Selasa, 15 April 2014

YESUS YANG MEMILIH - SIAPA ORANG YANG PERCAYA DAN YANG MENGASIHI-NYA - BUKAN ORANG PERCAYA YANG MEMILIH YESUS !

*TIDAK ADA SEORANGPUN YANG DAPAT DATANG KEPADA YESUS - JIKALAU IA TIDAK DITARIK OLEH BAPA*

Tidak ada seorangpun yang dapat --datang kepada-KU, jikalau ia tidak --ditarik oleh BAPA yang mengutus AKU, dan ia akan Kubangkitkan pada akhir zaman. (Tak seorang pun dapat datang kepada-Ku, kalau Bapa yang mengutus Aku, tidak membawa dia kepada-Ku; dan siapa yang datang, akan Kubangkitkan pada Hari Kiamat -BIS.) -Ada tertulis dalam kitab nabi-nabi: Dan mereka semua akan --diajar oleh Allah. Dan setiap orang, yang telah --mendengar dan --menerima pengajaran dari Bapa, datang kepada-Ku. -Hal itu tidak berarti, bahwa ada orang yang telah melihat Bapa. Hanya Dia yang datang dari Allah, Dialah yang telah melihat Bapa. (Yohanes 6: 44-46)

Lalu Ia berkata: "Sebab itu telah Kukatakan kepadamu: Tidak ada seorangpun dapat --datang kepada-Ku, kalau Bapa tidak --mengaruniakannya kepadanya." (Yohanes 6:65)


*PERUMPAMAAN TENTANG UNDANGAN KERAJAAN ALLAH - TIDAK ADA SEORANGPUN DARI ORANG-ORANG YANG TELAH DI UNDANG MENIKMATI PERJAMUAN-NYA - KECUALI ORANG-ORANG MISKIN DAN CACAT DAN BUTA DAN LUMPUH*

Mendengar itu berkatalah seorang dari tamu-tamu itu kepada Yesus: "Berbahagialah orang yang akan dijamu dalam KERAJAAN ALLAH." -Tetapi Yesus berkata kepadanya: "Ada seorang mengadakan perjamuan besar dan ia mengundang banyak orang. -Menjelang perjamuan itu dimulai, ia menyuruh hambanya mengatakan kepada para undangan: Marilah, sebab segala sesuatu sudah siap. -Tetapi mereka bersama-sama meminta maaf. Yang pertama berkata kepadanya: Aku telah membeli ladang dan aku harus pergi melihatnya; aku minta dimaafkan. -Yang lain berkata: Aku telah membeli lima pasang lembu kebiri dan aku harus pergi mencobanya; aku minta dimaafkan. -Yang lain lagi berkata: Aku baru kawin dan karena itu aku tidak dapat datang.

Maka kembalilah hamba itu dan menyampaikan semuanya itu kepada tuannya. Lalu murkalah tuan rumah itu dan berkata kepada hambanya: Pergilah dengan segera ke segala jalan dan lorong kota dan bawalah ke mari --orang-orang miskin dan --orang-orang cacat dan orang-orang buta dan --orang-orang lumpuh.

Kemudian hamba itu melaporkan: Tuan, apa yang tuan perintahkan itu sudah dilaksanakan, tetapi sekalipun demikian masih ada tempat. -Sebab Aku berkata kepadamu: Tidak ada seorangpun dari orang-orang yang telah --diundang itu akan --menikmati jamuan-Ku." (Lukas 14: 15-24)


*PERUMPAMAAN TENTANG UNDANGAN KERAJAAN SORGA - YANG TIDAK BERPAKAIAN PESTA/ BERPAKAIAN PUTIH DICAMPAKKAN KE DALAM NERAKA - BANYAK YANG DIPANGGIL TETAPI SEDIKIT YANG DIPILIH*

Hal KERAJAAN SORGA seumpama seorang raja, yang mengadakan perjamuan kawin untuk anaknya. -Ia menyuruh hamba-hambanya memanggil orang-orang yang telah diundang ke perjamuan kawin itu, tetapi orang-orang itu tidak mau datang. -Ia menyuruh pula hamba-hamba lain, pesannya: Katakanlah kepada orang-orang yang diundang itu: Sesungguhnya hidangan, telah kusediakan, lembu-lembu jantan dan ternak piaraanku telah disembelih; semuanya telah tersedia, datanglah ke perjamuan kawin ini. Tetapi orang-orang yang diundang itu tidak mengindahkannya; ada yang pergi ke ladangnya, ada yang pergi mengurus usahanya, -dan yang lain menangkap hamba-hambanya itu, menyiksanya dan membunuhnya.

Maka murkalah raja itu, lalu menyuruh pasukannya ke sana untuk membinasakan pembunuh-pembunuh itu dan membakar kota mereka. -Sesudah itu ia berkata kepada hamba-hambanya: Perjamuan kawin telah tersedia, tetapi orang-orang yang diundang tadi tidak layak untuk itu. -Sebab itu pergilah ke persimpangan-persimpangan jalan dan undanglah setiap orang yang kamu jumpai di sana ke perjamuan kawin itu.

Maka pergilah hamba-hamba itu dan mereka mengumpulkan semua orang yang dijumpainya di jalan-jalan, orang-orang jahat dan orang-orang baik, sehingga penuhlah ruangan perjamuan kawin itu dengan tamu. -Ketika raja itu masuk untuk bertemu dengan tamu-tamu itu, ia melihat seorang yang tidak --berpakaian pesta/ Pakaian Putih--. -Ia berkata kepadanya: Hai saudara, bagaimana engkau masuk ke mari dengan tidak mengenakan --pakaian pesta/ Pakaian Putuh? Tetapi orang itu diam saja.

Lalu kata raja itu kepada hamba-hambanya: Ikatlah kaki dan tangannya dan campakkanlah orang itu ke dalam kegelapan yang paling gelap, di sanalah akan terdapat ratap dan kertak gigi.(Neraka) -Sebab --banyak yang --Dipanggil, tetapi --sedikit yang --Dipilih." (Matius 22:2-14)


*SETIAP ORANG PERCAYA YANG TELAH MENANG - AKAN MEMAKAI PAKAIAN PUTIH/ JUBAH PUTIH - YANG TELAH MENCUCI PAKAIAN/ JUBAHNYA DALAM DARAH ANAK DOMBA - MEREKA AKAN DIBANGKITKAN PADA KEBANGKITAN ORANG-ORANG BENAR - DAN AKAN BERDIRI DI HADAPAN TAKHTA ALLAH DAN ANAK DOMBA*

Dan tuliskanlah kepada malaikat jemaat di Sardis: Inilah firman DIA, yang memiliki ketujuh Roh Allah dan ketujuh bintang itu: AKU tahu segala pekerjaanmu: engkau dikatakan --hidup, padahal engkau --mati! -Bangunlah, dan kuatkanlah apa yang masih tinggal yang sudah hampir mati, sebab tidak satupun dari --pekerjaanmu AKU dapati --sempurna di hadapan ALLAH-KU. -Karena itu ingatlah, bagaimana engkau telah --menerima dan --mendengarnya (Firman Kristus); --turutilah itu dan --bertobatlah!

Karena jikalau engkau --tidak berjaga-jaga, AKU akan datang seperti --pencuri dan engkau tidak tahu pada --waktu manakah Aku tiba-tiba datang kepadamu. -Tetapi di Sardis ada --beberapa orang yang --tidak mencemarkan --pakaiannya; mereka akan berjalan dengan Aku dalam --pakaian putih, karena mereka adalah --layak untuk itu.

Barangsiapa menang, ia akan dikenakan --Pakaian Putih-- yang demikian; AKU --Tidak akan --Menghapus --Namanya dari --Kitab Kehidupan, melainkan Aku akan --mengaku namanya di hadapan Bapa-Ku dan di hadapan para malaikat-Nya. - Siapa bertelinga, hendaklah ia --mendengarkan apa yang --dikatakan --Roh kepada jemaat-jemaat." (Wahyu 3:1-6)

Kemudian dari pada itu aku melihat: sesungguhnya, suatu --kumpulan besar orang banyak yang tidak dapat terhitung banyaknya, dari segala --Bangsa dan --Suku dan --Kaum dan --Bahasa, berdiri di hadapan --takhta dan di hadapan Anak Domba, memakai --Jubah Putih-- dan memegang daun-daun palem di tangan mereka. -Dan dengan suara nyaring mereka berseru: "Keselamatan bagi Allah kami yang duduk di atas takhta dan bagi Anak Domba!"

 Dan semua malaikat berdiri mengelilingi takhta dan tua-tua dan keempat makhluk itu; mereka tersungkur di hadapan takhta itu dan menyembah Allah, -sambil berkata: "Amin! puji-pujian dan kemuliaan, dan hikmat dan syukur, dan hormat dan kekuasaan dan kekuatan bagi Allah kita sampai selama-lamanya! Amin!"

Dan seorang dari antara tua-tua itu berkata kepadaku: "Siapakah mereka yang memakai --jubah putih-- itu dan --dari manakah mereka datang?" -Maka kataku kepadanya: "Tuanku, tuan mengetahuinya." Lalu ia berkata kepadaku: "Mereka ini adalah --orang-orang yang keluar dari --Kesusahan yang besar; dan mereka telah --Mencuci --Jubah mereka dan --Membuatnya --Putih di dalam --Darah Anak Domba. -Karena itu mereka --berdiri di hadapan takhta Allah dan melayani Dia siang malam di Bait Suci-Nya.

Dan Ia yang duduk di atas takhta itu akan membentangkan kemah-Nya di atas mereka. -Mereka tidak akan --menderita --lapar dan --dahaga lagi, dan --matahari atau --panas terik tidak akan --menimpa mereka lagi. -Sebab Anak Domba yang di tengah-tengah takhta itu, akan --menggembalakan mereka dan akan -menuntun mereka ke --Mata Air Kehidupan. Dan ALLAH akan --menghapus segala air-- mata dari mata mereka." (Wahyu 7:9-17)


*YESUS MEMILIH SIAPA ORANG YANG PERCAYA DAN YANG MENGASIHI-NYA - UNTUK MENERIMA ROH KUDUS MELALUI BAPTISAN ROH KUDUS DAN KARUNIA-KARUNIA ROH*

Inilah --perintah-Ku, yaitu supaya kamu --saling mengasihi, seperti Aku telah --mengasihi kamu. -Tidak ada kasih yang lebih besar dari pada kasih seorang yang memberikan --nyawanya untuk --sahabat-sahabatnya. -Kamu adalah --sahabat-Ku, jikalau kamu --berbuat apa yang --Kuperintahkan kepadamu. -Aku tidak menyebut kamu lagi --hamba, sebab hamba tidak tahu, apa yang diperbuat oleh tuannya, tetapi Aku menyebut kamu --sahabat, karena Aku telah --memberitahukan kepada kamu segala --sesuatu yang telah Kudengar dari Bapa-Ku.

Bukan kamu yang --memilih AKU, tetapi Akulah yang --memilih kamu. Dan Aku telah --menetapkan kamu, supaya kamu pergi dan menghasilkan buah dan buahmu itu tetap (Buah-Buah Roh dan Karunia-Karunia Roh), supaya apa yang kamu --minta kepada Bapa dalam nama-Ku, diberikan-Nya kepadamu. (Yohanes 15:16)

Tinggallah di dalam AKU dan AKU di dalam kamu. Sama seperti ranting tidak dapat --berbuah dari dirinya sendiri, kalau ia tidak tinggal pada pokok anggur, demikian juga kamu tidak berbuah, jikalau kamu tidak tinggal di dalam Aku. -Akulah pokok anggur dan kamulah --ranting-rantingnya. Barangsiapa tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia, ia berbuah banyak (Buah-Buah Roh dan Karunia-Karunia Roh) , sebab di luar Aku kamu --tidak dapat --berbuat apa-apa.

Barangsiapa --tidak tinggal di dalam Aku, ia --dibuang ke luar seperti ranting dan menjadi kering, kemudian dikumpulkan orang dan --dicampakkan ke dalam api lalu dibakar (Neraka). -Jikalau kamu --tinggal di dalam Aku dan --firman-Ku tinggal di dalam kamu, --mintalah apa saja yang kamu kehendaki, dan kamu akan --menerimanya (Karunia-Karubnia Roh). -Dalam hal inilah Bapa-Ku dipermuliakan, yaitu jika kamu --berbuah banyak (Buah-buah Roh dan Karunia Roh) dan dengan demikian kamu adalah --murid-murid-Ku/ pengikut-Ku/ Yang Mengasihi YESUS." (Yohanes 15: 4-8)

Jikalau kamu --mengasihi AKU, kamu akan --menuruti segala perintah-KU. -Aku akan --minta kepada Bapa, dan Ia akan --memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya, -yaitu Roh Kebenaran (ROH KUDUS). Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia --menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu. (Yohanes 14: 15-17)

Sebab Yohanes --membaptis dengan air, tetapi tidak lama lagi kamu akan --dibaptis dengan Roh Kudus." -Tetapi kamu akan ---menerima --kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi --saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi. (Kisah Para Rasul 1:5-8)


*YESUS MEMILIH SIAPA ORANG-ORANG YANG PERCAYA DAN MENGASIHINYA DARI DUNIA - YANG TELAH DITENTUKAN DARI SEJAK SEMULA - YANG DIPANGGIL-NYA - YANG DIBENARKAN-NYA - DAN YANG AKAN DIMULIAKAN-NYA*

Jikalau dunia membenci kamu, ingatlah bahwa ia telah lebih dahulu membenci Aku dari pada kamu. -Sekiranya kamu dari dunia, tentulah dunia mengasihi kamu sebagai miliknya. Tetapi karena kamu bukan dari dunia, melainkan Aku telah memilih kamu dari dunia, sebab itulah dunia membenci kamu. -Ingatlah apa yang telah Kukatakan kepadamu: Seorang hamba tidaklah lebih tinggi dari pada tuannya.

Jikalau mereka telah menganiaya Aku, mereka juga akan menganiaya kamu; jikalau mereka telah --menuruti firman-Ku, mereka juga akan --menuruti perkataanmu. - Tetapi semuanya itu akan mereka lakukan terhadap kamu karena nama-Ku, sebab mereka tidak --mengenal Dia, yang telah mengutus Aku. - Sekiranya Aku tidak datang dan tidak berkata-kata kepada mereka, mereka tentu tidak berdosa.

Tetapi sekarang mereka tidak --mempunyai dalih bagi dosa mereka! -Barangsiapa --membenci Aku, ia --membenci juga Bapa-Ku. -Sekiranya Aku tidak melakukan pekerjaan di tengah-tengah mereka seperti yang tidak pernah dilakukan orang lain, mereka tentu tidak berdosa. Tetapi sekarang walaupun mereka telah melihat semuanya itu, namun mereka membenci baik Aku maupun Bapa-Ku. -Tetapi firman yang ada tertulis dalam kitab Taurat mereka harus digenapi: Mereka membenci Aku tanpa alasan. (Yohanes 15:18-25)

Sebab semua orang yang --dipilih-Nya dari semula, mereka juga --ditentukan-Nya dari semula untuk menjadi --serupa dengan --gambaran Anak-Nya, supaya Ia, Anak-Nya itu, menjadi yang sulung di antara banyak saudara. Dan mereka yang ditentukan-Nya dari semula, mereka itu juga dipanggil-Nya. Dan mereka yang dipanggil-Nya, mereka itu juga dibenarkan-Nya. Dan mereka yang dibenarkan-Nya, mereka itu juga dimuliakan-Nya. (Roma 8:29-30)


*BANYAK ORANG YANG TERDAHULU MENJADI YANG TERAKHIR - DAN YANG TERAKHIR MENJADI TERDAHULU*

Kata Yesus kepada mereka: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya pada waktu penciptaan kembali, apabila Anak Manusia bersemayam di takhta kemuliaan-Nya, kamu, yang telah mengikut Aku, akan duduk juga di atas dua belas takhta untuk menghakimi kedua belas suku Israel.

Dan setiap orang yang karena nama-Ku meninggalkan rumahnya, saudaranya laki-laki atau saudaranya perempuan, bapa atau ibunya, anak-anak atau ladangnya, akan menerima kembali seratus kali lipat dan akan --memperoleh --Hidup Yang Kekal. -Tetapi banyak orang yang --Terdahulu akan menjadi yang --Terakhir, dan yang Terakhir akan menjadi yang Terdahulu." (Matius 19: 28-30)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar