan untuk -dunia Aku berdoa, tetapi untuk mereka, yang telah Engkau berikan kepada-Ku, sebab mereka adalah milik-MU. dan segala milik-Ku adalah milik-Mu dan milik-Mu adalah milik-Ku, dan --Aku telah --dipermuliakan-- di dalam mereka. (Yohanes 17:8-10)

*MENGASIHI SESAMA DENGAN PERBUATAN - BUKAN DENGAN LIDAH DAN PERKATAAN*


Setiap orang yang --lahir dari Allah, --tidak berbuat dosa lagi; sebab --benih ilahi tetap ada di dalam dia dan ia --tidak dapat berbuat dosa, karena ia --lahir dari Allah.


Inilah tandanya --anak-anak Allah dan --anak-anak Iblis: setiap orang yang --tidak berbuat --kebenaran, --tidak berasal dari Allah, demikian juga barangsiapa yang --tidak --mengasihi saudaranya. Sebab inilah berita yang telah kamu dengar dari mulanya, yaitu bahwa kita harus --saling mengasihi; bukan seperti Kain, yang berasal dari si jahat dan yang membunuh adiknya. Dan apakah sebabnya ia membunuhnya? Sebab segala perbuatannya jahat dan perbuatan adiknya benar. 


Janganlah kamu heran, saudara-saudara, apabila dunia membenci kamu. Kita tahu, bahwa kita sudah --berpindah dari dalam --maut ke dalam --hidup, yaitu karena kita --mengasihi saudara kita. Barangsiapa --tidak--mengasihi, ia tetap di dalam --maut. Setiap orang yang --membenci saudaranya, adalah seorang --pembunuh --manusia. Dan kamu tahu, bahwa tidak ada seorang --pembunuh yang tetap --memiliki --hidup yang kekal-- di dalam dirinya. 

Demikianlah kita ketahui kasih Kristus, yaitu bahwa Ia telah menyerahkan nyawa-Nya untuk kita; jadi kitapun wajib menyerahkan nyawa kita untuk saudara-saudara kita. Barangsiapa mempunyai --harta duniawi dan melihat saudaranya --menderita --kekurangan tetapi menutup pintu --hatinya terhadap saudaranya itu, bagaimanakah --kasih Allah dapat tetap di dalam dirinya?

Anak-anakku, marilah kita --mengasihi bukan dengan --perkataan atau dengan --lidah, tetapi dengan --perbuatan dan dalam --kebenaran. (1 Yohanes 3:9-18)

*ORANG YANG MENURUTI PERINTAH ALLAH ADALAH YANG MENGAMALKAN KASIH PERSAUDARAAN DAN  KASIH ALLAH SEMPURNA DI DALAM ORANG ITU*


Dan inilah --tandanya, bahwa kita --mengenal Allah, yaitu jikalau kita --menuruti --perintah-perintah-Nya.
Barangsiapa berkata: Aku --mengenal Dia, tetapi ia tidak menuruti --perintah-Nya, ia adalah seorang --pendusta dan di dalamnya --tidak ada --kebenaran.


Tetapi barangsiapa --menuruti firman-Nya, di dalam orang itu sungguh sudah --sempurna kasih Allah; dengan itulah kita ketahui, bahwa kita ada di dalam Dia.
Barangsiapa mengatakan, bahwa ia ada di dalam Dia, ia --wajib hidup sama seperti-- --Kristus telah hidup--.
(1 Yohanes 2:3-6)


Oleh Dialah kamu --percaya kepada Allah, yang telah --membangkitkan Dia dari antara orang mati dan yang telah memuliakan-Nya, sehingga --imanmu dan --pengharapanmu tertuju kepada Allah. Karena kamu telah --menyucikan dirimu oleh --ketaatan kepada --kebenaran, sehingga kamu dapat --mengamalkan --kasih persaudaraan yang --tulus ikhlas, hendaklah kamu --bersungguh-sungguh --saling mengasihi-- dengan segenap hatimu.


Karena kamu telah --dilahirkan kembali-- bukan dari benih yang fana, tetapi dari benih yang tidak fana, oleh firman Allah, yang hidup dan yang kekal.


Sebab: "Semua yang --hidup adalah seperti --rumput dan segala kemuliaannya seperti bunga rumput, rumput menjadi kering, dan bunga gugur, tetapi --firman Tuhan --tetap untuk --selama-lamanya." Inilah --firman yang disampaikan --Injil kepada kamu. (1 Petrus 1:21-25)

*YESUS AKAN MEMBERIKAN HIDUP YANG KEKAL BAGI ORANG YANG MENURUTI PERINTAH-NYA/ MENGASIHI SESAMA - SEDANGKAN BAGI YANG TIDAK MENURUTI PERINTAH-NYA/ TIDAK MENGASIHI SESAMA AKAN DIMASUKKAN KE DALAM SIKSAAN KEKAL (NERAKA)*


Dan Raja itu akan berkata kepada mereka yang di sebelah --kanan-Nya (Manusia Rohani): Mari, hai kamu yang diberkati oleh Bapa-Ku, terimalah Kerajaan yang telah disediakan bagimu sejak dunia dijadikan.
Sebab ketika Aku --lapar, kamu --memberi Aku --makan; ketika Aku --haus, kamu --memberi Aku --minum; ketika Aku seorang --asing, kamu memberi Aku --tumpangan;ketika Aku --telanjang, kamu --memberi Aku --pakaian; ketika Aku --sakit, kamu --melawat Aku; ketika Aku di dalam --penjara, kamu --mengunjungi Aku. Maka orang-orang --benar itu akan menjawab Dia, katanya: Tuhan, bilamanakah kami --melihat Engkau l--apar dan kami --memberi Engkau ---makan, atau --haus dan kami --memberi Engkau --minum? Bilamanakah kami melihat Engkau sebagai orang --asing, dan kami memberi Engkau --tumpangan, atau --telanjang dan kami memberi Engkau --pakaian? Bilamanakah kami melihat Engkau --sakit atau dalam --penjara dan kami --mengunjungi Engkau? 


Dan Raja itu akan menjawab mereka: Aku berkata kepadamu, sesungguhnya segala sesuatu yang kamu --lakukan untuk salah seorang dari saudara-Ku yang paling --hina ini, kamu telah --melakukannya untuk Aku. Dan Ia akan berkata juga kepada mereka yang di sebelah --kiri-Nya (Manusia Daging): Enyahlah dari hadapan-Ku, hai kamu orang-orang --terkutuk, enyahlah ke dalam --api yang kekal-- yang telah sedia untuk --Iblis dan malaikat-malaikatnya. Sebab ketika Aku lapar, kamu --tidak memberi Aku --makan; ketika Aku --haus, kamu --tidak memberi Aku --minum; ketika Aku seorang --asing, kamu tidak memberi Aku --tumpangan; ketika Aku --telanjang, kamu --tidak memberi Aku --pakaian; ketika Aku --sakit dan dalam penjara, kamu --tidak melawat Aku.

Lalu merekapun akan menjawab Dia, katanya: Tuhan, bilamanakah kami melihat Engkau --lapar, atau --haus, atau sebagai orang --asing, atau --telanjang atau --sakit, atau dalam --penjara dan kami tidak melayani Engkau? Maka Ia akan menjawab mereka: Aku berkata kepadamu, sesungguhnya segala sesuatu yang --tidak kamu lakukan untuk salah seorang dari yang --paling --hina ini, kamu --tidak melakukannya-- juga untuk Aku. Dan mereka ini akan masuk ke tempat --siksaan yang kekal, tetapi orang --benar ke dalam --hidup yang kekal."
(Matius 25:34-46)

*BUKAN SETIAP ORANG YANG MENGAKU PERCAYA YESUS/ PENGIKUT YESUS MASUK KE DALAM KERAJAAN SORGA - MELAINKAN HANYA ORANG PERCAYA YANG MELAKUKAN KEHENDAK BAPA DI SORGA*


Bukan setiap orang yang --berseru kepada-Ku: --Tuhan, --Tuhan! akan masuk ke dalam --Kerajaan Sorga, melainkan dia yang --melakukan --kehendak--Bapa-Ku yang di sorga-- (Firman Kristus-Perintah Yesus).
Pada hari terakhir banyak orang akan --berseru kepada-Ku: --Tuhan, --Tuhan, bukankah kami bernubuat demi nama-Mu, dan mengusir setan demi nama-Mu, dan mengadakan banyak mujizat demi nama-Mu juga?


Pada waktu itulah Aku akan --berterus terang kepada mereka-- dan berkata: Aku tidak pernah --mengenal kamu! Enyahlah dari pada-Ku, kamu sekalian --pembuat --kejahatan!" (Matius 7:21-23)

*KEHENDAK BAPA DI SORGA ADALAH FIRMAN KRISTUS - INJIL KERAJAAN ALLAH - PERINTAH DAN PERKATAAN YESUS*


Aku telah menyatakan nama-Mu kepada semua orang, yang Engkau berikan kepada-Ku dari dunia. Mereka itu milik-Mu dan Engkau telah memberikan mereka kepada-Ku dan mereka telah menuruti --firman-Mu.
Sekarang mereka tahu, bahwa semua yang Engkau berikan kepada-Ku itu --berasal dari pada-Mu


Sebab segala --Firman-- yang Engkau --sampaikan kepada-Ku telah --Ku-sampaikan kepada mereka dan mereka telah --menerimanya. Mereka tahu benar-benar, bahwa --Aku data
ng dari pada-Mu, dan mereka percaya, bahwa --Engkaulah yang telah --mengutus Aku. (Yohanes 17:6-8)

Sebab barangsiapa --malu karena AKU dan karena --Perkataan-KU, Anak Manusia juga akan malu karena orang itu, apabila Ia datang kelak dalam kemuliaan-Nya dan dalam kemuliaan Bapa dan malaikat-malaikat kudus.
Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya di antara orang yang hadir di sini ada yang tidak akan mati sebelum mereka melihat Kerajaan ALLAH." (Lukas 9: 22-27)


Setiap orang yang --mengakui AKU di depan manusia, 
Aku juga akan --mengakuinya di depan BAPA-KU yang di sorga. Tetapi barangsiapa --menyangkal Aku di depan manusia, Aku juga akan --menyangkalnya di depan Bapa-Ku yang di sorga." (Matius 10:32-33)


1 komentar: