Kamis, 03 April 2014

ORANG YANG PERCAYA YESUS ADALAH YANG MEMEGANG DAN MELAKUKAN PERINTAH-NYA

*ORANG YANG PERCAYA YESUS ADALAH YANG MENGASIHI YESUS - DENGAN MEMEGANG DAN MELAKUKAN PERINTAH-NYA - UNTUK MEMPEROLEH HIDUP YANG KEKAL - ORANG YANG TIDAK TAAT - MURKA ALLAH TETAP DIATASNYA*

Karena begitu besar --kasih ALLAH akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang --percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh --hidup yang kekal. (Yohanes 3:16)

Barangsiapa --percaya kepada Anak, ia beroleh-- hidup yang kekal, tetapi barangsiapa --tidak taat kepada Anak, ia --tidak akan melihat hidup, melainkan --murka Allah tetap ada di atasnya." (Yohanes 3:36)

Barangsiapa --memegang perintah-Ku dan --melakukannya, dialah yang --mengasihi Aku. Dan barangsiapa mengasihi Aku, ia akan dikasihi oleh Bapa-Ku dan Akupun akan mengasihi dia dan akan menyatakan diri-Ku kepadanya." -Yudas, yang bukan Iskariot, berkata kepada-Nya: "Tuhan, apakah sebabnya maka Engkau hendak menyatakan diri-Mu kepada kami, dan bukan kepada dunia?"

Jawab Yesus: "Jika seorang mengasihi Aku, ia akan --menuruti firman-Ku dan Bapa-Ku akan --mengasihi dia dan Kami akan --datang kepadanya dan --diam bersama-sama dengan dia. -Barangsiapa --tidak mengasihi Aku, ia --tidak menuruti firman-Ku; dan --firman yang kamu dengar itu bukanlah dari pada-Ku, melainkan dari --Bapa yang mengutus Aku. (Yohanes 14:21-24)


*ALLAH AKAN MEMBERIKAN ROH KUDUS KEPADA SETIAP ORANG YANG MENGASIHI YESUS - SEBAGAI BUKTI BAHWA YESUS DI DALAM BAPA DAN YESUS ADA DIDALAM HATI ORANG YANG MENGASIHINYA*

Jikalau kamu --mengasihi Aku, kamu akan --menuruti segala --perintah-Ku. -Aku akan --minta kepada Bapa, dan Ia akan --memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain (ROH KUDUS), supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya, -yaitu Roh Kebenaran. Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu.

Aku tidak akan meninggalkan kamu sebagai yatim piatu. Aku datang kembali kepadamu. -Tinggal sesaat lagi dan dunia tidak akan melihat Aku lagi, tetapi kamu melihat Aku, sebab Aku hidup dan kamupun akan hidup. -Pada --waktu itulah kamu --akan tahu, bahwa --Aku di dalam Bapa-Ku dan --kamu di dalam Aku dan --Aku di dalam kamu. (Yohanes 14:15-24)


*ROH KUDUS ADALAH SEBAGAI PENGHIBUR/ PENOLONG BAGI ORANG YANG MENGASIHI YESUS - YANG AKAN MENGAJARKAN SEGALA SESUATU - MENGINGATKAN SEMUA PERKATAAN YESUS - BERSAKSI TENTANG YESUS - MEMIMPIN KEDALAM SELURUH KEBENARAN FIRMAN KRISTUS - MEMBERITAKAN HAL-HAL YANG AKAN DATANG YANG DITERIMANYA DARI YESUS*

Ttetapi Penghibur/Penolong, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan -- mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan --mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu.

Damai sejahtera Kutinggalkan bagimu. Damai sejahtera-Ku Kuberikan kepadamu, dan apa yang --Kuberikan --tidak seperti yang --diberikan oleh --dunia kepadamu. Janganlah gelisah dan gentar hatimu. -Kamu telah mendengar, bahwa Aku telah berkata kepadamu: Aku pergi, tetapi Aku datang kembali kepadamu. Sekiranya kamu mengasihi Aku, kamu tentu akan bersukacita karena Aku pergi kepada Bapa-Ku, sebab Bapa lebih besar dari pada Aku. (Yohanes 14:26-28)

Jikalau Penghibu/Penolong, yang akan Kuutus dari Bapa datang, yaitu Roh Kebenaran yang keluar dari Bapa, Ia akan --bersaksi tentang Aku. -Tetapi kamu juga --harus bersaksi, karena kamu dari semula bersama-sama dengan Aku." (Yohanes 15: 26-27)

Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan --memimpin kamu ke dalam seluruh --kebenaran; sebab Ia --tidak akan berkata-kata dari --diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang --didengar-Nya itulah yang akan --dikatakan-Nya dan Ia akan --memberitakan kepadamu --hal-hal yang akan datang. -Ia akan memuliakan Aku, sebab Ia akan --memberitakan kepadamu apa yang diterimanya dari pada-Ku. -Segala sesuatu yang Bapa punya, adalah Aku punya; sebab itu Aku berkata: Ia akan --memberitakan kepadamu apa yang --diterimanya dari pada-Ku. (Yohanes 16:13-15)


*ROH KUDUS YANG TINGGAL DI DALAM HATI ORANG PERCAYA - AKAN MENGHASILKAN BUAH-BUAH ROH (PERUBAHAN KARAKTER SETURUT FIRMAN KRISTUS)*

Akulah pokok anggur yang benar dan Bapa-Kulah pengusahanya. -Setiap ranting pada-Ku yang tidak berbuah, dipotong-Nya dan setiap ranting yang berbuah, dibersihkan-Nya, supaya ia lebih banyak berbuah. -Kamu memang sudah bersih karena firman yang telah Kukatakan kepadamu. -Tinggallah di dalam Aku dan Aku di dalam kamu. Sama seperti ranting tidak dapat berbuah dari dirinya sendiri, kalau ia tidak tinggal pada pokok anggur, demikian juga kamu tidak berbuah, jikalau kamu tidak tinggal di dalam Aku.

Akulah pokok anggur dan kamulah ranting-rantingnya. Barangsiapa --tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia, ia --berbuah banyak, sebab di luar Aku kamu tidak dapat berbuat apa-apa. -Barangsiapa tidak tinggal di dalam Aku, ia --dibuang ke luar seperti ranting dan menjadi kering, kemudian --dikumpulkan orang dan --dicampakkan ke dalam --api lalu dibakar. (Yohanes 15: 1-6)


*ORANG YANG MENGASIHI YESUS DAN MELAKUKAN FIRMAN-NYA AKAN BERBUAH (ROH) BANYAK - DAN ALLAH AKAN MEMBERIKAN KARUNIA-KARUNIA ROH UNTUK KEMULIAAN-NYA*

Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan melakukan juga --pekerjaan-pekerjaan yang Aku lakukan, bahkan --pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar dari pada itu. Sebab Aku pergi kepada Bapa; -dan apa juga yang kamu minta dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya, supaya Bapa dipermuliakan di dalam Anak. -Jika kamu --meminta sesuatu (Karunia Roh) kepada-Ku dalam nama-Ku, Aku akan --melakukannya." (Yohanes 14:12-14)

Jikalau kamu tinggal di dalam Aku dan firman-Ku tinggal di dalam kamu, --mintalah apa saja yang kamu kehendaki, dan kamu akan --menerimanya. Dalam hal inilah Bapa-Ku dipermuliakan, yaitu jika kamu --berbuah banyak dan dengan demikian kamu adalah --murid-murid-Ku." (Yohanes 15: 7-8)


*DUNIA MEMBENCI YESUS DAN PENGIKUT-NYA KARENA FIRMAN KRISTUS BERTENTANGAN DENGAN SISTIM DAN PRINSIP DUNIA*

Jikalau dunia --membenci kamu, ingatlah bahwa ia telah --lebih dahulu membenci Aku dari pada kamu. -Sekiranya kamu dari dunia, tentulah dunia mengasihi kamu sebagai miliknya. Tetapi karena kamu bukan dari dunia, melainkan Aku telah --memilih kamu dari dunia, sebab itulah --dunia membenci kamu. -Ingatlah apa yang telah Kukatakan kepadamu: Seorang hamba tidaklah lebih tinggi dari pada tuannya. Jikalau mereka telah menganiaya Aku, mereka juga akan menganiaya kamu; jikalau mereka telah menuruti firman-Ku, mereka juga akan menuruti perkataanmu. -Tetapi semuanya itu akan mereka lakukan terhadap kamu karena nama-Ku, sebab mereka tidak mengenal Dia, yang telah mengutus Aku. -

ekiranya Aku tidak datang dan tidak berkata-kata kepada mereka, mereka tentu tidak berdosa. Tetapi sekarang mereka tidak mempunyai dalih bagi dosa mereka! Barangsiapa --membenci Aku, ia --membenci juga Bapa-Ku. -Sekiranya Aku tidak melakukan pekerjaan di tengah-tengah mereka seperti yang tidak pernah dilakukan orang lain, mereka tentu tidak berdosa. Tetapi sekarang walaupun mereka telah melihat semuanya itu, namun mereka membenci baik Aku maupun Bapa-Ku. -Tetapi firman yang ada tertulis dalam kitab Taurat mereka harus digenapi: Mereka membenci Aku tanpa alasan. (Yohanes 15: 18-25)


*PENGIKUT YESUS AKAN MENDERITA DI DUNIA - KARENA FIRMAN KRISTUS BERTOLAK BELAKANG DENGAN SISTIM DAN PRINSIP DUNIA*

Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya kamu akan --menangis dan --meratap, tetapi dunia akan bergembira; kamu akan berdukacita, tetapi dukacitamu akan berubah menjadi sukacita. -Seorang perempuan berdukacita pada saat ia melahirkan, tetapi sesudah ia melahirkan anaknya, ia tidak ingat lagi akan penderitaannya, karena kegembiraan bahwa seorang manusia telah dilahirkan ke dunia.

Demikian juga kamu sekarang diliputi dukacita, tetapi Aku akan melihat kamu lagi dan hatimu akan bergembira dan tidak ada seorangpun yang dapat merampas kegembiraanmu itu dari padamu. -Semuanya itu Kukatakan kepadamu, supaya kamu beroleh damai sejahtera dalam Aku. Dalam dunia kamu --menderita penganiayaan, tetapi kuatkanlah hatimu, Aku telah --mengalahkan dunia." (Yohanes 16: 20-22 & 33)

*YESUS BERDOA UNTUK PENGIKUT-PENGIKUT-NYA BUKAN UNTUK DUNIA*

Aku berdoa untuk mereka. --Bukan untuk dunia Aku berdoa, tetapi untuk mereka, yang telah Engkau berikan kepada-Ku, sebab mereka adalah milik-Mu. -dan segala milik-Ku adalah milik-Mu dan milik-Mu adalah milik-Ku, dan Aku telah dipermuliakan di dalam mereka.

Dan Aku tidak ada lagi di dalam dunia, tetapi mereka masih ada di dalam dunia, dan Aku datang kepada-Mu. Ya Bapa yang kudus, peliharalah mereka dalam nama-Mu, yaitu nama-Mu yang telah Engkau berikan kepada-Ku, supaya mereka menjadi satu sama seperti Kita. (Yohanes 17: 9-11)


*SIAPA MENGASIHI DUNIA DAN APA YANG ADA DI DALAMNYA - MAKA KASIH AKAN ALLAH TIDAK ADA DIDALAM ORANG ITU*

Janganlah kamu --mengasihi dunia dan apa yang ada di dalamnya. Jikalau orang --mengasihi dunia, maka kasih akan Bapa --tidak ada di dalam orang itu. Sebab semua yang ada di dalam dunia, yaitu --keinginan daging dan --keinginan mata serta --keangkuhan hidup, bukanlah berasal dari Bapa, melainkan dari dunia. -Dan dunia ini sedang lenyap dengan keinginannya, tetapi orang yang melakukan kehendak Allah tetap hidup selama-lamanya. (1 Yohanes 2: 15-17)


*PERSAHABATAN DENGAN DUNIA ADALAH PERMUSUHAN DENGAN ALLAH*

Hai kamu, orang-orang yang tidak setia! Tidakkah kamu tahu, bahwa persahabatan dengan dunia adalah permusuhan dengan Allah? Jadi barangsiapa hendak menjadi sahabat dunia ini, ia menjadikan dirinya musuh Allah. -Janganlah kamu menyangka, bahwa Kitab Suci tanpa alasan berkata: "Roh yang ditempatkan Allah di dalam diri kita, diingini-Nya dengan cemburu!"

Tetapi kasih karunia, yang dianugerahkan-Nya kepada kita, lebih besar dari pada itu. Karena itu Ia katakan: "Allah menentang orang yang congkak, tetapi mengasihani orang yang rendah hati." -Karena itu tunduklah kepada Allah, dan lawanlah Iblis, maka ia akan lari dari padamu!

Mendekatlah kepada Allah, dan Ia akan mendekat kepadamu. Tahirkanlah tanganmu, hai kamu orang-orang berdosa! dan sucikanlah hatimu, hai kamu yang mendua hati! -Sadarilah kemalanganmu, berdukacita dan merataplah; hendaklah tertawamu kamu ganti dengan ratap dan sukacitamu dengan dukacita. -Rendahkanlah dirimu di hadapan Tuhan, dan Ia akan meninggikan kamu. (Yakobus 4:4-10)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar